ANALISIS PENERIMAAN SISTEM E-LEARNING INFORMATIKA MENGGUNAKAN MODEL INTEGRASI TAM DAN EUCS

Joko Iskandar
Fahrur Rozi
Cecilia Putri Kusumaningtyas
Vertika Panggayuh


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.7063

Abstract


Pentingnya sebuah sistem dilakukan evaluasi penerimaan pengguna untuk mengidentifikasi user satisfaction, sehingga pengembang dalam melakukan update dan system maintenance yang sesuai dengan harapan penggunanya. Sistem e-learning Informatika (ELEARIF) sebagai salah satu media pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Informatika yang sangat penting untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan sistem e-learning Informatika menggunakan model integrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan model integrasi TAM dan EUCS. Populasi pada penelitian ini ialah mahasiswa aktif Prodi Informatika angkatan 2020-2023 sebanyak 587 orang dan sampelnya sebanyak 85 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Software SmartPLS 3.3.3. Hasil pada penelitian ini terdapat 4 hipotesis yang diterima yaitu perceived of usefullness, per-ceived ease of use, content, dan attitude toward using dengan masing-masing nilai yakni 2.972, 2.480, 2.848 dan 20.951 > 1.96. Pada variabel yang ditolak terdapat pada variabel accuracy, format, ease dan timeless, dengan masing-masing nilai yaitu t-statistic masing-masing sebesar 0.657, 1.614, 1.261, dan 0.316 < 1.96.

Keywords


-learning; Integrasi; TAM; UECS

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


F. Rozi and D. S. Romadhoni, “Edu Komputika Journal Media Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Berbasis Android dengan Metode Self Directed Learning,” 2023. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edukom

Y. T. Prasetyo et al., “Determining factors affecting the acceptance of medical education elearning platforms during the covid-19 pan-demic in the philippines: Utaut2 approach,” Healthcare (Switzerland), vol. 9, no. 7, 2021, doi: 10.3390/healthcare9070780.

A. Malureanu, G. Panisoara, and I. Lazar, “The relationship between self-confidence, self-efficacy, grit, usefulness, and ease of use of elearning platforms in corporate training during the covid-19 pandemic,” Sustainability (Switzerland), vol. 13, no. 12, 2021, doi: 10.3390/su13126633.

M. O. Alassafi, “E-learning intention material using TAM: A case study,” Mater Today Proc, vol. 61, 2022, doi: 10.1016/j.matpr.2021.09.457.

S. S. Saleh, M. Nat, and M. Aqel, “Sustainable Adoption of E-Learning from the TAM Perspective,” Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 6, 2022, doi: 10.3390/su14063690.

A. Indrayanto, Suliyanto, Y. E. Restianto, D. Iskandar, and R. E. Kurniawan, “Evaluation of E-Commerce Organic Coconut Sugar: Technology Acceptance Model (TAM) and End-User Computing Satisfaction (EUCS) Model,” Quality - Access to Success, vol. 25, no. 199, 2024, doi: 10.47750/QAS/25.199.14.

M. N. Farisi and E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Aplikasi Performance Simanis dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Journal of Informatics Management and Information Technology, vol. 2, no. 3, 2022, doi: 10.47065/jimat.v2i3.169.

A. I. Kiasati and S. R. Zulaikha, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi iPusnas Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.14710/anuva.7.2.175-188.

F. Gusni, R. Gunawan, L. Setiyani, and Y. Rostiani, “Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction),” Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK), vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.35969/inotek.v3i1.302.

A. Saputra and D. Kurniadi, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-CAMPUS DI IAIN BUKITTINGGI MENGGUNAKAN METODE EUCS,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 7, no. 3, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i3.105157.

Deby Natalia Simatupang and Theofilus Zagoto, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Di Puskesmas Sibabangun Menggunakan Metode EUCS Tahun 2023,” SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, vol. 3, no. 1, 2024, doi: 10.55123/sehatmas.v3i1.2672.

S. E. Daniati et al., “Evaluasi Penerapan SIMRS Dengan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) Di Instalasi Rekam Medis RSUD Petala Bumi Provinsi Riau Tahun 2021,” Community Engagement & Emergence Journal, vol. 3, no. 2, 2021.

R. Firmansyah, R. Hartono, and A. Maghfiroh, “ANALISIS PENERIMAAN SISTEM (MYUNNES-KEUANGAN) DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG,” JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., vol. 10, no. 2, 2023, doi: 10.35794/jmbi.v10i2.49519.

N. Negari and T. Eryando, “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Pencatatan dan Pelaporan Kasus COVID-19 (Aplikasi Silacak Versi 1.2.5) Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) di UPT Puskesmas Cipadung Kota Bandung,” Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan, vol. 1, no. 3, 2021, doi: 10.51181/bikfokes.v1i3.5297.

L. Ng et al., “eLearning in Physical Therapy: Lessons Learned from Transitioning a Professional Education Program to Full eLearning during the COVID-19 Pandemic,” Phys Ther, vol. 101, no. 4, 2021, doi: 10.1093/ptj/pzab082.

J. J. Sondakh, S. I. Asaloei, and B. R. Werang, “Student behavioural intentions to use eLearning system in Indonesian higher educa-tion during the COVID-19 pandemic: A structural equation model,” Journal of University Teaching and Learning Practice, vol. 20, no. 5, 2023, doi: 10.53761/1.20.5.07.

H. Uhyat, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D,” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, 2013.

A. Gracela, V. N. Cerlita, and Z. Zulfannullah, “PENGARUH INSIGHT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PENJUALAN PRODUK ONLINE,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.58258/jisip.v6i2.3174.

D. Hooper, J. Coughlan, and M. R. Mullen, “Structural equation modelling: Guidelines for determining model fit,” Electronic Journal of Business Research Methods, vol. 6, no. 1, 2008.

F. Schuberth et al., “The choice of structural equation modeling technique matters: A commentary on Dash and Paul (2021),” Technol Forecast Soc Change, vol. 194, 2023, doi: 10.1016/j.techfore.2023.122665.