OPINI PUBLIK DI MEDIA X TERHADAP PATRICK KLUIVERT SEBAGAI PELATIH TIMNAS INDONESIA YANG BARU DENGAN METODE NAÏVE BAYES
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
M. Qadri, “Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik,” Qaumiyyah J. Huk. Tata Negara, vol. 1, no. 1, pp. 49–63, 2020, doi: 10.24239/qaumiyyah.v1i1.4.
M. Kepemimpinan, P. Kluivert, N. Menuju, P. Dunia, A. Strategi, and A. D. Aryasatya, “Manajemen Kepemimpinan Patrick Kluivert dalam Mempersiapkan Tim Nasional Menuju Piala Dunia : Analisis Strategi dan Implementasi,” no. June, 2025.
I. B. G. Sarasvananda, D. Selivan, M. L. Radhitya, and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sentimen Pada Pembelajaran Daring Di Indonesia Melalui Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 227–233, 2022, doi: 10.31598/sintechjournal.v5i2.1241.
V. W. D. Thomas and F. Rumaisa, “Analisis Sentimen Ulasan Hotel Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine dan TF-IDF,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1767, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4218.
E. Priansyah and T. Sutabri, “IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary Analisis Sentimen Berbasis Naïve Bayes Pada Media Sosial Twitter Terhadap Hasil Pemilu Indonesia 2024,” IJM Indones. J. Multidiscip., vol. 2, pp. 128–138, 2024, [Online]. Available: https://journal.csspublishing/index.php/ijm
T. Ramadhani, Y. A. Sari, and E. Santoso, “Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia terhadap Covid-19 pada Media Sosial Twitter menggunakan Metode Naïve Bayes,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 12, pp. 5680–5686, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. B. Sasmita, B. Rahayudi, and L. Muflikhah, “Analisis Sentimen Komentar pada Media Sosial Twitter tentang PPKM Covid-19 di Indonesia dengan Metode Naïve Bayes,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, pp. 1208–1214, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
O. P. Zusrotun, A. C. Murti, and R. Fiati, “Analisis Sentimen Terhadap Belajar Online pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, pp. 310–319, 2022, doi: 10.23887/janapati.v11i3.49160.
S. Azahra, N. Wangsa, and A. Khoirudin, “Analisis Sentimen Media Sosial X terhadap Gerakan Muhammadiyah Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Analysis of Social Media Sentiment X towards the Muhammadiyah Movement Using the Naïve Bayes Algorithm,” vol. 6, no. 1, pp. 9–17, 2025.
M. E. Apriyani et al., “ANALISIS SENTIMEN BERITA HOAX MENGGUNAKAN NAÏVE,” pp. 1–6, 2022.
I. Juventius, T. Gurning, P. P. Adikara, and R. S. Perdana, “Analisis Sentimen Dokumen Twitter menggunakan Metode Naïve Bayes dengan Seleksi Fitur GU Metric,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, pp. 2169–2177, 2023, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12665
S. Stefanni, Z. Zulfachmi, Z. Zulkipli, and A. Saputra, “Analisis Sentimen Pengguna X Terhadap Kebocoran Data Pribadi Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier,” J. Bangkit Indones., vol. 14, no. 1, pp. 32–40, 2025, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v14i1.434.
A. Basir, T. Yudha, P. Muhamad, A. Abdillah, and A. Faizin, “Jurnal Informatika : Jurnal pengembangan IT Analysis of Electronic Wallet User Sentiment on Twitter ( x ) Social Media Using the Naïve Bayes Classifier Algorithm,” vol. 10, no. 1, pp. 79–85, 2025, doi: 10.30591/jpit.v10i1.8180.
N. T. Luchia et al., “Analysis of Twitter User Sentiments for the Aplikasi TikTok Application Using Naïve Bayes Clasifier Algorithm Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Clasifier,” SENTIMAS Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., no. September 2016, pp. 100–104, 2023, [Online]. Available: https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas
J. A. Costales, C. M. De Los Santos, J. J. J. E. Catulay, and M. G. Albino, “Sentiment Analysis for Twitter Tweets: A Framework to Detect Sentiment Using Naïve Bayes Algorithm,” 2022 4th Int. Conf. Comput. Commun. Internet, ICCCI 2022, no. July, pp. 39–44, 2022, doi: 10.1109/ICCCI55554.2022.9850257.
T. D. Salma, M. F. Kurniawan, R. Darmawan, and A. Basri, “Analisis Sentimen Berbasis Transformer: Persepsi Publik terhadap Nusantara pada Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang Pertama,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 9, no. 2, pp. 757–764, 2025, doi: 10.35870/jtik.v9i2.3535.
Y. Asri, W. N. Suliyanti, D. Kuswardani, and M. Fajri, “Pelabelan Otomatis Lexicon Vader dan Klasifikasi Naive Bayes dalam menganalisis sentimen data ulasan PLN Mobile,” Petir, vol. 15, no. 2, pp. 264–275, 2022, doi: 10.33322/petir.v15i2.1733.
A. Lahase, S. Maher, and S. Bhable, “Twitter Data analysis ( Classification ) for text using Multinomial Naive Bayes,” vol. 9, no. 3, pp. 422–425, 2021.
W. A. Naseer, S. Sarwido, and B. B. Wahono, “Gradient Boosting Optimization with Pruning Technique for Prediction of Bmt Al-hikmah Permata Customer Data,” Jinteks, vol. 6, no. 3, pp. 719–727, 2024.
D. B. Siswanto and D. Normawati, “Sistem Klasifikasi Monitoring dan Evaluasi Kelayakan Penerima Beasiswa UAD Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. SAINTEKOM, vol. 13, no. 2, pp. 161–172, 2023, doi: 10.33020/saintekom.v13i2.428.
A. Subasar, “Sentiment Analysis of Twitter Users Ahead of the 2024 Election Using the Naive Bayes Method,” vol. 04, pp. 1–8, 2024, doi: 10.31763/iota.v4i3.784.
U. Pembangunan, N. Veteran, and J. Timur, “1 , 2 , 3*,” vol. 3, 2024.
J. A. Rieuwpassa, S. Sugito, and T. Widiharih, “Implementasi Metode Naive Bayes Classifier Untuk Klasifikasi Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Netflix Pada Google Play,” J. Gaussian, vol. 12, no. 3, pp. 362–371, 2024, doi: 10.14710/j.gauss.12.3.362-371.
N. Hidayah and Dodiman, “Implementasi Algoritma Multinomial Naïve Bayes, TF-IDF dan Confusion Matrix dalam Pengklasifikasian Saran Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa Terhadap Dosen Teknik Informatika Universitas Dayanu Ikhsanuddin,” J. Akad. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 8–15, 2024.
M. R. Humaidi and A. Maulani, “Klasifikasi Naïve Bayes Dan Confusion Matrix Pada Pengguna Aplikasi E-Commerce Di Play Store,” vol. 8, no. 2, pp. 132–139, 2023.
T. D. Putra, E. Utami, and M. P. Kurniawan, “Analisis Sentimen Pemilu 2024 dengan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO),” Explore, vol. 13, no. 1, pp. 1–5, 2023, doi: 10.35200/ex.v11i2.13.
I. Ismail, M. A. Nugroho, and R. Sulistiyowati, “Sentiment Analysis Netizens on Social Media Twitter Against Indonesian Presidential Candidates in 2024 Using Naive Bayes Classifier Algorithm,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 3, p. 1611, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6536.
S. G. Alexander, A. T. Ananto, I. P. Adhitya, P. Mangku, and B. Liano, “Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia Terhadap Konten Deepfake Tokoh Publik,” KAKIFIKOM (Kumpulan Artik. Karya Ilm. Fak. Ilmu Komputer), vol. 05, no. 02, pp. 95–102, 2023.