Perencanaan Strategis untuk Meningkatan Kualitas Pelayanan SI/TI Studi Kasus di STKIP PGRI Tulungagung

mochammad ismanu roziqi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v3i2.839

Abstract


INTISARI

 

Strategis SI/TI dibutuhkan untuk mempersiapkan organisasi dalam merencanakan pemakaian teknologi dan sistem informasi untuk organisasinya. Perencanaan tersebut dibutuhkan untuk menyesuaikan gerak langkah organisasi    dengan sistem informasi yang pas dengan irama perkembangan organisasi dan mampu   untuk  memenuhi   kebutuhan   SI/TI organisasi di masa yang akan datang.

 

STKIP PGRI Tulungagung merupakan salah satu perguruan tinggi di Tulngagung  dan merupakan salah satu pelopor perguruan tinggi yang pertama untuk program studi pendidikan teknologi informasi di Tulungagung, namun dalam sejarah perkembangannya, analisa peneliti   masih   menggunakan sistem informasi hanya sebagai alat pendukung pengolahan  data dan belum menggunakan sistem informasinya sebagai alat yang strategis guna mendukung keunggulan kompetitifnya, sehingga dalam penelitian ini,  pembuatan  perencanaan  strategis  SI/TI yang  bagaimana  agar sistem  informasi  dapat  digunakan  sebagai  satu  alat  yang  dapat  menggunakan sistem informasi sebagai alat pendukung keberhasilan STKIP PGRI Tulungagung. Perencanaan strategis SI/TI pada penelitian ini menggunakan pendekatan  yang dikemukakan  oleh  Price waterhouse  menggunakan  beberapa metode analisis antara lain, SWOT, Value chain, McFarland dan Critcal success factors (CSF).

 

Hasil penelitian ini adalah rumusan CSF strategis SI/TI perencanaan strategis yang mengacu pada rencana bisnis organisasi STKIP PGRI Tulungagung yang berdasarkan data yang diperoleh melalui metode analisis yang digunakan serta melibatkan seluruh komponen organisasi.

 

Kata Kunci—Perencanaan Strategis SI/TI, Price waterhouse, CSF


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Alshubaily, N. F. (2017). The Role of Strategic Information Systems ( SIS ) in Supporting and Achieving the Competitive Advantages ( CA ): An Empirical Study on Saudi Banking Sector, 8(7), 128–139.

Kawagung, V. M., Wisnubhadra, I., & Anindito, K. (2015). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS DI KANTOR PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN KELUARGA BERENCANA). In PROSIDING SEMINAR NASIONALMULTI DISIPLIN ILMU&CALL FOR PAPERS UNISBANK (SENDI_U) Kajian Multi Disiplin Ilmu untuk Mewujudkan Poros Maritim dalam Pembangunan Ekonomi Berbasis Kesejahteraan Rakyat (pp. 153–158).

Pipin, W., Mustafid, M., & Rochim, A. (2012). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI MENGGUNAKAN ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTORS (Studi, 1–39. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/36056/

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT: Tehnik Membedah Kasus Bisnis - reorientasi konsep perencanaan strategis untuk menghadapi abad 21 (Cetakan ke). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sutinah, E. (2017). Paradigma, Vol. 19, No. 1, Maret 2017. Paradigma, 19(1), 30–37.

Syamfithriani, T. S. (2016). MENGGUNAKAN PENDEKATAN WARD DAN PEPPARD PADA FERI PRIMA POULTRY SHOP KUNINGAN. JEJARING: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 1(1), 62–76.

W, B. A., & Samopa, F. (2013). Perencanaan Strategis Sistem Informasi / Teknologi Informasi Di Pt . Miwon Indonesia, 1–8.

Yandi Z, Z., Hidayah, N. A., & Rahajeng, E. (2014). Perencanaan strategis sistem informasi pada pt. optima trading. Studia Informatika, 7(1), 1–16.

Z, Z. Y., Hidayah, N. A., & Rahajeng, E. (2014). Perencanaan strategis sistem informasi pada pt. optima trading, 7(1), 1–16.