PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR GEOMETRI TRANSFORMASI

Dwi Livia Oktaviana
Tatag Yuli Eko Siswono
Tri Dyah Prastiti
M. Ulul Albab


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.8527

Abstract


Dalam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep geometri transformasi pada peserta didik, hal ini membutuhkan inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis masalah yang didukung GeoGebra guna meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE dengan subjek peserta didik kelas XI dan XII di MA Matholi'ul Anwar. Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli, angket respons peserta didik, pretest, posttest, dan ob-servasi. Hasil validasi modul menunjukkan bahwa modul sangat valid dengan skor 3,68, dan respons peserta didik menunjukkan kepuasan tinggi (89,77% untuk kelas A dan 94,38% untuk kelas B). Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan pemahaman konsep yang signifikan dengan nilai N-Gain 0,72 untuk kelas A dan 0,71 untuk kelas B. Kes-impulannya, modul berbasis GeoGebra efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik pada materi ge-ometri transformasi.

Keywords


Module, GeoGebra, Conceptual Understanding, Learning Outcomes, transformation geometry

Article Metrics :

References


F. J. Cantú-Ortiz, N. Galeano Sánchez, L. Garrido, H. Terashima-Marin, and R. F. Brena, “An artificial intelligence educational strategy for the digital transformation,” Int. J. Interact. Des. Manuf., vol. 14, no. 4, pp. 1195–1209, 2020, doi: 10.1007/s12008-020-00702-8.

B. Mayer, A. Blume, C. Black, and S. Stevens, “Improving Student Learning Outcomes through Community-based Research: The Poverty Workshop,” Teach. Sociol., vol. 47, no. 2, pp. 135–147, 2019, doi: 10.1177/0092055X18818251.

N. P. W. P. Dewi and G. N. S. Agustika, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 204, 2020, doi: 10.23887/jppp.v4i2.26781.

M. A. Tashtoush, Y. Wardat, F. Aloufi, and O. Taani, “The effect of a training program based on TIMSS to developing the levels of habits of mind and mathematical reasoning skills among pre-service mathematics teachers,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 18, no. 11, 2022, doi: 10.29333/EJMSTE/12557.

R. Arifa, B. H. Febria, and M. A. Rofiqi, “Upaya Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika ( Diskalkulia ) pada Siswa Kelas V SDN Gunggung 1,” vol. 1, no. 1, pp. 29–44, 2025.

A. Nur and A. Ronggo, “Transformasi Digital dalam Pendidikan Matematika untuk Literasi Abad 21 : Pendekatan STEM dan Keterampilan 6C,” no. December, 2024.

R. Fatmawati and Yahfizham, “Systematic Literature Review: Pemanfaatan Aplikasi Geogebra pada Materi Transformasi Geometri,” IJMSE Int. J. Math. Sci. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2024.

J. R. Star, J. A. Chen, M. W. Taylor, K. Durkin, C. Dede, and T. Chao, “Studying technology-based strategies for enhancing motivation in mathematics,” Int. J. STEM Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–19, 2014, doi: 10.1186/2196-7822-1-7.

D. F. Diva et al., “Pentingnya Pemahaman Konsep Geogebra dalam Pembelajaran Matematika,” J. Educ., vol. 5, no. 3, pp. 8441–8446, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i3.1629.

M. Sistem, P. Linear, and D. U. A. Variabel, “Pengembangan modul matematika berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel,” vol. 6, no. 1, pp. 57–63, 2019.

A. Rustandi, “Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda,” vol. 11, no. 2, pp. 57–60, 2021.

B. Taupik, Y. Ruhiat, and I. Rusdiyani, “Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Live Worksheet pada Materi Volume Bangun Ruang,” vol. 9, no. 1, pp. 30–42, 2024.

H. T. Mcginness et al., “An educational intervention to increase student engagement in feedback,” Med. Teach., vol. 0, no. 0, pp. 1–9, 2020, doi: 10.1080/0142159X.2020.1804055.

B. C. E. Oguguo, F. A. Nannim, and J. J. Agah, “Effect of learning management system on Student ’ s performance in educational measurement and evaluation,” 2020.

S. Mclean, S. M. Attardi, L. Faden, and M. Goldszmidt, “Flipped classrooms and student learning : not just surface gains,” pp. 47–55, 2016, doi: 10.1152/advan.00098.2015.

A. I. Journal et al., “Designing a National Longitudinal Faculty Development Curriculum Focused on Educational Scholarship : Process , Outcomes , and Lessons Learned,” Teach. Learn. Med., vol. 29, no. 3, pp. 337–350, 2017, doi: 10.1080/10401334.2017.1282370.


  • VIPBET88 menjadi situs judi bola online terpercaya yang menawarkan kenyamanan bermain via mobile serta layanan resmi untuk setiap member.
  • VIPBET88 menjadi pilihan tepat situs SBOBET88 online terpercaya dengan keamanan tinggi, layanan profesional, dan bonus eksklusif setiap hari.
  • VIPBET88 adalah link terbaru dari situs judi bola online resmi dari provider sbobet88 yang merupakan agen taruhan bola terbaik tahun 2025 memiliki ratusan pilihan game judi bola yang dapat dimainkan.
  • VIPBET88 merupakan pusat judi bola online resmi Sbobet88 dengan akses link terbaru, fitur modern, dan layanan profesional sepanjang waktu.