RANCANG BANGUN E-COMMERCE PENJUALAN BAN PADA TOKO ELLENRIMS MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL

Ronaldo Sinaga
Ade Dwi Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5477

Abstract


Internet telah menjadi elemen vital dalam berbagai aktivitas, termasuk bisnis, menyediakan kemudahan komunikasi dan pergerakan informasi yang cepat. E-commerce menawarkan kemudahan transaksi antara pembeli dan penjual secara online. Namun, masih banyak toko, seperti Toko Ellenrims di Bandar Lampung, yang menggunakan sistem tradisional dalam penjualan ban dan velg. Hal ini membatasi potensi konsumen dan mengurangi visibilitas toko. Pendekatan konvensional juga memiliki kekurangan lain, seperti kurangnya promosi efektif, keterbatasan pengetahuan calon konsumen, dan pencatatan transaksi yang rentan terhadap kesalahan. Oleh karena itu, pengembangan sistem e-commerce menjadi penting bagi Toko Ellenrims. Tujuan adanya penelitian ini adalah merancang sebuah sistem penjualan produk secara online berbabis website. Metode perancangan sistem menggunakan metode waterfall dan pengembangan website e-commerce ini menggunakan Framework Laravel . Dengan adanya perancangan sistem penjualan ini, diharapkan dapat mempermudah dalam proses transaksi, pencatatan transaksi serta mempermudah untuk konsumen detail informasi produk yang dijual tanpa harus konsumen datang secara langsung. Dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatan penjualan dan perluasan jangkauan pasar Toko Ellenrims.

Keywords


E-commerce; Laravel; MySQL; Waterfall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


H. N. Utami and U. Padjadjaran, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping : Perspektif Pemasaran Agribisnis,” no. July, 2018.

N. Musthofa and M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Ccomputer Kota Tangerang,” vol. 1, no. 03, pp. 199–207, 2022.

S. Kasus, P. Toko, and P. Kota, “IMPLEMENTASI E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ONLINE,” vol. 29, no. 1.

B. Putri and A. Bukittinggi, “Strategi Pengembangan UMKM melalui Pemahaman E-Commerce pada Sulaman dan Bordiran Putri Ayu Bukittinggi,” vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2020.

A. Aco and A. H. Endang, “Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin MakassarAco, Ambo, and Andi Hutami Endang. ‘Analisis Bisnis E-Commerce Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar’ 2 (2017): 3.,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 2, no. 1, p. 3, 2018.

E. Rosiska, “Implementasi Teknologi Informasi Website Pada Home Industry Sebagai Media Promosi Dan Penjualan (Studi Kasus: Usaha Roti Dapoer Yuri),” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 8, no. 2, pp. 76–85, 2020, doi: 10.33884/cbis.v8i2.2421.

T. Triana, M. Yusman, and B. Hermanto, “Sistem Informasi Manajemen Data Klien Pada Pt. Hulu Balang Mandiri Menggunakan Framework Laravel,” J. Pepadun, vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2021, doi: 10.23960/pepadun.v2i1.33.

A. Waworuntu, “Rancang Bangun Aplikasi e-Commerce Dropship Berbasis Web,” Ultim. J. Tek. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 118–124, 2020, doi: 10.31937/ti.v12i2.1823.

R. Setiawan and S. Ernawati, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DELIVERY FOOD,” vol. X, no. November 2020, pp. 56–66, 2023, doi: 10.34128/jsi.v9i1.498.

J. A. Ramadhan, D. T. Haniva, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” JIEET J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 07, no. 01, pp. 36–42, 2023, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/21941

T. Pricillia and Zulfachmi, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” J. Bangkit Indones., vol. 10, no. 1, pp. 6–12, 2021, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153.

J. Hendrawan, I. D. Perwitasari, and M. Ramadhani, “Rancang Bangun Sistem Informasi UKM Panca Budi Berbasis Website,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 18–24, 2020, doi: 10.31539/intecoms.v3i1.1330.

M. Tabrani, “Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Inventori Pt. Pangan Sehat Sejahtera,” J. Inkofar, vol. 1, no. 2, pp. 30–40, 2018, doi: 10.46846/jurnalinkofar.v1i2.12.

S. Pratama and E. K. Putra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Smpn 1 Kertak Hanyar,” Technol. J. Ilm., vol. 10, no. 2, p. 68, 2019, doi: 10.31602/tji.v10i2.1809.

A. K. Saputra and M. Fahrizal, “Rancang Bangun Berbasis Web Crm (Customer Relationship Management) Berbasis Web Studi Kasus Pt Budi Berlian Motor Hajimena Bandar Lampung,” Portaldata.org, vol. 17, no. 1, pp. 1–31, 2021.

I. D. Lesmono, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” Swabumi, vol. 6, no. 1, pp. 55–62, 2018, doi: 10.31294/swabumi.v6i1.3316.

M. Rahmatuloh and M. R. Revanda, “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang Pada PT. Haluan Indah Transporindo Berbasis Web,” J. Tek. Inform., vol. 14, no. 1, pp. 54–59, 2022.

P. T. Al Hafizh, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Dan Penjualan Berbasis E – Commerce Pada Produk UMKM Desa Kiringan Kabupaten Magetan (Studi Kasus: Ds. Kiringan Kec. Takeran Kab. Magetan),” J. PILAR Teknol. J. Ilm. Ilmu Ilmu Tek., vol. 7, no. 2, pp. 1–9, 2022, doi: 10.33319/piltek.v7i2.98.