IMPLEMENTASI WEBSITE SELF-SERVICE TECHNOLOGY PEMESANAN DAN PEMBAYARAN BAGI PELANGGAN PADA TENANT YANG BERADA DI AREA HALLWAY SPACE MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

Arthur Krisna Resano
Ekky Novriza Alam
Nia Ambarsari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4708

Abstract


Penelitian ini mengimplementasikan website self-service technology untuk pemesanan dan pembayaran pelanggan pada tenant atau restoran di Hallway Space dengan metode prototype. Tujuannya adalah merancang website yang mempermudah pelanggan dalam pemesanan dan pembayaran dengan metode kuantitatif melalui wawancara. Implementasi menggunakan metode prototype dan diuji dengan usability testing dan User Acceptance Testing (UAT). Hasil menunjukkan website self-service ini mendapat respons positif dari pelanggan dengan Usability score baik dan hasil UAT mencapai 87%. Semua kriteria diuji diterima dengan baik, menunjukkan platform ini berfungsi dengan baik dan sesuai kebutuhan pelanggan. Penggunaan self-service technology dalam restoran memungkinkan pelanggan memesan dan membayar lebih efisien, menghindari antrian, serta mengurangi ketergantungan pada pelayan. Platform ini efektif meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi di tenant atau restoran. Dengan optimalisasi fitur dan perluasan penggunaan, platform ini juga dapat mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor makanan dan minuman. Pemanfaatan website self-service technology di tenant atau restoran di Hallway Space inovatif dalam meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberi keuntungan bagi pemilik usaha.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. Reza Rahman, M. Rizki Oktavianto, and M. Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, “Perkem-bangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia”.

T. Handayani, I. Gunawan, and R. Taufiq, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Ber-basis Web (Studi Kasus: Restoran Bukit Randu Bandara),” Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, Jun. 2020, doi: 10.24176/sitech.v3i1.4837.

A. Wijaya, “Implementasi Konsep Self-Service Technology ( SST ) Pada Model Bisnis Restoran,” Seminar Nasional Dinamika Informatika 2020 Univeristas PGRI Yogyakarta, pp. 63–66, 2020.

C. K. Pai, Z. T. Wu, S. Lee, J. Lee, and S. Kang, “Service Quality of Social Media-Based Self-Service Technology in the Food Service Context,” Sustainability (Switzerland), vol. 14, no. 20, Oct. 2022, doi: 10.3390/su142013483.

H. Shin and R. R. Perdue, “Self-Service Technology Research: A bibliometric co-citation visualization analysis,” Int J Hosp Manag, vol. 80, 2019, doi: 10.1016/j.ijhm.2019.01.012.

M. L. Meuter, M. J. Bitner, A. L. Ostrom, and S. W. Brown, “Choosing among alternative service delivery modes: An investigation of customer trial of self-service technologies,” J Mark, vol. 69, no. 2, pp. 61–83, Apr. 2005, doi: 10.1509/jmkg.69.2.61.60759.

S. Park, X. Lehto, and M. Lehto, “Self-service technology kiosk design for restaurants: An QFD application,” Int J Hosp Manag, vol. 92, Jan. 2021, doi: 10.1016/j.ijhm.2020.102757.

S. Kute and A. S. Thorat, “A Review on Various Software Development Life Cycle (SDLC) Models,” International Journal of Research in Computer and Communication Technology, vol. 3, no. 7, 2014.

I. A. Mastan, “PERANCANGAN WEBSITE APLIKASI PENJUALAN RESTORAN AYAM KEPRABON,” JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.30813/jbase.v2i2.1728.

A. N. N. Hidayah and H. Supriyono, “Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website,” Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), vol. 4, no. 2, 2019.

N. L. A. M. Rahayu Dewi, R. S. Hartati, and Y. Divayana, “Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sis-tem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Website pada Berlian Agency,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 1, p. 147, Mar. 2021, doi: 10.24843/MITE.2021.v20i01.P17.

T. Pricillia and Zulfachmi, “Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD),” Jurnal Bangkit Indonesia, vol. 10, no. 1, 2021, doi: 10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153.

M. Nur Faiz, N. W. Rahadi, and N. W. Adi Prasetya, “Online Presence System Development Website-Based using Prototype Methods,” Applied Technology and Computing Science Journal, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.33086/atcsj.v4i1.2096.

S. Herdayati, “DESAIN PENELITIAN DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM PENELITIAN,” ekonologi ilmu manajemen , vol. 5, no. 1, pp. 1–11, 2018.

M. Luthfi and Asmunin asmunin, “Rancang bangun aplikasi pemesanan kaos custom menggunakan fabric js dan pembayaran melalui midtrans payment gateway,” Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Sura-baya, vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/38376

M. Fowler, “UML Distilled: A Brief Guide to the Standard Object Modeling Language,” Pearson Paravia Bruno Mondad, 2004.

M. S. Hartawan, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM,” JEIS: JURNAL ELEKTRO DAN INFORMATIKA SWADHARMA, vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.56486/jeis.vol2no1.161.

T. M. Alifia, N. P. Aji, A. A. Arsyad, and L. R. Maghfiroh, “Perbaikan User Interface Menggunakan Usability Testing dan Pendekatan Human-Centered Design,” Seminar Nasional Official Statistics, vol. 2021, no. 1, 2021, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2021i1.760.

A. Pakarbudi and A. Sodik, “Evaluasi Antarmuka Situs Web Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya pada Perangkat Mobile Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal IPTEK, vol. 23, no. 2, 2019, doi: 10.31284/j.iptek.2019.v23i2.588.

F. D. Davis and V. Venkatesh, “Toward preprototype user acceptance testing of new information systems: Implica-tions for software project management,” IEEE Trans Eng Manag, vol. 51, no. 1, pp. 31–46, Feb. 2004, doi: 10.1109/TEM.2003.822468.