PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SD KELAS 5 DENGAN MODEL R2D2 DI SDN 1 MOJOARUM TULUNGAGUNG

nurna listya purnamasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.391

Abstract


Mata pelajaran PKn SD berisi bahan pelajaran yang ditekankan pada pengalaman dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang ditunjang oleh pengetahuan sederhana sebagai bekal mengikuti pendidikan berikutnya. Dari pengamatan di lapangan pada bahan ajar PKn yang terdapat pada SDN 1 Mojoarum Tulungagung, kurang begitu membuat siswa termotivasi atau tertarik  untuk belajar karena covernya terlalu monoton, warnanya kurang begitu cerah, gambar yang terdapat dalam cover juga terlalu sederhana. Model pengembangan yang digunakan dalam bahan ajar dan panduan guru mata pelajaran PKn kelas 5 ini adalah model R2D2. Model ini memiliki 3 prinsip yang fleksibel yaitu: recursive,reflektif and partisipatoris. Model R2D2 ini juga memenuhi prinsip-prinsip umum pengembangan model pembelajaran konstruktivistik. Untuk uji coba kelompok kecil didapat rerata presentase sebesar 77,5. hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa bahan ajar mempunyai rerata presentase tersebut sebesar 85,8 artinya pada kualifikasi baik dan tidak perlu direvisiBerdasarkan paparan uji coba diatas dapat disimpulkan bahwa paket pembelajaran yang sudah dikembangkan sudah memenuhi kebutuhan  pengguna atau layak untuk dijadikan sumber di SDN I mojoarum Tulungagung.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


-