EGA – GAME EDUKASI GEMBIRA ANTI BULLYING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
K. Kartika, H. Darmayanti, and F. Kurniawati, “Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana?,” Pedagogia, vol. 17, no. 1, p. 55, 2019, doi: 10.17509/pdgia.v17i1.13980.
F. Arif and S. Wahyuni, “Hubungan Kelekatan Pada Ibu, Ayah, Dan Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Anak Menjadi Pelaku Dan Korban Bullying,” J. Psikol. Ulayat, vol. 4, no. 2, p. 122, 2017, doi: 10.24854/jpu22017-100.
Ayuni Despa, “Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Educ. Res., vol. 2, no. 3, pp. 93–100, 2021.
U. Junindra, A., Fitri, H., Murni, I., Ilmu Pendidikan, F., & Negeri Padang, “Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6(2), pp. 11133–11138, 2022.
M. Surya, H. Irwanto, and A. Matulessy, “The Relationship Between Conformity And The Tendency Of Verbal Bullying Behavior Through Self-Esteem,” pp. 1–8, 2019.
T. R. Analiya and R. Arifin, “Perlindungan Hukum Bagi Anak dalam Kasus Bullying Menurut Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di Indonesia,” J. Gend. Soc. Incl. Muslim Soc., vol. 3, no. 1, pp. 125–144, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/psga/article/view/10950
A. Nurussama, “Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada Siswa,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 8, pp. 510–520, 2019.
K. Khairunisa, N. Neviyarni, M. Marjohan, I. Ifdil, and A. Afdal, “Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 8, no. 2, p. 104, 2022, doi: 10.31602/jmbkan.v8i2.7109.
U. M. Sidoarjo et al., “Rancang bangun game petualangan 2d role playing game jhony sang pemberani berbasis dekstop 1.,” vol. 9, no. 3, pp. 1265–1276, 2024.
S. Pamungkas, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Daring Pada Siswa Kelas VI Melalui Media Belajar Game Berbasis Edukasi Quizizz,” vol. 32, no. 2, pp. 1–23, 2020.
A. N. Octaviano, F. A. Ramadhani, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi ‘Adventure of English’ sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar,” J. Komput. dan Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2023, doi: 10.54082/kontak.4.
A. Hidayatulloh, P. Studi, T. Informatika, U. Adhirajasa, and R. Sanjaya, “Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi ‘ Serunya Matematika ’ Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar,” vol. 5, no. 1, pp. 52–61, 2024.
A. Z. Bhat, I. Ahmed, L. Kameswari, and M. S. Khan, “A Game Based Innovative teaching and learning environment to enhance progression and performance of students,” SHS Web Conf., vol. 156, p. 01001, 2023, doi: 10.1051/shsconf/202315601001.
A. Khuwarismi Ijtaba Robbuhu and A. Surya Editya, “Game Edukasi Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” Nusant. Comput. Des. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: 10.55732/ncdr.v1i1.1055.
A. Dwi, “Media pembelajaran dan jenis-jenisnya,” vol. 5, 2023, [Online]. Available: https://fkip.umsu.ac.id/media-pembelajaran-dan-jenis-jenisnya/
N. isnaeni Rahmat, I. D. Hastuti, and M. Nizaar, “Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah,” J. Basicedu, vol. 7, no. 6, pp. 3804–3815, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i6.6432.