SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS MOBILE ANDROID BAGI PELAKU USAHA DESA MURTIGADING BANTUL

Basuki Heri Winarno
Dara Kusumawati
Aloysius Agus Subagyo
Rikie Kartadie


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i4.3589

Abstract


Desa Murtigading, Kecamatan Sanden Kecamatan Bantul terdapat banyak sekali usaha industri rumahan yang menghasilkan beragam jenis produk. Beberapa masalah yang ditemukan yang menyebabkan kurang berkembangnya usaha mikro dan kecil di desa Murtigading adalah masih terbatasnya kemampuan pelaku UMKM dalam pemahaman akuntansi untuk pengelolaan keuangannya. Pencatatan transaksi masih dilakukan secara manual dan kurangnya pemahaman akuntansi membuka peluang terjadinya kesalahan pencatatan, sehingga informasi atau laporan keuangan yang dihasilkan tidak akurat dan tidak tepat waktu. Aplikasi sistem informasi akuntansi UMKM berbasis Android ini dikembangkan untuk membantu pelaku UMKM khususnya di Desa Murtigading Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul agar lebih mudah dalam pengelolaan atau manajemen keuangan dan pencatatan transaksi. Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan model 4D yang merupakan singkatan dari empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Perangkat lunak yang dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah game engine Unity. Berdasarkan hasil penilaian dari pelaku UMKM ditinjau dari aspek perangkat lunak diperoleh hasil penilaian dengan rerata 3,92 termasuk dalam kategori Baik. Penilaian dari aspek penggunaan bahasa dengan nilai rerata 3.79, termasuk dalam kategori Baik, dan penilaian desain visual diperoleh hasil rerata 4.21 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dan secara umum, penilaian oleh pelaku usaha diperoleh hasil rerata 3,97 yang termasuk dalam kategori Baik.


Keywords


Android; Mobile; Accounting Information System; MSME

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Ayodya, W., (2020), UMKM 4.0: Strategi UMKM Memasuki Era Digital, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2018). Diakses dari https://www.bps.go.id/subject/35/usaha-mikro-kecil.html pada tanggal 8 Oktober 2019.

Bhosale, S.T., Patil, T., Patil, P., (2015). SQLite: Light Database System. Computer Department, Shivaji University, Kolhapur, India.

Goldis, Vasile, (2016). Mobile Computing Using Android with an Emphasize on Economic Application. Western University of Arad, Faculty of Economy Science, Engineering, and Computer Science.

Mcleod, Raymond, Jr., Schell, George, (204) Sistem Informasi Manajemen - Alih Bahasa: Hendra Teguh, penyunting: Agus Widyantoro.

Mirza, M., R., Noor M., (2013). Sistem Informasi Akuntansi: Aplikasi pada Administrasi Bisnis. Malang: UB Press.

Mustakini, Jogiyanto H., (2010). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Njunjic, Ivan., (2012) Development Techniques for Android Platform Mobile Device Application. Department of Computer Information Systems Eastern Michigan University.

O'Brien, James, A., Marakas, George, M., (2017) Sistem Informasi Manajemen Alih Bahasa: Liza Nurbani Puspitasari, Hirson Kurnia.

Patil, Pratik, P., (2015), Cross-platform Application Development using Unity Game Engine. Dept. of Computer Engineering, P.V.P.I.T, Pune, India.

Raissa, Cindy, (2017), Pengembangan Perangkat Lunak Aplikasi Otomasi Sistem Akuntansi UMKM Ritel, Universitas Katolik Parahyangan.

Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang No. 20 Tentang Usaha Kecil Mikro Menengah.

Rinandiyana, Lucky, R., (2020), Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android (SIAPIK) untuk Meningkatkan Administrasi Keuangan UMKM, Universitas Siliwangi.

Sinarwati, Ni, K., (2017) Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Mobile Bagi UMKM, Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono, (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S., (2013), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Susanto, A., (2018), Sistem Informasi Akuntansi, Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan, Lingga Jaya, Bandung.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.