OPINI PUBLIK DI MEDIA X TERHADAP PATRICK KLUIVERT SEBAGAI PELATIH TIMNAS INDONESIA YANG BARU DENGAN METODE NAÏVE BAYES

Bagus Febrianto
Maya Rini Handayani
Nur Cahyo Hendro Wibowo
Khothibul Umam


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.8145

Abstract


Hasil dari percobaan ini digunakan untuk menentukan persepsi publik terhadap penunjukan Patrick Kluivert sebagai pelatih baru Tim Nasional Sepak Bola Indonesia menggunakan opini komentar Masyarakat Indonesia yaitu analisis sentimen. Dataset diperoleh dari media digital X, melalui teknik crawling dengan API X, dengan periode pengambilan data dari 8 Februari hingga 24 Maret 2025. Sebanyak 3.162 tweet yang relevan berhasil dihimpun dan selanjutnya dianalisis dengan metode algoritma Multinomial Naïve Bayes. Proses analisis ini mempunyai beberapa tingkat tahapan: praproses dataset teks, labelan sentimen, serta pemodelan klasifikasi. Sentimen dibagi ke dalam 3 kelas, yaitu Netral, positif, dan Negatif. Dengan uji coba ini kita tahu bahwa mayoritas opini publik bersifat netral (77,2%), disusul sentimen positif (11,8%) dan negatif (10,9%). Model mencapai akurasi sebesar 95,2% pada data latih dan 82,5% pada data uji. Namun, performa klasifikasi terhadap kelas minoritas (positif dan negatif) masih dapat ditingkatkan, khususnya dari aspek recall. Temuan ini mengindikasikan pentingnya upaya penyeimbangan data serta optimalisasi algoritma untuk meningkatkan akurasi model terhadap data yang tidak seimbang.

Keywords


Sentiment Analysis; Application X; Patrick Kluivert; Naïve Bayes; Classification

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. Qadri, “Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik,” Qaumiyyah J. Huk. Tata Negara, vol. 1, no. 1, pp. 49–63, 2020, doi: 10.24239/qaumiyyah.v1i1.4.

M. Kepemimpinan, P. Kluivert, N. Menuju, P. Dunia, A. Strategi, and A. D. Aryasatya, “Manajemen Kepemimpinan Patrick Kluivert dalam Mempersiapkan Tim Nasional Menuju Piala Dunia : Analisis Strategi dan Implementasi,” no. June, 2025.

I. B. G. Sarasvananda, D. Selivan, M. L. Radhitya, and I. N. T. A. Putra, “Analisis Sentimen Pada Pembelajaran Daring Di Indonesia Melalui Twitter Menggunakan Naïve Bayes Classifier,” SINTECH (Science Inf. Technol. J., vol. 5, no. 2, pp. 227–233, 2022, doi: 10.31598/sintechjournal.v5i2.1241.

V. W. D. Thomas and F. Rumaisa, “Analisis Sentimen Ulasan Hotel Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine dan TF-IDF,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1767, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4218.

E. Priansyah and T. Sutabri, “IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary Analisis Sentimen Berbasis Naïve Bayes Pada Media Sosial Twitter Terhadap Hasil Pemilu Indonesia 2024,” IJM Indones. J. Multidiscip., vol. 2, pp. 128–138, 2024, [Online]. Available: https://journal.csspublishing/index.php/ijm

T. Ramadhani, Y. A. Sari, and E. Santoso, “Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia terhadap Covid-19 pada Media Sosial Twitter menggunakan Metode Naïve Bayes,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 12, pp. 5680–5686, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

A. B. Sasmita, B. Rahayudi, and L. Muflikhah, “Analisis Sentimen Komentar pada Media Sosial Twitter tentang PPKM Covid-19 di Indonesia dengan Metode Naïve Bayes,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 3, pp. 1208–1214, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

O. P. Zusrotun, A. C. Murti, and R. Fiati, “Analisis Sentimen Terhadap Belajar Online pada Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, pp. 310–319, 2022, doi: 10.23887/janapati.v11i3.49160.

S. Azahra, N. Wangsa, and A. Khoirudin, “Analisis Sentimen Media Sosial X terhadap Gerakan Muhammadiyah Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Analysis of Social Media Sentiment X towards the Muhammadiyah Movement Using the Naïve Bayes Algorithm,” vol. 6, no. 1, pp. 9–17, 2025.

M. E. Apriyani et al., “ANALISIS SENTIMEN BERITA HOAX MENGGUNAKAN NAÏVE,” pp. 1–6, 2022.

I. Juventius, T. Gurning, P. P. Adikara, and R. S. Perdana, “Analisis Sentimen Dokumen Twitter menggunakan Metode Naïve Bayes dengan Seleksi Fitur GU Metric,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, pp. 2169–2177, 2023, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12665

S. Stefanni, Z. Zulfachmi, Z. Zulkipli, and A. Saputra, “Analisis Sentimen Pengguna X Terhadap Kebocoran Data Pribadi Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier,” J. Bangkit Indones., vol. 14, no. 1, pp. 32–40, 2025, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v14i1.434.

A. Basir, T. Yudha, P. Muhamad, A. Abdillah, and A. Faizin, “Jurnal Informatika : Jurnal pengembangan IT Analysis of Electronic Wallet User Sentiment on Twitter ( x ) Social Media Using the Naïve Bayes Classifier Algorithm,” vol. 10, no. 1, pp. 79–85, 2025, doi: 10.30591/jpit.v10i1.8180.

N. T. Luchia et al., “Analysis of Twitter User Sentiments for the Aplikasi TikTok Application Using Naïve Bayes Clasifier Algorithm Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Clasifier,” SENTIMAS Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masy., no. September 2016, pp. 100–104, 2023, [Online]. Available: https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas

J. A. Costales, C. M. De Los Santos, J. J. J. E. Catulay, and M. G. Albino, “Sentiment Analysis for Twitter Tweets: A Framework to Detect Sentiment Using Naïve Bayes Algorithm,” 2022 4th Int. Conf. Comput. Commun. Internet, ICCCI 2022, no. July, pp. 39–44, 2022, doi: 10.1109/ICCCI55554.2022.9850257.

T. D. Salma, M. F. Kurniawan, R. Darmawan, and A. Basri, “Analisis Sentimen Berbasis Transformer: Persepsi Publik terhadap Nusantara pada Perayaan Kemerdekaan Indonesia yang Pertama,” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 9, no. 2, pp. 757–764, 2025, doi: 10.35870/jtik.v9i2.3535.

Y. Asri, W. N. Suliyanti, D. Kuswardani, and M. Fajri, “Pelabelan Otomatis Lexicon Vader dan Klasifikasi Naive Bayes dalam menganalisis sentimen data ulasan PLN Mobile,” Petir, vol. 15, no. 2, pp. 264–275, 2022, doi: 10.33322/petir.v15i2.1733.

A. Lahase, S. Maher, and S. Bhable, “Twitter Data analysis ( Classification ) for text using Multinomial Naive Bayes,” vol. 9, no. 3, pp. 422–425, 2021.

W. A. Naseer, S. Sarwido, and B. B. Wahono, “Gradient Boosting Optimization with Pruning Technique for Prediction of Bmt Al-hikmah Permata Customer Data,” Jinteks, vol. 6, no. 3, pp. 719–727, 2024.

D. B. Siswanto and D. Normawati, “Sistem Klasifikasi Monitoring dan Evaluasi Kelayakan Penerima Beasiswa UAD Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. SAINTEKOM, vol. 13, no. 2, pp. 161–172, 2023, doi: 10.33020/saintekom.v13i2.428.

A. Subasar, “Sentiment Analysis of Twitter Users Ahead of the 2024 Election Using the Naive Bayes Method,” vol. 04, pp. 1–8, 2024, doi: 10.31763/iota.v4i3.784.

U. Pembangunan, N. Veteran, and J. Timur, “1 , 2 , 3*,” vol. 3, 2024.

J. A. Rieuwpassa, S. Sugito, and T. Widiharih, “Implementasi Metode Naive Bayes Classifier Untuk Klasifikasi Sentimen Ulasan Pengguna Aplikasi Netflix Pada Google Play,” J. Gaussian, vol. 12, no. 3, pp. 362–371, 2024, doi: 10.14710/j.gauss.12.3.362-371.

N. Hidayah and Dodiman, “Implementasi Algoritma Multinomial Naïve Bayes, TF-IDF dan Confusion Matrix dalam Pengklasifikasian Saran Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa Terhadap Dosen Teknik Informatika Universitas Dayanu Ikhsanuddin,” J. Akad. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, pp. 8–15, 2024.

M. R. Humaidi and A. Maulani, “Klasifikasi Naïve Bayes Dan Confusion Matrix Pada Pengguna Aplikasi E-Commerce Di Play Store,” vol. 8, no. 2, pp. 132–139, 2023.

T. D. Putra, E. Utami, and M. P. Kurniawan, “Analisis Sentimen Pemilu 2024 dengan Naive Bayes Berbasis Particle Swarm Optimization (PSO),” Explore, vol. 13, no. 1, pp. 1–5, 2023, doi: 10.35200/ex.v11i2.13.

I. Ismail, M. A. Nugroho, and R. Sulistiyowati, “Sentiment Analysis Netizens on Social Media Twitter Against Indonesian Presidential Candidates in 2024 Using Naive Bayes Classifier Algorithm,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 3, p. 1611, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6536.

S. G. Alexander, A. T. Ananto, I. P. Adhitya, P. Mangku, and B. Liano, “Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia Terhadap Konten Deepfake Tokoh Publik,” KAKIFIKOM (Kumpulan Artik. Karya Ilm. Fak. Ilmu Komputer), vol. 05, no. 02, pp. 95–102, 2023.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudisitus slot online