IMPLEMENTASI CHATBOT BERBASIS FRAMEWORK RASA UNTUK SISTEM REKOMENDASI WISATA DI SEMARANG

Adis Amatulia Rosida
Kristophorus Hadiono


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5380

Abstract


Kota Semarang merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona dan kekayaan budaya yang unik sehingga menjadikannya sebagai daya tarik utama bagi calon wisatawan. Potensi yang dimiliki kota ini akan membuat wisatawan penasaran dan mencari tahu tempat mana saja yang akan dikunjungi ketika datang ke Kota Semarang. Setiap wisatawan mempunyai karakteristik dan kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga akan mempengaruhi tempat yang ingin dikunjunginya. Preferensi yang berbeda menyebabkan keputusan yang berbeda. Ada yang memilih berdasarkan dana yang dimiliki, ada pula yang memanfaatkan rekomendasi teman atau informasi dari internet. Memilih tempat yang tepat saat berwisata bukanlah perkara mudah, apalagi jika destinasi tersebut masih baru. Oleh karena itu, diperlukan rekomendasi tempat mana yang cocok untuk dikunjungi. Membangun chatbot  sebagai penolong wisatawan sebagai sistem pemberi rekomendasi menjadi tujuan penelitian ini. Sistem rekomendasi menggunakan chatbot berbasis Framework   RASA. Data destinasi wisata dikumpulkan dari kreator konten di media sosial (YouTube, TikTok, Instagram) yang memiliki follower (minimal) 10.000 follower. Destinasi wisata tersebut dikemas menjadi 5 kategori yang berisi 60 tempat. Hasil pengujian menunjukkan implementasi chatbot dapat memberikan rekomendasi dan informasi wisata di Semarang dengan hasil uji blackbox  sesuai yang diharapkan.


 


Keywords


Chatbot ; Destinasi Pariwisata; Framework RASA; Rekomendasi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. Wijayanto, F. Pradana, and F. Abdurrachman Bachtiar, “Pembangunan Sistem Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Malang berbasis Web,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 5, pp. 1524–1530, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. G. S. Ruindungan and A. Jacobus, “Pengembangan Chatbot untuk Layanan Informasi Interaktif Akademik menggunakan Framework Rasa Open Source,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. vol.10 no.1, pp. 61–68, 2021.

D. Wulandari and J. Sasongko Wibowo, “Implementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Layanan Informasi Wisata Di Kota Pati Chabot Implementasion Using The Sense Framework For Tourism Information Ser-vices In Pati City,” Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), vol. 6, no. 2, 2023.

D. Widiyawati, D. Dedih, and W. Wahyudi, “Implementasi Metode Maut Dan Saw Dalam Pemilihan Tempat Wisata Di Kabupaten Karawang,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 17, no. 2, pp. 71–80, Jul. 2022, doi: 10.35969/interkom.v17i2.231.

A. K. Wardhani and A. Anindyaputri, “SISTEM INFORMASI PEMILIHAN TEMPAT WISATA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT,” Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), vol. 2, no. 1, pp. 27–32, Dec. 2020, doi: 10.24176/ijtis.v2i1.5649.

L. Mangifera, M. Farid Wajdi, F. Ekonomi, B. Universitas, and M. Surakarta, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Pemilihan Kuliner Di Kawasan Wisata Alam Kemuning,” Jurnal Ekonomi Mana-jemen Sumber Daya, vol. Vol. 20, No. 1, pp. 18–23, 2018.

P. Yochum, L. Chang, T. Gu, and M. Zhu, “Linked Open Data in Location-Based Recommendation System on Tourism Domain: a Survey,” IEEE Access, vol. 8, pp. 16409–16439, 2020, doi: 10.1109/aCCESS.2020.2967120.

S. R. Cholil, N. A. Rizki, and T. F. Hanifah, “Sistem Rekomendasi Tempat Wisata Di Kota Semarang Menggunakan Metode Collaborative Filtering,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 118, Feb. 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i1.727.

S. Munir and M. Asqia, “Implementasi Skyline Query Pada Sistem Rekomendasi Pemilihan Tempat Kuliner Di Kota Depok, Bogor, Dan Tanggerang,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. Vol. 7 No. 2, 2021.

A. S. Haikal, Y. Faradillah Siahaan, and F. Rozi, “Sistem Rekomendasi Oleh-Oleh Medan dari UMKM Kota Medan Menggunakan Metode Collaborative Filtering,” INNOVATIVE : Journal Of Social Science Research, vol. Volume 3 No 5, pp. 7932–7941, 2023.

F. M. Sabir, A. Asrul, A. Nurul Puteri, A. Amiruddin, M. Mashud, and S. S. Patalangi, “Rancang Bangun Aplikasi GIS Pusat Oleh-Oleh Toraja Berbasis Web,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 1361–1369, Jul. 2023, doi: 10.33395/jmp.v12i1.12742.

S. Soni, “Apa itu Ngrok dan bagaimana cara kerjanya?”

A. D. Ferdian and S. N. Anwar, “Pengembangan Chatbot untuk Informasi Wisata Interaktif di Tangerang Selatan menggunakan Framework Rasa,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 5, no. 4, pp. 476–483, Oct. 2023, doi: 10.47233/jteksis.v5i4.953.

Rasa Technologies Inc, “Glosarium Rasa,” Rasa Technologies GmbH.

Sensoforth, “Bagaimana chatbots menggunakan NLP, NLU, dan NLG untuk menciptakan percakapan yang menarik.”

R. Technologies G, “STORIES.”

N. Rohim and E. Zuliarso, “Penerapan Algoritma Deep Learning Untuk Pengembangan Chatbot Yang Digunakan Untuk Knsultasi Dan Pengenalan Tentang Virus Covid-19,” JURNAL ILMIAH ELEKTRONIKA DAN KOMPUTER, vol. Vol.15, No.2, pp. 267–278, 2022.

H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. 2007.

H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. 2007.