PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
S. Edriati, L. Husnita, E. Amri, A. A. Samudra, and N. Kamil, “Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android,” vol. 12, no. 4, pp. 652–657, 2021.
E. A. Septiasari and S. Sumaryanti, “Pengembangan tes kebugaran jasmani untuk anak tunanetra menggunakan modifikasi harvard step test tingkat sekolah dasar,” J. Pedagog. Olahraga dan Kesehat., vol. 3, no. 1, pp. 55–64, 2022, doi: 10.21831/jpok.v3i1.18003.
D. Irmayanti, L. Sri Andar Muni, and M. Pratiwi, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 2, pp. 123–134, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i2.6004.
F. Mubarok, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian Tgb Smk Negeri 3 Yogyakarta [skripsi],” p. 140, 2015, [Online]. Available: https://eprints.uny.ac.id/13145
E. Rusnandi, H. Sujadi, E. Fibriyany, and N. Fauzyah, “Implementasi Augmented Reality ( AR ) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar,” Infotech J., pp. 24–31, 2016.
K. Anam, G. Wiradharma, and M. A. Prasetyo, “Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Augmented Reality Materi Bangun Ruang,” J. Elem. Sch., vol. 5, no. 2, pp. 234–246, 2022, doi: 10.31539/joes.v5i2.4426.
S. Nurfadillah, C. Rofiqoh Azhar, D. N. Aini, F. Apriansyah, R. Setiani, and U. M. Tangerang, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1,” BINTANG J. Pendidik. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 153–163, 2021.
I. P. Sari, I. H. Batubara, A. H. Hazidar, and M. Basri, “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran,” Hello World J. Ilmu Komput., vol. 1, no. 4, pp. 209–215, 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i4.142.
A. P. Pratiwi and J. Riyanto, “Aplikasi Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Struktur Tumbuhan untuk Anak Usia Dini menggunakan Augmented Reality,” J. Eng. Technol. Appl. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 78–85, 2022, doi: 10.36079/lamintang.jetas-0402.382.
S. A. Ashari, H. A, and A. M. Mappalotteng, “Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 82–93, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i2.16448.
D. Alvendri, Y. Huda, and R. Darni, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Konsep Dasar Seluler Menggunakan Aplikasi Unity Berbasis Android,” J. Educ., vol. 5, no. 4, pp. 11062–11076, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i4.2031.
A. Solehudin, N. Wahyu, N. Fariz, R. F. Permana, and A. Saifudin, “Yeye Store,” J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 1000–1005, 2023.
V. Olindo and A. Syaripudin, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dengan Metode Waterfall,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sci., vol. 1, no. 1, pp. 17–26, 2022.
N. Hendrastuty, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Santri Berbasis Android (Studi Kasus: Pesantren Nurul Ikhwan Maros),” J. Data Min. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 21, 2021, doi: 10.33365/jdmsi.v2i2.1346.
F. Tahel, “Perancangan aplikasi media pembelajaran pengenalan pahlawan nasional untuk meningkatkan rasa nasionalis berbasis android,” Teknomatika, vol. 09, no. 02, pp. 113–120, 2019, [Online]. Available: http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/467