PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE WEBSITE PLATFORM “TELKOM MENTORING” PADA MODULE MENTEE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Mubeth Praditya
Ekky Novriza Alam
Taufik Nur Adi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i2.4705

Abstract


E-Mentoring, bentuk mentoring elektronik, yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan bimbingan, nasihat, dan dukungan dari dosen atau mentor dalam pengembangan akademik, pemahaman materi, pemilihan karir hingga tantangan profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Design Thinking, yang melibatkan serangkaian tahap seperti pemahaman masalah, eksplorasi, ideasi, prototyping, dan pengujian.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah platform mentoring di Telkom University sebagai medium interaksi antara mahasiswa dan dosen, dengan tujuan menyediakan solusi yang efektif sesuai dengan fungsi dan tujuan e-mentoring. Peneliti menghasilkan sebuah produk berbentuk platform website yang dinamakan "Telkom Mentoring" sebagai solusi yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen untuk menjalankan proses 1:1 mentoring. Setelah perancangan desain protype website selesai, dilakukan tahap pengujian dengan melibatkan sejumlah partisipan mahasiswa dan dosen. Hasil pengukuran yang didapat untuk skor SEQ sebesar 6,6 dan pada pengukuran SUS, memperoleh skor 85,6 dengan grade B, menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi dari user. Skor tersebut menandakan bahwa mahasiswa dan dosen merasa sistem tersebut mudah digunakan, efektif, dan memenuhi kebutuhan mereka dalam menjalankan proses mentoring

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. Dorner, H., Misic, G., & Rymarenko, “Online mentoring for academic practice: strategies, implications, and innovations,” Ann. N. Y. Acad. Sci., pp. 98–111, 2020.

S. Arora, R., & Goel, “Supporting E-Mentoring for Programming Labs in Engineering Education,” in 2018 Eleventh International Conference on Contemporary Computing (IC3), 2018.

C. Haeger, H., & Fresquez, “Mentoring for inclusion: The impact of mentoring on undergraduate researchers in the sciences,” CBE Life Sci. Educ., vol. 15, no. 3, 2016.

& D. Kaufman, M. R., Wright, K., Simon, J., Edwards, G., Thrul, J., “Mentoring in the Time of COVID-19: An Analysis of Online Focus Groups with Mentors to Youth. American,” J. Community Psychol., pp. 33–45, 2022, doi: https://doi.org/10.1002/ajcp.12543.

M. Alemdag, E., & Erdem, “Designing an e-mentoring program for novice teachers in Turkey and investigating online interactions and program outcomes,” Mentor. Tutoring Partnersh. Learn., vol. 25, no. 2, pp. 123–150, 2017.

A. Eradatifam, M., Heydarabadi, S., & Shahbazi, “The Impact of Design Thinking on Innovation,” Impact Des. Think. Innov. JDT, 2020.

& R. Ainun, K., Muhammad, S., Moch, J., Nurma, I., “Analisis Proyeksi Kerja Mahasiswa Pendidikan Geografi Kelas B Angkatan 2018.,” 2018.

R. Pereira, J. C., & Russo, “Design thinking integrated in agile software development: A systematic literature review,” Comput. Sci., p. 138, 2018, doi: https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.10.101.

Gibbons, “Using Prioritization Matrices to Inform UX Decisions,” 2018.

Gibbons, “Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking,” 2018.

P. N. Ahmad, N. & Sazali, “Performing User Acceptance Test with System Usability Scale for Graduation Application,” in International Conference on Software Engineering & Computer Systems and 4th International Conference on Computational Science and Information Management (ICSECS-ICOCSIM), 2021, pp. 86–91. doi: https://doi.org/10.1109/ICSECS52883.2021.00023.

J. Nielsen, “10 Usability Heuristics for User Interface Design,” 2020.

J. R. Lewis, “The system usability scale: past, present, and future,” Int. J. Human–Computer Interact., vol. 34, no. 7, pp. 577–590, 2018, doi: https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1455307.

& J. M. Aaron Bangor, P., CHFP, Philip Kortum, P., “Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale,” J. Usability Stud., vol. 4, no. 3, pp. 114–32, 2009.

N. Reynaldi, V. K., & Setiyawati, “Perancangan UI/UX Fitur Mentor On Demand Menggunakan Metode Design Thinking Pada Platform Pendidikan Teknologi,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., 2022, doi: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.3109.