EGA – GAME EDUKASI GEMBIRA ANTI BULLYING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Kinanti Anggraini Utami
Yuri Rahmanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.6634

Abstract


Bullying menjadi masalah yang semakin serius, terutama di bidang pendidikan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bullying menyebabkan dampak psikologis seperti melankolis, apatis, rasa malu yang berlebihan, trauma, dan isolasi sosial. Berbagai dampak psikologis dari bullying pada remaja telah membangkitkan minat akademisi untuk men- ciptakan model intervensi game anti-bullying untuk remaja. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan model intervensi permainan anti-bullying yang akan mendidik siswa sekolah dasar tentang konsekuensi bullying pada usia dini. Proyek ini selesai dengan pembuatan aplikasi game anti-bullying di Construct 2 untuk siswa sekolah dasar kelas tiga. Berdasarkan temuan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa per- mainan "Anti Bullying" dikembangkan secara efektif menggunakan Con-struct 2. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang bullying dapat ditingkatkan hingga 50% dengan memainkan game edukasi ini. Analisis pengguna sebelum dan sesudah bermain game menemukan bahwa empat dari tiga belas siswa memahami implikasi dari perilaku bullying. Penulis merekomendasikan agar studi di masa depan meningkatkan dan mengatasi kelemahan penelitian. Penelitian ini menciptakan strategi intervensi permainan anti-bullying untuk anak-anak da- lam bentuk permainan instruksional. Temuan penelitian ini dimaksudkan untuk secara bertahap meminimalkan dampak perilaku bullying pada anak-anak di sekolah yang dimulai sejak usia dini.

Keywords


Anti Bullying; Game; Anak-Anak; Sekolah Dasar; Construct 2

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


K. Kartika, H. Darmayanti, and F. Kurniawati, “Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana?,” Pedagogia, vol. 17, no. 1, p. 55, 2019, doi: 10.17509/pdgia.v17i1.13980.

F. Arif and S. Wahyuni, “Hubungan Kelekatan Pada Ibu, Ayah, Dan Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Anak Menjadi Pelaku Dan Korban Bullying,” J. Psikol. Ulayat, vol. 4, no. 2, p. 122, 2017, doi: 10.24854/jpu22017-100.

Ayuni Despa, “Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Educ. Res., vol. 2, no. 3, pp. 93–100, 2021.

U. Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, “Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6(2), pp. 11133–11138, 2022.

M. Surya, H. Irwanto, and A. Matulessy, “The Relationship Between Conformity And The Tendency Of Verbal Bullying Behavior Through Self-Esteem,” pp. 1–8, 2019.

T. R. Analiya and R. Arifin, “Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia,” J. Gend. Soc. Incl. Muslim Soc., vol. 3, no. 1, pp. 125–144, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/10950

A. Nurussama, “Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 8, pp. 510–520, 2019.

K. Khairunisa, N. Neviyarni, M. Marjohan, I. Ifdil, and A. Afdal, “Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 8, no. 2, p. 104, 2022, doi: 10.31602/jmbkan.v8i2.7109.

U. M. Sidoarjo et al., “Rancang bangun game petualangan 2d role playing game jhony sang pemberani berbasis dekstop 1.,” vol. 9, no. 3, pp. 1265–1276, 2024.

S. Pamungkas, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz,” vol. 32, no. 2, pp. 1–23, 2020.

A. N. Octaviano, F. A. Ramadhani, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi ‘Adventure of English’ sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar,” J. Komput. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2023, doi: 10.54082/kontak.4.

A. Hidayatulloh, P. Studi, T. Informatika, U. Adhirajasa, and R. Sanjaya, “Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi ‘ Serunya Matematika ’ Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar,” vol. 5, no. 1, pp. 52–61, 2024.

A. Z. Bhat, I. Ahmed, L. Kameswari, and M. S. Khan, “A Game Based Innovative teaching and learning environment to enhance progression and performance of students,” SHS Web Conf., vol. 156, p. 01001, 2023, doi: 10.1051/shsconf/202315601001.

A. Khuwarismi Ijtaba Robbuhu and A. Surya Editya, “Game Edukasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” Nusant. Comput. Des. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: 10.55732/ncdr.v1i1.1055.

A. Dwi, “Media pembelajaran dan jenis-jenisnya,” vol. 5, 2023, [Online]. Available: https://fkip.umsu.ac.id/media-pembelajaran-dan-jenis-jenisnya/

N. isnaeni Rahmat, I. D. Hastuti, and M. Nizaar, “Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah,” J. Basicedu, vol. 7, no. 6, pp. 3804–3815, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i6.6432.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudisitus slot online