ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Sari Yani
Novri Hadinata


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5326

Abstract


Pengembangan Aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan perlu dilakukan dengan cara melakukan evaluasi dari segi tingkat penerimaan dengan tujuan PTSP dapat meningkatkan kepuasan pengguna, menyederhanakan proses, kemudahaan dan kecepatan dalam mendapatkan pelayanan. Data yang digunakan berupa data primer berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Technology Acceptance Model (TAM). Pengambilan sampel dil- akukan kepada semua pengguna Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Berdasarkan analisis data, terdapat pengaruh Per- ceived Usefulness dan Perceived Ease of Use secara simultan terhadap Attitude Toward Using dan Acceptance of PTSP. Terdapat pengaruh Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use secara parsial terhadap Attitude Toward Using. Dan terdapat pengaruh Perceived Usefulness dan Attitude Toward Using secara parsial terhadap Acceptance of PTSP. Serta tidak terdapat pengaruh Perceived Ease of Use secara parsial terhadap Acceptance of PTSP

Keywords


Kementerian Agama, Kuesioner, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Technology Acceptance Model

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


J. F. Hutahayan, Faktor pengaruh kebijakan keterbukaan informasi dan kinerja pelayanan publik: Studi pada pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Deepublish, 2019.

R. Machmud, “Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online),” Gorontalo: Ideas Publishing, pp. 1–73, 2018.

K. R. Siregar, “Kajian mengenai penerimaan teknologi dan informasi menggunakan technology accaptance model (TAM),” Rekayasa, vol. 4, no.

, pp. 27–32, 2017.

M. Jogiyanto Hartono and others, Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Penerbit Andi, 2018.

H. Hasanah, “Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, pp.

–46, 2017.

R. A. Fadhallah, Wawancara. Unj Press, 2021.

E. Nugroho, Prinsip-prinsip menyusun kuesioner. Universitas Brawijaya Press, 2018.

I. A. Noeraini and S. Sugiyono, “Pengaruh tingkat kepercayaan, kualitas pelayanan, dan hargaterhadap kepuasan pelanggan JNE Surabaya,” Jurnal

Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), vol. 5, no. 5, 2016.

Niken, “Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro,” Agora, vol. 7, no. 2, 2019.

C. M. Zellatifanny and B. Mudjiyanto, “Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi,” Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, vol. 1, no. 2,

pp. 83–90, 2018.