PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS AUGMENTED REALITY

Arganis Ratna Furi
Fahrur Rozi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.3640

Abstract


Media pembelajaran interakrif dirancang bertujuan untuk memperjelas penyajian pesan, informasi dan dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, waktu, dan objek atau benda yang terlalu besar atau benda terlalu kecil yang tidak tampak oleh indera dapat disajikan dengan bantuan mikroskop, film, slide, atau gambar. Tujuan penelitian ini; diharapkan siswa mampu memvisualisasikan pembelajaran melalui media interaktif. Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif Augmented Reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji efektif produk tersebut. Instrumen yang digunakan adalah produk berupa aplikasi media pembelajaran, dengan subjek adalah buah, hewan dan ALat transportasi dan analisis mengadopsi ISO 25010. Tahapan penelitian dilakukan berdasarkan model pengembangan sesuai dengan pengembangan waterfall. Berdasarkan hasil observasi, dapat disimpulkan bahwa aplikasi memenuhi standar usability, yakni sebesar 95.3 % . Usefulness dari 5 item penilaian didapatkan hasil sebesar 480 dengan presentase sebesar 96 %, ease of use dari 5 item penilaian didapatkan hasil sebesar 472 dengan presentase sebesar 94.2 %, ease of learning dari 5 item penilaian didapatkan hasil sebesar 476 dengan presentase sebesar 95.2 %, dan satisfaction dari 5 item penilaian didapatkan hasil sebesar 478 dengan presentase sebesar 95.6 %

Keywords


Augmented Reality; IPA; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


N. Supriono and F. Rozi, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BENTUK MOLEKUL KIMIA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID, JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., 2018, doi: 10.29100/jipi.v3i1.652.

A. S. Syahrir, Visualisasi Struktur Rangka Manusia Berbasis Augmented Reality untuk Mata Pelajaran IPA pada SD Negeri 1 Daya Makassar, STMIK STIKOM Bali, 2015.

Y. Irsalina, R. Yuliana, T. P. Alamsyah, U. Sultan, and A. Tirtayasa, Pengembangan Media Busy Book Berbasis Metode Global Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidik. GURU Sekol. DASAR, 2020.

A. Silalahi, Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran, Res. Gate, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.13429.88803/1.

M. Mandasari, Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) dan Framework CSS Bootstrap ISSN: 1979-9241, J. Poliprofesi, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1, Metod. Penelit. Pendidik. Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D, 2013.