PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN B2IKA (BELAJAR, BERMAIN, INOVATIF, KREATIF, Dan AKTIF) UNTUK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
EKA YULIANA SARI
Program Studi PGSD STKIP PGRI Tulungagung
Jl. Mayor Sujadi Timur Nomor 7 Tulungagung, Telepon/Fax: 0355-321426
Website: stkippgritulungagung.ac.id/Email: stkippgritulungagung@gmail.com
eka.yuliana@stkippgritulungagung.ac.id
ABSTRAK
Penelitian pengembangan model pembelajaran B2IKA (belajar, bermain, inovatif , kreatif, dan aktif) untuk siswa sekolah dasar yang ada di kabupaten Tulungagung, khususnya di SDN Moyoketen 1 dan SDN Moyoketen 2, Model B2IKA menjadi lebih efektif, disebabkan karepa pada penerapannya terdiri dari beberapa aspek unsur yang mengikat di dalamnya, yaitu“ belajar, bermain , inovatif, kreatif, aktif”. Pada penerapan model pembelajaran ini akan lebih memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Pada siswa, secara mandiri maupun kelompok siswa sngat mendapatkan manfaatnya seperti siswa dapat belajar sambil bermain, siswa dapat mengungkapkan ide-ide kreatifnya, bersaan dengan itu keaktifan siswa sangat mendominasi pada penerapan model pembelajaran B2IKA ini. Model pembelajaran ini terpacu pada penilaian proses dan hasil akhir sesuai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Penelitian ini akan menghasilkan produk model pembelajaran B2IKA yang ditertuang pada Buku Model Pembelajaran B2IKA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan modifikasi 4-D yang dikembangkan oleh Tiagarajan dan Sammel. Secara garis besar langkah-langkah penelitian ini, yaitu (1) analisis awal-akhir, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) ujicoba produk, dan (6) produk akhir. Ujicoba produk terdiri atas ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Ujicoba lapangan dilakukan untuk mengetahui keterterapan dan keefektifan produk yang berupa buku ajar model B2IKA yang dilengkapi buku panduan untuk guru.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Model B2EKA (belajar, bermain, inovatif, kreatif, aktif)