IMPLEMENTASI CHATBOT UNTUK REKOMENDASI COFFEE SHOP DI KOTA SEMARANG

Asania Fatma Cahyawati
Kristophorus Hadiono


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.5465

Abstract


Coffee shop di Kota Semarang telah berkembang menjadi pusat sosial yang hidup dengan menyediakan berbagai jenis kopi spesial dan campuran unik yang sesuai dengan selera penduduk lokal dan wisatawan. Coffee Shop selain bertindak sebagai tempat menjual kopi juga berperan menyatukan estetika modern dengan pesona tradisional. Kondisi ini membuat tempat yang nyaman bagi pengunjung untuk menikmati kopi favorit mereka di tengah keramaian kota. Semua pelanggan memiliki preferensi unik. Beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen adalah harga, lokasi coffee shop, suasana, dan fasilitasnya. Karena banyaknya coffee shop di kota Semarang, memilih yang sesuai dengan preferensi bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, diperlukan rekomendasi coffee shop yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat chatbot yang berfungsi sebagai sumber rujukan awal untuk membantu pelanggan memilih coffee shop. Chatbot yang digunakan dalam penelitian ini berbasis framework Rasa. Data coffee shop dikumpulkan dari Google Maps dan dari kreator konten media sosial seperti Instagram dan TikTok yang memiliki jumlah follower minimal 4000 followers. Hasil pengujian blackbox dan pengujian User Acceptance Test (UAT) menunjukkan bahwa chatbot yang dibangun dapat membantu dengan memberikan rekomendasi dan informasi tentang coffee shop di Semarang.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. B. Nugraha et al., “Pengaruh Penataan Kawasan Kota Lama Semarang pada Aspek Ekonomi dan Sosial,” Jurnal Geografi : Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, vol. 18, no. 1, pp. 21–29, Jun. 2021, doi: 10.15294/jg.v18i1.27512.

A. S. Ningrum and S. Suyoko, “Pengaruh Harga, Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Peacockoffie, Semarang,” DIPONEGORO JOURNAL OF SOCIAL AND POLITICAL, pp. 1–10, 2018.

A. T. Mumtaz, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Coffee Shop Di Tembalang, Kota Semarang Tugas Akhir TP6008052,” 2022.

P. Utomo, A. Maskur, and J. I. Ekonomi, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere 40 Terhadap Kepuasan FOKUS EKONOMI PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, KUALITAS LAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN (Studi Pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang),” Jurnal Ilmiah Ekonomi, vol. Vol.17 No.1, pp. 40–60, Jun. 2022, [Online]. Available: http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe

Khoirunisa Rifa, Apriliyanto Erwin, A Arif Setia Sandi, and Kusrini, “Penggunaan_Natural_Language_Processing_P,” IJAI (Indonesian Journal of Applied Informatics), vol. Vol. 4 No.2, pp. 55–63, 2020.

A. Rachman, I. Mardhiyah, and M. Jannah, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Implementasi Chatbot FAQ pada Aplikasi Monev Kinerja Direktorat Jenderal Anggaran Menggunakan Framework Rasa Open Source,” Media Online, vol. 4, no. 1, pp. 62–72, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1020.

S. H V and Dr. S. S, “Implementation of an Educational Chatbot using Rasa Framework,” International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, vol. 11, no. 9, pp. 29–35, Aug. 2022, doi: 10.35940/ijitee.G9189.0811922.

M. Rayhan Hakim and Z. K. A Baizal, “Chatbot For Knowledge-Based Museum Recommender System (Case Study: Museum In Jakarta),” 2022. [Online]. Available: http://www.mondecor.com

H. Eka Rosyadi, F. Amrullah, R. David Marcus, and R. Rahman Affandi, “619 Rancang Bangun Chatbot Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Whatsapp dengan Metode NLP (Natural Language Processing),” BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 5, 2020, doi: 10.28926/briliant.

D. Patil, S. Iyer, P. Mehta, and D. Gavand, “Dietbot-Diet Recommending Chatbot,” 2021.

A. Sari Kurnia, F. Febryansyah, M. Yoga Febriansyah, W. Aji, A. Saifudin, and I. Kusyadi, “Pengembangan Aplikasi CHAT BOT UNTUK Rekomendasi WISATA,” vol. 6, no. 3, pp. 2622–4615, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i3.11630.

Senseforth, “Bagaimana chatbots menggunakan NLP, NLU, dan NLG untuk menciptakan percakapan yang menarik.”

N. Afifa, R. E. Saputra, and R. A. Nugrahaeni, “Implementasi NLP Pada Chatbot Layanan Akademik Dengan Algoritma Bert Implementation Of NLP On Academic Service Chatbot With Bertalgorithm,” 2023.

Akhil C K, “Building a bot using Rasa NLU & Core.”

E. Yuniar and H. Purnomo, “Implementasi Chatbot ‘ALITTA’ Asisten Virtual Dari BALITTASSebagai Pusat Informasi di BALITTAS,” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. Vol.12 No.1, pp. 24–35, 2019.