THE RELATIONSHIP BETWEEN THE USE OF GAMES AND STUDENT LEARNING MOTIVATION AT SMAN 2 SIDOARJO
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
A.A.G. Ekayana, I.D.M.K. Muku, & I.N.B. Hartawan. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Kuliah Sensor Tranduser Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 106–119. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.636
Agung, F. P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 279–289.
Alfitriah, N. (2025). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah ( Studi Multi Situs pada SMP Negeri 2 Alalak dan SMP Negeri 4 Alalak Kabupaten Barito Kuala ). 8(1), 229–244.
Andari, S. O. A. W. S. (2016). Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sma Pertiwi 1 Padang. 19(5), 1–14.
Aqib, M. A. i., Ekawati, R., & Khabibah, S. (2025). Development of TPACK-LK (Technological Pedagogical and Content Knowledge with Learner Knowledge) Instrument for Mathematic Preservice Teacher. TEM Journal, 14(1), 438–446. https://doi.org/10.18421/TEM141-39
Destiany, A. P., & Robandi, B. (2023). Penilaian Karakteristik Siswa Untuk Pembelajaran Yang Efektif Di SMA Negeri 1 Purwakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), 164–180. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2450
Eka Santika, I. W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Harris, A. (2004). Distributed Leadership and School Improvement. Educational Management Administration & Leadership, 32(1), 11–24. https://doi.org/10.1177/1741143204039297
Hati, A. P. (2016). Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Mengamalkan Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Samarinda. 1(0), 1–23.
Hidayatulloh, M. (2019). Developing Electrical Circuits Flipbook Using Flipbuilder. International Journal of Innovation Education and Research, 7(2), 124–134. https://doi.org/10.31686/ijier.vol7.iss2.1331
Izzah, A. S., Samawi, A., & Aisyah, E. N. (2021). Studi Multi-Situs Kedisiplinan Anak Usia Dini Di TK Kota dan TK Desa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 185–194. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p185-194
Julianti, K., Zurqoni, & Zamroni. (2023). Model Pendidikan Inklusi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi Multisitus SDIT Luqman Al-Hakim dan SDIT Assalaam Inclusive Education Model on Islamic Education Subject : A Multisite Study at Luqman Al-Hakim and Assalaam Islamic Schools. Jurnal Kolaboratif Sains (JKS), 6(10), 1371–1383. https://doi.org/10.56338/jks.v6i10.4296
Kawakip, A. nurul, Mukmin, M. I., Ayu, S. C., & Muslim, A. Q. (2023). Pengelolaan Sekolah Inklusi: Studi Multi Situs Pada Sekolah Islam Di Jawa Timur. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 103–121. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v7i1.1237
Mariana, N., Zuhdi, U., Rappa, N. A., Ledger, S., & Fischetti, J. (2023). Identifying Teaching Skills of Indonesian Prospective Elementary Teachers with Microteaching Technology 2.0 (Vol. 1). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-008-4_63
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusa, 4(3), 2191.
Megawati, Syamsir, & Firdaus. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan. Jurnal Al-Ilmi, 1(2), 31–45.
Melati, P. D., Rini, E. P., Musyaiyadah, M., & Firman, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808–2819. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6762
Muhlasin, M. (2018). Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Menyusun Ktsp Melalui Pembinaan Terprogram. Jurnal Sosialita, 309–324. http://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/685%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/685/501
Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Di Sekolah. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 1. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803
Nurhayaty, E., Pramularso, E. Y., Marginingsih, R., & Susilowati, I. H. (2022). Pelatihan Membuat Media Promosi Sederhana dengan Aplikasi Canva di Yayasan Desa Hijau. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 69–77. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10522
Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.
Prihatini, D. P., & Supriyanto. (2016). Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Sebagai Upaya Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 15 Yogyakarta. 0, 1–23.
Rahminawati, N., Widia, R., & Erlangga, R. D. (2024). Manajemen Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) di Taman Kanak-Kanak Sekolah Penggerak. 151–158.
Rohmah, F. N. F. K., Sawiji, H., & Susilowati, T. (2023). Pendidikan Karakter melalui Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Jenjang SMK. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(6), 535. https://doi.org/10.20961/jikap.v7i6.73447
Sangatta, S., & Timur, K. (2025). Manajemen Penerapan Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila ( P5 ) dalam Kurikulum Merdeka Belajar. 11(1), 94–107.
Saparina, R., & Effendi, R. (2024). Manajemen Pendidikan Karakter ( Studi Multi Situs di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 1 Banjarmasin. 5, 1399–1408.
Sesfao, M. I., Oematan, T. O., Sibulo, D., & Metan, Y. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Strategi Guru Seni Budaya dan Pendidikan Agama Kristen dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP. 6(6), 6545–6556.