PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG

Moch Shobachus Surur
Rohman Dijaya
Novia Ariyanti


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.5771

Abstract


Salah satu alat pendidikan yang mungkin dapat membantu guru dalam memperdalam pemahaman siswanya adalah media pembelajaran. Siswa akan dapat memperoleh ilmu dari guru dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Teknologi yang dikenal sebagai augmented reality (AR) menggabungkan objek virtual dalam dua atau tiga dimensi dengan lingkungan sebenarnya, memproyeksikan atau menampilkan konten gabungan secara real time. Tidak seperti Virtual Reality (VR) yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, tetapi Augmented Reality (AR) hanya melengkapi kenyataan. Penelitian ini menerapkan Augmented Reality dalam aplikasi pembelajaran matematika materi bangun ruang. Penerapan ini didasarkan atas menurunya minat belajar anak – anak khusunya pada mata pembelajaran matematika. penelitian ini bertujuan  untuk mengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika berbasis android dengan Augmented Reality di materi bangun ruang serta menumbuhkan minat belajar untuk siswa. Penelitian ini menggunakan tools Blender dan Unity. Untuk SDK menggunakan EasyAR dan memiliki 8 bangun ruang. Sehingga aplikasi ini diharapkan bisa digunakan dengan efektif dan menarik minat belajar para siswa karena dapat membuat materi terkesan lebih menarik, interaktif, dan dapat dimainkan untuk menghindari kejenuhan siswa pada mata pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang.

Keywords


Augmented Reality; Android; Media Pembelajaran; Bangun Ruang

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. Edriati, L. Husnita, E. Amri, A. A. Samudra, and N. Kamil, “Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android,” vol. 12, no. 4, pp. 652–657, 2021.

E. A. Septiasari and S. Sumaryanti, “Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar,” J. Pedagog. Olahraga dan Kesehat., vol. 3, no. 1, pp. 55–64, 2022, doi: 10.21831/jpok.v3i1.18003.

D. Irmayanti, L. Sri Andar Muni, and M. Pratiwi, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 2, pp. 123–134, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i2.6004.

F. Mubarok, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian Tgb Smk Negeri 3 Yogyakarta [skripsi],” p. 140, 2015, [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/13145

E. Rusnandi, H. Sujadi, E. Fibriyany, and N. Fauzyah, “Implementasi Augmented Reality ( AR ) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar,” Infotech J., pp. 24–31, 2016.

K. Anam, G. Wiradharma, and M. A. Prasetyo, “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Augmented Reality Materi Bangun Ruang,” J. Elem. Sch., vol. 5, no. 2, pp. 234–246, 2022, doi: 10.31539/joes.v5i2.4426.

S. Nurfadillah, C. Rofiqoh Azhar, D. N. Aini, F. Apriansyah, R. Setiani, and U. M. Tangerang, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1,” BINTANG J. Pendidik. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 153–163, 2021.

I. P. Sari, I. H. Batubara, A. H. Hazidar, and M. Basri, “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 209–215, 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i4.142.

A. P. Pratiwi and J. Riyanto, “Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality,” J. Eng. Technol. Appl. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 78–85, 2022, doi: 10.36079/lamintang.jetas-0402.382.

S. A. Ashari, H. A, and A. M. Mappalotteng, “Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 82–93, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i2.16448.

D. Alvendri, Y. Huda, and R. Darni, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Dasar Seluler Menggunakan Aplikasi Unity Berbasis Android,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 11062–11076, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2031.

A. Solehudin, N. Wahyu, N. Fariz, R. F. Permana, and A. Saifudin, “Yeye Store,” J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 1000–1005, 2023.

V. Olindo and A. Syaripudin, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 1, pp. 17–26, 2022.

N. Hendrastuty, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Santri Berbasis Android (Studi Kasus: Pesantren Nurul Ikhwan Maros),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 21, 2021, doi: 10.33365/jdmsi.v2i2.1346.

F. Tahel, “Perancangan aplikasi media pembelajaran pengenalan pahlawan nasional untuk meningkatkan rasa nasionalis berbasis android,” Teknomatika, vol. 09, no. 02, pp. 113–120, 2019, [Online]. Available: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/467