PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI IBADAH HAJI BERBASIS DEEP LEARNING DENGAN BANTUAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY

Ahmad Shofiyuddin
Ahmad Manshur
Putri Aisyiyah Rakhma Devi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.8849

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi Ibadah Haji berbasis pendekatan deep learning dengan dukungan teknologi Virtual Reality (VR) yang sesuai digunakan pada siswa fase D dalam Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang berorientasi pada desain instruksional dan validasi produk melalui uji coba bertahap. Media ini dirancang agar mampu mendukung pembelajaran yang bersifat mindful, meaningful, dan joyful, sesuai prinsip pembelajaran mendalam.
Uji coba dilakukan di tiga lembaga pendidikan tingkat SMP/MTs di Kabupaten Bojonegoro, yaitu SMP Negeri 1 Bojonegoro, SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro, dan MTs Plus Miftahul Ulum Bulu Balen Bojonegoro. Evaluasi dilakukan melalui penilaian ahli materi, ahli media, serta respon peserta didik dari kelas kecil dan kelas besar. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media memperoleh skor 82,5% dari ahli materi, 85% dari ahli media, dan respon siswa kelas kecil sebesar 88,6%. Sementara itu, respon siswa kelas besar menunjukkan nilai sebesar 84,6%. Secara keseluruhan, rata-rata penilaian berada pada angka 85,2%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan tergolong sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran materi Ibadah Haji bagi siswa fase D.

Keywords


Virtual Reality (VR); Deep Learning; Mindful, Meaningful, and Joyful Learning.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Agus Rustamana, Khansa Hasna Sahl, Delia Ardianti, and Ahmad Hisyam Syauqi Solihin. 2024. “Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam Pendidikan.” Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2(3):60–69. doi: 10.61132/bima.v2i3.1014.

Baroroh, Rizqi Nailul, Zulfitria, and Jamal Rohmah Ahmad. 2024. “Inovasi Virtual Reality (VR) Sebagai Media Yang Efektif Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(2):235–38.

Endarto, Ikhwan Akbar, and Martadi. 2022. “Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif.” Jurnal Barik 4(1):37–51.

Ferdiansyah, Ferdiansyah, Anang Ma’ruf, and Mei Indra Jayanti. 2022. “Implikasi Connectivisme Sebagai Alternatif Teori Belajar Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 6(1):55–64. doi: 10.52266/el-muhbib.v6i1.1000.

Fitriani, Alya, and Santiani. 2025. “Analisis Literatur: Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU) 2(3):50–57.

Hasanah, Nur, and Pujiati Pujiati. 2025. “Penerapan Pendekatan Deep Learning Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Kota Bekasi.” El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 8(1):72–79. doi: 10.54125/elbanar.v8i1.539.

Manalu, Netty Helmina. 2022. “Integration of East Manggarai Leles Cultural Character Values in Mindful Learning as a Strategy to Develop Collaboration of Elementary School Students.” Kompleksitas Konflik Ukraina-Rusia Vol. 12, N(Konflik Ukraina-Rusia):39–48.

Mikraj, Hamdani, Dian Ahmad B, Agus Winarji, and Revi Lestari. 2025. “Deep Learning Berbasis Pesan Moral Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru MGMP Matematika Kubu Raya.” International Journal of Public Devotion 8(1):59–70.

Mohammad, Arif Nur, Parawansyah Isya Muhammad, Huda Haikal Fiqi, and Zulfahmi Nofan Muhammad. 2025. “Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning.” Jurnal Muassis Pendidikan Dasar 4(1):8–16.

Nacikit, Novita, Titus Gaite, and Jumiati Tuharea. 2024. “Problematika Keterbatasan Fasilitas Pembelajaran Di SMP Negeri 36 Buru.” JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health 3(2):1234–43.

Nelvia, Susmita. 2019. “IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR.” Bahasa Indonesia 17:87–98.

Nuriana, Rina, and Iis Husnul Hotimah. 2023. “Penerapan Meaningful Learning Dalam Pembelajaran Sejarah.” Jambura History and Culture Journal 5(1):1–15. doi: 10.37905/jhcj.v5i2.20479.

Nursafitri, Syifa, Silfiyana, Muhammad Huda Faiqul, and Alfa Solina. 2021. “Problematika Dalam Penerapan Media Pembelajaran Yang Berlaku Di MI/SD.” Jurnal Prosiding Seminar Nasional PGMI 1(1):793–808.

Okpatrioka. 2023. “Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan.” DHARMA ACARIYA NUSANTARA : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1(1):86–100.

Rahma, Bhertia Annisa, and Hidayah Hidayah. 2022. “Penerapan Pembelajaran Menyenangkan ( Joyful Learning ) Melalui Metode Pembelajaran Loose Part Pada Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana : Universitas Negeri Semarang 190.

Rahmaniya, Nita, and Lutfin Haryanto. 2024. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.” 01(03):6–11.

Raup, Abdul, Wawan Ridwan, Yayah Khoeriyah, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “Deep Learning Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(9):3258–67. doi: 10.54371/jiip.v5i9.805.

Shofiyuddin, Ahmad, Putri Aisyiyah, Rakhma Devi, and Ahmad Muthi. 2024. “Pengembangan Modul Berbasis Teknologi Augmented Reality (AR) Materi Haji Dan Umrah Fase D.” 9(4):2499–2510.

Sugihartini, Nyoman, and Kadek Yudiana. 2018. “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 15(2):277–86. doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

Suleman, Muh. Asharif. 2024. “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Experiential Learning.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9(3):1530–38. doi: 10.51169/ideguru.v9i3.1101.

Suwandi, Suwandi. 2022. “Analisis Data Research Dan Development Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Education El Madani 1(1):1–13. doi: 10.55438/jiee.v1i1.11.

Utami, I. G. A. Lokita Purnamika. 2016. “Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaran Bahasa Inggris.” Prasi 11(01):4–11.

Waruwu, Marinu. 2024. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9(2):1220–30. doi: 10.29303/jipp.v9i2.2141.


Tips Main yang Aman dan Seru

vipbet88vipbet88bolago88clubjudisitus slot online