PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ANTRIAN NASABAH BERBASIS WEB DI PT. BANK SYARIAH INDONESIA CAPEM MEDAN TOMANG ELOK
Abstract
Antrian merupakan suatu keadaan yang dapat terjadi ketika seseorang datang ke suatu tempat umum untuk mendapat pelayanan tetapi tidak langsung segara dilayani sehingga menunggu giliran untuk dilayani. Hal ini terjadi untuk menjaga ketertiban pelanggan agar tidak saling mendahului satu sama lain. Sistem antrian di PT. Bank Syariah Indonesia Capem Medan Tomang Elok ini masih dilakukan secara manual, oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem agar memudahkan pelayanan kepada pelanggan serta dapat menghemat lebih banyak waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi sistem antrian nasabah berbasis web untuk membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mempersingkat waktu mengantri. Dalam pembuatan aplikasi ini digunakan metode waterfall untuk pengembangan sistem dan pada pengujiannya menggunakan metode black box . Aplikasi ini diperlukan untuk mengatur antrian nasabah agar tidak menumpuk di loket karena terlau banyak antrian yang sedang berlangsung. Setelah mendapat nomor antrian online pelanggan hanya duduk dan menunggu giliran dipanggil tanpa harus memenuhi loket antrian. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi antrian nasabah berbasis web yang menyajikan berupa nomor antrian nasabah, nomor antrian yang sedang berjalan dan memungkinkan untuk pegawai memanggil nomor antrian selanjutnya. Dengan demikian nasabah dan pegawai sangat diuntungkan dalam hal ini yaitu dapat menghemat waktu pelayanan serta tidak terjadi penumpukan di loket antrian. Sistem informasi antrian nasabah ini diharapkan mampu memaksimalkan pelayanan dan mengurangi resiko antrian penuh dan panjang.
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
H. Abbas, Sajiah, A. R. Aresky, and A. Bhayangkara, “Rancang Bangun Aplikasi Pemanggil Nomor Antrian Loket Pelayanan Bank Dan Akademik Universitas Islam Makassar,” J. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 01, 2022, doi: 10.56923/jtek.v2i01.61.
V. C. Paays, A. Handojo, and D. Haryadi, “Sistem Nomor Antrian Bantuan Sosial di BRILink Berbasis Web Studi Kasus BRILink Mingalvo Desa Hutumuri, Ambon,” p. 6, 2022.
Z. Rachmat and Z. Fadli, “Perancangan Aplikasi Nomor Antrian Nasabah Berbasis Web Pada Bank Sulselbar Cabang Soppeng,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 35–46, 2021.
S. Esabella, C. Hudaya, and I. G. Listiana, “Inovasi Rancangan Umum Aplikasi Mesin Antrian Perbankan Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 2, pp. 15–27, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i2.5532.
Berlin Pratama, I Ketut Gede Suhartana, and Ida Bagus Gede Dwidasmara, “Desain Antarmuka Sistem Reservasi Antrian Bank (Logo Bank) Berbasis Website,” J. Pengabdi. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2022, doi: 10.24843/jupita.2022.v01.i01.p08.
I. M. A. C. Wijaya and Slamet Winardi, “Rancang Bangun Sistem Nomer Antrian Berbasis Internet of Things (Iot),” J. SAINTEKOM, vol. 12, no. 2, pp. 176–188, 2022, doi: 10.33020/saintekom.v12i2.315.
S. Herman et al., “SISTEM PENGAMBILAN NOMOR ANTRIAN DAN RESI PELAYANAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GOWA BERBASIS WEB SKRIPSI,” Jur. Tek. Kim. USU, vol. 3, no. 1, pp. 18–23, 2019.
F. H. Utami, “Aplikasi Pelayanan Antrian Pasien Menggunakan Metode FCFS Menggunakan PHP dan MySQL,” vol. 18, no. 1, pp. 153–160, 2022.
D. Zulaikha and A. Handayanto, “Aplikasi sistem nomer antrian nasabah berbasis web di pt pegadaian persero upc rejosari kendal,” Sci. Eng. Natl. Semin., vol. 6, no. Sens 6, pp. 337–343, 2021.
P. L. Dewi, L. Lasimin, and M. N. Dadaprawira, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Nasabah Berbasis Web Di Lingkungan Bank Bangun Arta Kroya,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 2, no. 5, p. 863, 2023, doi: 10.53513/jursi.v2i5.8223.
M. Iqbal, Ilhamsyah, and S. Ramayuda, “Sistem Informasi Antrian Online Berbasis Website Menggunakan Multi Channel Single Phase (Studi Kasus: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sintang),” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 10, no. 3, pp. 354–365, 2022, [Online]. Available: https://sutrisnoadityo.wordpress.com/2013/10/
A. A. Puteri, A. H. Brata, and W. S. Wardhono, “Pengembangan Sistem Antrian Permohonan Paspor dengan menerapkan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Kantor Imigrasi Kelas I Kota Malang),” J. Pengemb. …, vol. 6, no. 3, pp. 1387–1394, 2022, [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10819%0Ahttp://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/10819/4773
A. Wahid Abdul, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.
A. Siddik, A. Buton, and E. Utami, “Implementasi ‘Pop Up Notification’ Pada SistemAntrian Online Di Klinik KesehatanBerbasis Website & Android,” Univ. AMIKOM Yogyakarta, pp. 1–6, 2018.
N. R. Letuna and M. A. I. Pakereng, “Pengembangan aplikasi sistem informasi monitoring dan evaluasi stunting berbasis android (studi kasus: kabupaten timor tengah selatan),” vol. 8, no. 4, pp. 1339–1350, 2023.