PENGARUH BIMBINGAN GURU TEKNIK INFORMATIKA TERHADAP KESIAPAN SISWA DALAM PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

yandria elmasari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.373

Abstract


Kurikulum 2013 guru Teknik Informatika (TIK) dan KKPI difungsikan menjadi guru TIK yang berperan membimbing peserta didik dalam mencapai standar kompetensi lulusan dan memfasilitasi sesama guru dalam penggunaan TIK untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran serta memfasilitasi tenaga kependidikan dalam mengembangkan sistem manajemen sekolah Berbasis TIK. Dengan peranan baru tersebut, guru TIK tanggungjawab serta pengaruh yang sangat besar dalam proses pembelajaran, manajemen sekolah serta dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah. Sehingga dalam mempersiapkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bimbingan TIK memiliki peranan yang penting khususnya dalam mempersiapkan kesiapan siswa dalam menghadapi UNBK.

Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ingin mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan  guru TIK terhadap kesiapan siswa dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMAN 1 Gondang Tulungagung yaitu pada siswa kelas XII Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antar variabel. Metode pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi dan angket dengan alternatif jawaban dengan skor maksimal 4. Target penelitian ini diharap dapat di publis dalam jurnal nasional sehingga dapat menjadi bahan acuan untuk kegiatan bimbingan guru TIK khususnya untuk siswa kelas XII.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bimbingan guru TIK (X) tidak terdapat pengaruh secara positif terhadap variabel kesiapan siswa dalam pelaksanaan UNBK (Y). Ini diperjelas dari data angket kesiapan siswa, dari hasil analisis deskripsi diperoleh data sebesar 65 responden dari total 120 responden atau sebesar 54% berkategori baik dari semua indikator kesiapan siswa dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer. Berdasarkan hasil data variabel kesiapan siswa faktor utama yang mempengaruhi kesiapan siswa dalam pelaksanaan UNBK adalah indikator mental dan psikologi siswa. Adapun Luaran yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah artikel ilmiah serta tidak menutup kemungkinan untuk dilanjutkan oleh penelitian serupa.          

 Kata Kunci : bimbingan, guru TIK, UNBK, kesiapan siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics :