PENERAPAN MODEL UTAUT UNTUK MEMAHAMI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

Maria Margareta
Krismiyati Krismiyati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.5942

Abstract


Platform Merdeka Mengajar (PMM) telah dihadirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek). Salah satu tujuan pengembangan platform ini adalah supaya guru maupun kepala sekolah mendapatkan referensi, materi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Hal tersebut selanjutnya akan dapat membantu pengembangan dan implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan menerapkan model UTAUT diharapkan dapat menjelaskan perilaku serta sejauh mana penerimaan dan penggunaan penggunaan PMM oleh guru/kepala sekolah. Data yang diolah dalam penelitian ini didapatkan dari penyebaran kuesioner dalam bentuk google form kepada guru/kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PMM diyakini dapat meningkatkan kinerja pemakainya. Sebagian besar responden juga merasa bahwa penggunaan PMM cukup mudah. Pengaruh sosial dalam hal ini juga memberikan peranan besar bagi para pengguna dalam menggunakan PMM. Ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial ini mempengaruhi minat pemanfaatan PMM. Namun dalam penelitian ini sebagian besar responden merasa kurang adanya kondisi yang memfasilitasi dalam penggunaan PMM. Minat pemanfaatan dan kondisi yang memfasilitasi pada akhirnya akan mempengaruhi perilaku penggunaan PMM.

Keywords


korelasi spearman; PMM; UTAUT

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


E. Setiariny, “Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru”, Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, vol 20, no 1, Juni, 2023.

D. Marisana, S. Iskandar, T. Kurniawan, “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, vol 7, no 1, pp. 1-7, 2021.

S. Widiastuti, “The New World Kirkpatrick Model (NWKM) pada Platform Merdeka Mengajar,” Jurnal Ilmiah Mandala Education, e- ISSN: 2656-5862, p-ISSN: 2442-9511

Widiastuti, S., Bachri, B. S., & Maureen, I. Y, “The New World Kirkpatrick Model (NWKM) pada Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM),” Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2023

Amiruddin, M. Siregar, “Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan”, JPPP, vol 4, no 1, April, 2023.

V. Venkatesh, M.G. Morris, G.B. Davis, F.D. Davis, “User acceptance of information technology: toward a uni-fied view,” MIS Quarterly, vol. 27, pp. 425-478, 2003.

N. Sedana, W. Wijaya, “Penerapan Model Utaut Untuk Memahami Penerimaan Dan Penggunaan Learning Management System Studi Kasus: Experiential E-Learning of Sanata Dharma University,” Journal of Information Systems, vol. 5, Oktober, 2020.

H. Tri, “Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Terhadap Per-ilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada STTNAS Yogyakarta),” Jurnal Angkasa, vol. 7, no. 2, November, 2019.

Prasetyo, Hari Basuki., Dian Anubhakti, “Kajian Penerimaan Sistem E-Learning Dengan Menggunakan Pen-dekatan UTAUT Studi kasus Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur,” Jurnal BIT, vol. 8, no. 2. hal. 45-47.

P. Yuli, “Penerapan Metode Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) Dalam Memahami Penerimaan Dan Penggunaan Website KKN LPPM Unisi,” Jurnal SISTEMASI, vol. 6, no. 5, Mei, 2019.

S. Dasgupta, M. Haddad, P. Weiss, E. Bermudez, “User Acceptance of Case Tools in System Analysis and Design: An Empirical Study,” Journal of Informatics Education Research, vol. 9, pp. 51-78, 2017.

Jasruddin, “Analisis Penerapan Model Utaut (Unified Theory of Acceptance and Use Of Technology) Ter-hadap Perilaku Pengguna Sistem Informasi (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik Pada STTNAS Yogyakarta) UTAUT Model: Suatu Pendekatan Evaluasi Penerimaan E-Learning pada Program Pascasarjana,” Prosiding Sem-inar Nasional, ISBN: 978-602-6883-93-3

Erni, “Training on the Use of the Independent Teaching Platform for Elementary School Teachers,” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Agustus, 2023

H. Khristiana, J. Triloka “Kajian Analisis Persepsi Penerimaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Pada Guru SMP Negeri Di Kota Metro Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, Agustus, 2023.

Davis, F. D. “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology,” 1989

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, 6th ed., Alfabeta, Bandung, 2009.

Cronbach, Lee J., Designing Evaluations of Educational and Social Progress, 1982

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25” Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang, 2018

S. Aswar, “Reliabilitas dan Validitas”, 3rd ed., Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2008.

S. Aswar, “Penyusunan Skala Psikologi”, 1st ed., Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2007.