PENGEMBANGAN SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE “SIVALINE” DENGAN FITUR GAMIFIKASI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Zafi. A, “Efektifitas Platform Quizziz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Kudus”, Jurnal ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 201–218, 2021, doi:10.52431/murobbi.v5i2400.
M. Fitrah and R. Ruslan, “Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 178–187, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.639.
M. S. Bahri, “Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Masa Merdeka Belajar,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pen-didik., vol. 6, no. 4, pp. 2871–2880, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i4.1954.
Munjaidah, “ Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Dalam Hukum Newton Tentang Gerak”, Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, pp.156-160, 2021
Ulya, M, “Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia”, Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol.10, no 1, pp.55-63, 2021.
I. Magdalena, H. N. Fauzi, and R. Putri, “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya,” J. Pendidik. dan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 244–257, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
A. Suandi and P. D. A. Pamungkas, “Multimedia Interaktif Pembelajaran Ips Kelas 7 Berbasis Android Pada Mts Al-Wasliyah Jakarta Timur,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 66, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.1087.
M. Aliah and I. Warsah, “Evaluasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19: Tantangan Dan Solusi,” J. As-Salam, vol. 5, no. 2, pp. 164–174, 2021, doi: 10.37249/assalam.v5i2.333.
D. Ariani, “Gamifikasi untuk Pembelajaran,” J. Pembelajaran Inov., vol. 3, no. 2, pp. 144–149, 2020, doi: 10.21009/jpi.032.09.
F. Marisa, A. L. Maukar, A. A. Widodo, M. I. Muzakki, and A. D. R. Wisnu, “Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Model Gamification Di Masa Pandemi Covid 19,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 2, pp. 508–514, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i2.2832.
K. Redy Winatha and K. A. Ariningsih, “Persepsi mahasiswa terhadap penerapan gamifikasi dalam pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 17, no. 2, pp. 265–274, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/article/view/26010
M. Mustamiin, Iryanto, E. Ismantohadi, and M. Andi, “Pengembangan Sistem Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi Dengan Online Judge,” J. IKRAITH-INFORMATIKA, vol. 5, no. 3, pp. 64–71, 2021.
P. Rezeki, “Teknik Pelaksanaan Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19,” at-Tarbiyah al-Mustamirrah J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, p. 61, 2020, doi: 10.31958/atjpi.v1i1.2533.
K. H. Sitanggang, M. Elsera, and N. Nurjamiyah, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Hewan Laut Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Metode R&D,” Djtechno J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2022, doi: 10.46576/djtechno.v3i1.1652.
S. Fransisca and R. N. Putri, “Pemanfaatan Teknologi RFID Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D),” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 72–75, 2019.
H. Wijayanto, Y. K. Kumarahadi, and I. A. Prabowo, “Implementasi Model Waterfall Dan Pengujian System Usability Scale (SUS) Pada Pembuatan Website Program Studi Informatika Berbasis Wordpress,” Indones. J. Bus. Intell., vol. 6, no. 1, pp. 55–62, 2023, doi: http://dx.doi.org/10.21927/ijubi.v6i1.3375.
M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jarin-gan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
S. Sukirman and K. F. Syah, “Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika Sistem Peminjaman Buku Perpustakaan dengan Identifikasi Kode Quick Response ( QR ),” vol. 7, no. 1, pp. 79–87, 2023, doi: 10.29408/edumatic.v7i1.13372.
V. Gesilanda, Sukirman, and N. Azizah, “Evaluasi Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Book Augmented Reality Menggunakan USE Questionnaire,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 12, no. 2, pp. 809–823, 2023, [Online]. Available: http://ijcs.stmikindonesia.ac.id/ijcs/index.php/ijcs/article/view/3173
F. G. Sembodo, G. F. Fitriana, and N. A. Prasetyo, “Evaluasi Usability Website Shopee Menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2021, doi: 10.30871/jaic.v5i2.3293.
M. L. L. Usman and M. A. Gustalika, “Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone,” J. Ecotipe (Electronic, Control. Telecommun. Information, Power Eng., vol. 9, no. 1, pp. 19–24, 2022, doi: 10.33019/jurnalecotipe.v9i1.2805.
M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i1.13411.
H. P. Aji and N. R. DPA, , S.T, M.Kom, “Analisis Perbandingan Website Digilib dengan Metode Penghitungan Usability Menggunakan Kuesioner SUS,” J. Buana Inform., vol. 11, no. 1, p. 63, 2020, doi: 10.24002/jbi.v11i1.2502.