PENGARUH PENGGUNAAN CHROMEBOOK DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEREKONOMIAN DAERAH DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SD GUGUS 4 KECAMATAN KALIDAWIR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Purnamasari, Y., Trisnantari, HE, Setiani, R., & Kadeni. (2024). Penerapan Media Interaktif PaSiBaTer dalam Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar . *PrProsiding Konferensi Internasional Ilmu Sosial Terapan dalam Pendidikan , **1 (https://doi.org/10.31316/icasse.v1i1.690
Ayuningtiyas, D., & Utomo, FH (2023). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) , 9(1), 1-14https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.18399
Ardiansyah, AR, & Indrakusuma, AH (2025). Pengembangan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator pada mata pelajaran In-formatika kelas X SMK Negeri 2 Tulungagung .BIOS: Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer, 6 (1https://doi.org/10.37148/biosW.-K.Chen,LinearNetworksandSystems.Belmont, CA:Wadsworth, 1993, pp. 123–135.
Kamba, J. B., Haq, M. D., & Niron, M. D. (2024). Transforming Literacy : The Impact of Chromebook and Let ’ s Read on Elementary Students ’ Reading Engagement. 8(3), 569–578.
Sharpe, S., & Young, G. (2023). Using Google Classroom as Assistive Technology in Universally Designed Classrooms | L’Utilisation de Google Classroom comme technologie d’assistance dans des salles de classe avec conception universelles. Canadian Journal of Learning and Technology, 49(1), 1–17.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Pembelajaran oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 37 Tahun 2020 tentang Akun Akses Layanan Pembelajaran bagi Peserta Didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. Diakses dari https://repositori.kemdikbud.go.id/23638/1/Pemanfaatan%20Peralatan%20TIK%20Bantuan%202021.pdf
BBPMP Jawa Timur. (2023, Juli). Pemanfaatan Chromebook – BBPMP Jatim 2023. Scribd. https://id.scribd.com/document/760242767/Pemanfaatan-Chromebook-BBPMP-Jatim-2023
Hutagalung, M. T., Siagian, A. F., & Saragih, S. T. (2023). Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada subtema sumber energi. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 438–444. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3058
Aristin, N. F., Hastuti, K. P., Arisanty, D., Adyatma, S., & Donna, C. (2023). Effectiveness of problem-based learning models to improve learning outcomes of geography in the new normal learning era. Journal of Education and Learning, 17(4), 623–632. https: //doi.org/ 10.11591/edulearn.v17i4.20834
Kusuma, L. H., & Fauziah, A. N. M. (2023). Pendidikan Sains Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based LearningDi Kelas VIII SMP. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(3), 256–260. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/53981.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Supardi. (2016). Penilaian hasil belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Miller, M. (2019). Using Chromebook in modern education. New York: TechEd Publications.
Kemendikbud. (2021). Panduan pemanfaatan Chromebook untuk pembelajaran di sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Ke-budayaan.
Setyo, H. B., Nugroho, A., & Wibowo, E. (2020). Penerapan model Problem-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 145–153.
Filpenko, D., Mergoy, C., & Naslund, J. (2007). Problem-based learning in the digital era. Toronto: Education Press.
Abdillah Az-zarkasyi, M. I., & Hindun, H. (2024). Penerapan metode Problem Based Learning(PBL) dalam Kurikulum Merdeka. GURUKU: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(1), 69–80.
Juanda, F., Arafah, A. N., & Misbah. (2023). The effect of electronic modules based on problem-based learning on creative thinking abil-ity. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 9(2), 364–372. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i2.5017
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43-52.
Rohmah, S., Izzah, I., & Yunita, A. R. (2024). Manajemen Pembelajaran Chromebook dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMP Ma’arif Kraksaan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 7(1), 15-21.
Andika, C. V., Dharmayanti, W., Yolanda, Y., Sherly, A. P., & Nurfaizi, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Chromebook Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Santa Monika Padamateri Dampak Sosial Informatika. Indonesian Journal of Techniques and Education Tech-niques, 2(1), 38-44.
Fatikhah, M. H., & Samsiyah, N. (2023). peningkatan hasil belajar IPAS melalui media Chromebook. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1402-1411.
Gunawan, M., Hanif, M., & Rifaâ, M. (2024). Peningkatan Minat Belajar IPAS Melalui Pemanfaatan Chromebook Berbantuan Google Workspace For Education bagi Siswa Kelas V SDN 03 Madiun Lor Kota Madiun. Wewarah: Jurnal Pendidikan Multidisipliner, 3(2), 69.
Puspitasari, A. P., Samsiyah, N., & Pradana, L. N. (2024). Pemanfaatan Media Chromebook Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 5, 1061-1067.
Saingo, R. E., Bano, V. O., & Makatita, A. L. (2024). Pengaruh Model Problem Based LearningBerbantuan Media Classpoint Dilengkapi LKS Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 7 Tana Righu. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNKRISWINA, 2(1), 30-38.
Santoso, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Based Learning(PBL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Ketentuan dan Hikmah Puasa di Kelas III SD Negeri 215/III Kebun Baru. Toga Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 42-50.