IMPLEMENTASI FRAME INTERPOLATION PADA ANIMASI STOPMOTION
Abstract
Salah satu keterbatasan dalam pembuatan animasi stop-motion adalah kesulitan dalam menciptakan gerakan yang halus dan natural, terutama dalam konteks waktu. Time interpolation adalah proses menghitung bingkai-bingkai perantara dalam urutan waktu, yang memungkinkan transisi yang lebih mulus antara bingkai kunci dalam animasi stop-motion. Dalam penelitian ini, berbagai metode time interpolation dieksplorasi dan diimplementasikan dalam konteks stop-motion. Melalui serangkaian eksperimen yang terkontrol, teknik time interpolation yang berbeda diuji untuk efektivitas dan efisiensi dalam menciptakan gerakan yang lebih lancar. Implementasi ini diuji dalam berbagai skenario yang mencerminkan kondisi produksi nyata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas animasi dengan penggunaan time interpolation, dengan pergerakan yang lebih halus dan transisi yang lebih natural antara bingkai. Selain itu, teknik ini juga terbukti mengurangi waktu produksi, membuat proses lebih efisien. Secara keseluruhan, penelitian ini menawarkan wawasan penting dan inovasi dalam bidang animasi stop-motion. Implementasi time interpolation dalam stop-motion bukan hanya meningkatkan estetika visual tetapi juga efisiensi proses produksi, membuatnya relevan dan berharga bagi industri animasi, pendidik, dan peneliti.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
M. Farrokhnia, R. F. G. Meulenbroeks, and W. R. van Joolingen, “Student-Generated Stop-Motion Animation in Science Classes: a Systematic Literature Review,” Journal of Science Education and Technology, vol. 29, no. 6. Springer Science and Business Media B.V., pp. 797–812, Dec. 01, 2020. doi: 10.1007/s10956-020-09857-1.
L. Casas, M. Kosek, and K. Mitchell, “Props Alive: A Framework for Augmented Reality Stop Motion Animation.”
A. R. Pangestu, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop Motion Pada Mata Pelajaran Geografi,” Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, vol. 5, no. 2, pp. 216–225, Dec. 2021, doi: 10.29408/geodika.v5i2.3807.
X. Han, H. Fu, H. Zheng, L. Liu, and J. Wang, “A video-based system for hand-driven stop-motion animation,” IEEE Comput Graph Appl, vol. 33, no. 6, pp. 70–81, Nov. 2013, doi: 10.1109/MCG.2013.40.
M. Choi, J. Choi, S. Baik, T. H. Kim, and K. M. Lee, “Test-Time Adaptation for Video Frame Interpolation via Meta-Learning,” IEEE Trans Pattern Anal Mach Intell, vol. 44, no. 12, pp. 9615–9628, Dec. 2022, doi: 10.1109/TPAMI.2021.3129819.
R. Szeto, X. Sun, K. Lu, and J. J. Corso, “A Temporally-Aware Interpolation Network for Video Frame Inpainting,” IEEE Trans Pattern Anal Mach Intell, vol. 42, no. 5, pp. 1053–1068, May 2020, doi: 10.1109/TPAMI.2019.2951667.
S. Tulyakov et al., “Time lens: Event-based Video Frame Interpolation,” in Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, IEEE Computer Society, 2021, pp. 16150–16159. doi: 10.1109/CVPR46437.2021.01589.
K. Zhou, W. Li, X. Han, and J. Lu, “Exploring Motion Ambiguity and Alignment for High-Quality Video Frame Interpolation,” Mar.
, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2203.10291
S. Li, X. Xu, Z. Pan, and W. Sun, “Quadratic video interpolation for VTSR challenge,” in Proceedings - 2019 International Conference on Computer Vision Workshop, ICCVW 2019, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Oct. 2019, pp. 3427–3431. doi: 10.1109/ICCVW.2019.00425.
Z. Shi, X. Xu, X. Liu, J. Chen, and M. H. Yang, “Video Frame Interpolation Transformer,” in Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, IEEE Computer Society, 2022, pp. 17461–17470. doi: 10.1109/CVPR52688.2022.01696.