Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Niat Berkelanjutan Calon Mahasiswa Setelah Membaca Berita Sosial Media Instagram

Wafi Arifin
Kristophorus Hadiono


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.6203

Abstract


Institusi universitas menjadi bagian terpenting dalam strata pendidikan. Untuk berkompetisi dengan universitas lainnya dalam mengundang pendaftaran lebih banyak, Suatu universitas untuk mencari mahasiswa perlu meningkatkan popularitas dan citranya. Salah satu cara untuk meningkatkan popularitas dan image adalah melalui media sosial, tetapi tidak semua universitas dapat menggunakan media sosial secara efektif untuk meningkatkan minat pembaca dalam memilih universitas. Untuk mengetahui hal itu, diperlukan suatu model yang dapat membantu universitas swasta dalam melihat faktor-faktor yang berpengaruh bagi audiens postingan di akun Instagram Universitas Stikubank. Untuk mengkaji variabel apakah yang menentukan konfirmasi lanjutan minat pembaca terhadap media sosial diperlukan suatu penelitian. Fokus penelitian bagian terpentingnya mencari faktor-faktor yang mampu mempengaruhi pembaca postingan Instagram Universitas Stikubank. Penggunaan model TAM (Technology Acceptance Model) dan ECM (Expectation Konfirmasi Model) digunakan untuk penelitian dalam mengembangkan variabel yang akan dianalisis. Melalui penerapan TAM dan ECM, variabel kepercayaan, kepuasan, motivasi, dan minat ternyata berpengaruh terhadap niat penggunaan.

Keywords


TAM, ECM, Minat baca, Popularitas, Instagram

Article Metrics :

References


Y. A. Sarbani dan I. Lestari, “Strategi Promosi Universitas Swasta melalui Instagram Pengamatan terhadap Akun Instagram Resmi 6 Universitas Swasta Unggulan di Jawa Timur,” J. Adm. Bisnis FISIPOL UNMUL, vol. 10, no. 2, hlm. 150, Agu 2022, doi: 10.54144/jadbis.v10i2.8519.

B. Indrayana, K. B. Seminar, dan B. Sartono, “FAKTOR PENENTU MINAT PENGGUNAAN INSTAGRAM UNTUK PEMBELIAN ONLINE MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB),” J. Apl. Bisnis Dan Manaj., vol. 2, no. 2, hlm. 138–147, Mei 2016, doi: 10.17358/JABM.2.2.138.

E. A. Sukma, M. Hadi, dan F. Nikmah, “PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN TRUST TERHADAP INTENSI PENGGUNA INSTAGRAM,” J. Ris. Ekon. Dan Bisnis, vol. 12, no. 2, hlm. 112, Okt 2019, doi: 10.26623/jreb.v12i2.1659.

P. Fitria, A. Rafinda, A. Hafid, dan L. Waspodo, “ANALISIS PENERIMAAN APLIKASI FLIP DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM),” Al-Masraf J. Lemb. Keuang. Dan Perbank., vol. 8, no. 1, hlm. 79, Jun 2023, doi: 10.15548/al-masraf.v8i1.614.

Y. H. Al-Mamary, A. A. Abubakar, dan M. Abdulrab, “The effects of the expectation confirmation model (ECM) and the technology ac-ceptance model (TAM) on learning management systems (LMS) in sub-saharan Africa,” Interact. Learn. Environ., hlm. 1–17, Apr 2023, doi: 10.1080/10494820.2023.2191272.

Mardiyanah Nasta, Fatimah Hidayahni Amin, dan G Hasriani, “INSTAGRAM FOR WRITING PRACTICE: STUDENTS’PERCEIVED USEFULNESS AND EASE OF USE,” hlm. 13–22, Jun 2022.

F. A. Muqtadiroh, A. Herdiyanti, I. Wicaksono, dan T. Usagawa, “Analysis of Factors Affecting Continuance Intention of E-Learning Adoption in Lecturers’ Perspectives,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 588, no. 1, hlm. 012022, Agu 2019, doi: 10.1088/1757-899X/588/1/012022.

E. Cheunkamon, S. Jomnonkwao, dan V. Ratanavaraha, “Determinant Factors Influencing Thai Tourists’ Intentions to Use Social Media for Travel Planning,” Sustainability, vol. 12, no. 18, hlm. 7252, Sep 2020, doi: 10.3390/su12187252.

H. G. Song, “Understanding Social Media Users’ Mukbang Content Watching: Integrating TAM and ECM,” Sustainability, vol. 15, no. 5, hlm. 4013, Feb 2023, doi: 10.3390/su15054013.

Alkent dan Rinabi Tanamal, “PENGARUH VARIABEL PERCEIVED USEFULNESS, TRUST, CONSUMER SATISFACTION, DAN INTENTION TO USE PADA PENGGUNAAN APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA TRANSAKSI JUAL BELI,” Agu 2019.

S. Cheng, L. Liu, dan K. Li, “Explaining the Factors Influencing the Individuals’ Continuance Intention to Seek Information on Weibo during Rainstorm Disasters,” Int. J. Environ. Res. Public. Health, vol. 17, no. 17, hlm. 6072, Agu 2020, doi: 10.3390/ijerph17176072.

A. Bello dan S.B. Goyal, “The Higher Institution Student: Evaluate the Technology Acceptance Model (TAM) of Using Social Media as a Learn-ing Tool,” Int. J. Adv. Res. Technol. Innov., Mei 2022, doi: 10.55057/ijarti.2022.4.1.17.

E. Roflin, Rohana, dan F. Riyana, Statistika Dasar. NEM, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2015.

Sofyan Yamin, SMARTPLS 3, AMOS & STATA: OLAH DATA STATISTIK (MUDAH & PRAKTIS). 2021.


  • VIPBET88 menjadi situs judi bola online terpercaya yang menawarkan kenyamanan bermain via mobile serta layanan resmi untuk setiap member.
  • VIPBET88 menjadi pilihan tepat situs SBOBET88 online terpercaya dengan keamanan tinggi, layanan profesional, dan bonus eksklusif setiap hari.
  • VIPBET88 adalah link terbaru dari situs judi bola online resmi dari provider sbobet88 yang merupakan agen taruhan bola terbaik tahun 2025 memiliki ratusan pilihan game judi bola yang dapat dimainkan.
  • VIPBET88 merupakan pusat judi bola online resmi Sbobet88 dengan akses link terbaru, fitur modern, dan layanan profesional sepanjang waktu.