Evaluasi Penggunaan Aplikasi Getcontact Sebagai Perlindungan Modus Penipuan Dengan Metode User Experience Questionnaire

Rachma Pavita
Firman Noor Hasan - [ https://orcid.org/0000-0002-1246-3462 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.5544

Abstract


Era digital saat ini, para penipu menggunakan teknologi untuk keuntungan pribadi. Berpura-pura sebagai orang terdekat atau bahkan karyawan bank adalah salah satu taktik yang sering digunakan. Namun, aplikasi bernama GetContact muncul untuk mengatasi penipuan ini. Aplikasi ini dapat mencari nomor telepon dan menemukan panggilan dan pesan singkat dari kontak yang tidak dikenal. Metode User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan dalam penelitian aplikasi GetContact untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dengan berbagai kriteria, seperti daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki beberapa keuntungan dalam mendeteksi dan menghindari modus penipuan dengan nomor yang tidak dikenal, tetapi ada beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki. Dengan nilai sebesar 0.69, ketepatan deteksi nama pada nomor telepon masih dapat ditingkatkan. Selain itu, fitur seperti daya tarik, efisiensi, stimulasi, dan kebaruan aplikasi kurang dari rata-rata. Meskipun aplikasi ini menawarkan kemampuan untuk mengakses informasi dan membantu pengguna menemukan nomor telepon, pengalaman pengguna kurang memuaskan. Namun, penelitian ini menemukan bahwa penggunaan GetContact dapat membantu mengidentifikasi dan mencegah modus nomor tidak dikenal. Aplikasi ini memiliki kelemahan, tetapi masih memiliki potensi untuk berkembang dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik di masa mendatang.

Keywords


Evaluasi; GetContact; Metode UEQ; Modus Penipuan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. Fitriani and F. N. Hasan, “Sistem Informasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Layanan Terhadap Alumni (Studi Kasus: Keluarga Mahasiswa Fakultas Teknik Uhamka),” Prosiding Seminar Nasional Teknoka, vol. 5, p. 93, Dec. 2020, doi: 10.22236/teknoka.v5i.360.

F. A. Zahwa and I. Syafi’i, “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Equi-librium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, vol. 19, no. 01, pp. 61–78, Jan. 2022, doi: 10.25134/equi.v19i01.3963.

I. A. Ricky, I. F. Hanif, F. N. Hasan, E. S. Sinduningrum, Z. Halim, and N. Nunik, “Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terkait Penyelenggaraan Sistem Elektronik Menggunakan Metode Logistic Regression,” Jurnal Lin-guistik Komputasional, vol. 5, no. 2, p. 77, Nov. 2022, doi: 10.26418/jlk.v5i2.103.

J. Handoko, Kevin, Paulus, and Z. Salsabila, “Sistem Deteksi Nomor Telepon dan Rekening Bank Terindikasi Pen-ipuan Berbasis Aplikasi Android dan Web,” Jurnal SIFO Mikroskil, vol. 23, no. 2, p. 184, Oct. 2022, doi: 10.55601/JSM.V23I2.913.

I. Surya Permana, C. B. K. Sampurno, and R. P. Ramadhini, “Edukasi Keamanan Digital Menggunakan Aplikasi Getcontact Pada Masyarakat Desa Panongan Lor, Cirebon,” Perwira Journal of Community Development, vol. 3, no. 2, p. 4, Jul. 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unperba.ac.id/index.php/pjcd/issue/view/

S. Rita, D. Indrayana, and A. Pambudi, “Penggunaan Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Truecaller Dan Getcontact,” Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), vol. 20, no. 2, p. 132, Sep. 2023, doi: 10.36080/bit.v20i2.2493.

F. Hanifah and L. M. Wisudawati, “Analisis User Experience Pada Aplikasi Get Contact Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, vol. 28, no. 3, 2023, doi: 10.35760/ik.2023.v28i3.9192.

C. Gunawan, Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang Yang (Merasa) Tidak Bisa Dan Tidak Suka Statistika. 2020. Accessed: Mar. 30, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books/about/Mahir_Menguasai_SPSS_Panduan_Praktis_Men.html?hl=id&id=babXDwAAQBAJ&redir_esc=y

R. Jaka Rachmadi, “Evaluasi User Experience Aplikasi Coop Access Dengan Menggunakan Metode User Experi-ence Questionnaire,” Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 2, 2024, doi: 10.61132/manuhara.v2i2.730.

N. Krisdayanti, I. Gunawan, S. Tinggi, T. Ronggolawe Cepu, and P. Korespondensi, “Analisis Keamanan Aplikasi Chat Android Pihak Ketiga Atau Non Playstore Menggunakan Digital Forensics,” Simetris Jurnal Teknologi dan Te-rapan, vol. 16, no. 2, p. 1, Dec. 2022, doi: 10.51901/simetris.v16i2.257.

P. R. Sugiadnyana, D. Gede, S. Mangku, N. Putu, and R. Yuliartini, “Penyelesaian Sengketa Pulau Batu Puteh Di Selat Johor Antara Singapura Dengan Malaysia Dalam Perspektif Hukum Internasional,” Jurnal Komunikasi Hukum, vol. 6, no. 2, p. 1, Aug. 2020, doi: 10.23887/jkh.v6i2.28102.

H. Dina, M. Dewi, A. Faroqi, and A. Pratama, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Evaluasi Per-bandingan Pengalaman Pengguna Computer Based Test Pada Test.co.id dan Quizizz Menggunakan Metode UEQ,” Media Online), vol. 3, no. 6, p. 956, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.918.

S. Prasetyaningsih and S. P. N. Muchtar, “Analisis Perbandingan User Experience pada Website dan Aplikasi Mobile Shopee Menggunakan UEQ,” JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 5, no. 3, pp. 162–164, Sep. 2023, doi: 10.35746/jtim.v5i3.326.

Y. Sari, M. Arafah, and Novitasari, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik Dosen Menggunakan User Ex-perience Questionnaire dan Heuristic Walkthrough,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 5, no. 2, p. 256, Apr. 2021, doi: 10.29207/resti.v5i2.3022.

A. Syaputra, “Implementasi Metode Random Sampling Pada Animasi Motion Grapich Herbisida Dan Fungisida,” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 11, no. 2, pp. 142–147, Aug. 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i2.1370.

A. Husen, “Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang,” JURNAL ECONOMINA, vol. 2, no. 6, p. 1358, Jun. 2023, doi: 10.55681/economina.v2i6.608.