APLIKASI EKPLORASI 3D DAN VISUALISASI OBJEK WISATA EDUKASI KEBUN JERUK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID AUGMENTED REALITY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
S. P. Sidoarjo, “SOLUSI CERDAS UNTUK PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MELALUI PELATIHAN ECOBRICK DI DESA JIKEN KECAMATAN TULANGAN Risdiana Chandra Dhewy STKIP PGRI Sidoarjo , chandra.statistika.its@gmail.com STKIP PGRI Sidoarjo , friskadam19@gmail.com STKIP PGRI Sidoarjo , elda,” vol. 3, pp. 7–12, 2020.
M. Ashar and D. D. Prasetya, “OrangeO : pemanfataan teknologi wirausaha wisata outbond dalam pemberdayaan masyarakat disekitar kebun jeruk Desa Selorejo Dau Malang,” Jurnal Karinov, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2021.
R. Bangun, M. Interaktif, B. Augmented, R. Untuk, M. Pemahaman, and K. Siswa, “Ramdan Syaripudin, 2021 RANCANG BANGUN MULTIMEDIA INTERAKTIF
BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN
KOGNITIF SISWA Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu,” pp. 1–7, 2021.
O. Lengkong, A. Wahyudi, and R. G. K. Lumantouw, “Aplikasi Eksplorasi Virtual Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara,” CCIT Journal, vol. 11, no. 1, pp. 38–47, 2018, doi: 10.33050/ccit.v11i1.557.
Agustinus Sirumapea, Syaipul Ramdhan, and Deri Rismana, “Aplikasi Pembelajaran Mengenal Rumah Adat di Pulau Jawa Berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal Sisfotek Global, vol. 11, no. 1, 2021.
S. Rustiyanti, W. Listiani, F. D. Sari, I. B. Gede, S. Peradantha, and P. A. Budaya, “SENI DIGITAL WISATA TEKNOLOGI AR PASUA PA BERBASIS KEARIFAN LOKAL Digital Art of Augmented Reality (AR) Technology Tourism in Pasua Perform Art (PA) Based on Local Wisdom,” 2019.
F. A. S. Dani, M. I. Wahyuddin, and W. Winarsih, “Augmented Reality Objek Wisata Bogor Menggunakan Algoritma Lucas Kanade Dengan Metode Marker Based Tracking,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 5, no. 3, p. 1179, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3088.
O. Lengkong, A. Wahyudi, and R. G. K. Lumantouw, “Aplikasi Eksplorasi Virtual Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara,” CCIT J., vol. 11, no. 1, pp. 38–47, 2018, doi: 10.33050/ccit.v11i1.557.
R. R. C. Putra, T. Sugihartono, and F. Panca Juniawan, “Aplikasi Augmented Reality Media Pembelajaran Pengenalan Gambar Tokoh Pahlawan Nasional Pada Uang Kertas Berbasis Android,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 405–412, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1285.
A. Wiharto and C. Budihartanti, “Aplikasi Mobile Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android,” Jurnal PROSISKO, vol. 4, no. 2, pp. 17–24, 2017
W. Hidayat, W. Hidayat, and F. Rachmatullah, “Perancangan Media Video Interior
Berbentuk Animasi Dengan Menggunakan 3Ds Max,” CCIT Journal, vol. 7, no. 3, pp. 355–367, 2014, doi: 10.33050/ccit.v7i3.260.
X. Liu1, Y.-H. Sohn, and D.-W. Park, “Application Development with Augmented Reality Technique using Unity 3D and Vuforia,” In-ternational Journal of Applied Engineering Research, vol. 13, no. 21, pp. 15068–15071, 2018, [Online]. Available: http://www.ripublication.com
W. Buana and S. O. Meily, “Augmented Reality Application using Dynamic Location-Based Tracking of Taman Ayun Temple,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 12, no. 1, p. 24, Mar. 2021, doi: 10.24843/lkjiti.2021.v12.i01.p03.
F. Reza, A. Fitriyatno, A. Nur Hidayat, M. Maisyaroh, and S. Faizah, “Aplikasi Portal Jelajah Destinasi Wisata Indonesia Dengan Aug-mented Reality (AR) dan Video 360° Berbasis Android Sebagai Media Promosi Dan Hiburan,” Smart Comp Jurnalnya Orang Pint. Komput., vol. 10, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: 10.30591/smartcomp.v10i1.2166
A. Nugroho and B. A. Pramono, “Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang,” Jurnal Transformatika, vol. 14, no. 2, p. 86, 2017, doi: 10.26623/transformatika.v14i2.442.