PERANCANGAN USER INTERFACE/USER EXPERIENCE (UI/UX) WEBSITE HELPMEONG UNTUK SHELTER MENGGUNAKAN METODE GOAL-DIRECTED DESIGN
Abstract
Manusia hidup erat sekali dengan teknologi untuk menyelesaikan masalah di berbagai bidang baik pemerintahan, sektor publik, hingga perihal sosial yang berhubungan dengan manusia dengan sesama mahluk hidup di sekitarnya termasuk kucing, anjing, atau hewan lain yang biasa dijumpai di lingkungan sekitar. Tetapi tidak jarang adanya ketidakseimbangan rasio antara manusia dan hewan liar yang hidup di suatu lingkungan yang mengakibatkan dampak buruk di lingkungan tersebut. Namun, terdapat sekelompok orang yang membangun tempat atau menjadikan rumah sebagai shelter yang menjadi tempat penampungan dan perawatan hewan-hewan terlantar lalu mengadopsikan hewan tersebut kepada adopter. Tetapi sulit untuk memastikan adopter bertanggung jawab terhadap hewan yang diadopsikan membuat pihak shelter cemas. Berdasarkan masalah tersebut, penulis merancang platform bernama HelpMeong yang menjadi jembatan antara shelter dan adopter untuk melakukan kegiatan adopsi, edukasi, dan membagikan informasi lain untuk mengurangi overpopulasi hewan terlantar dan mengurangi kejahatan pada hewan. Perancangan website ini menggunakan metode Goal-Directed Design dan telah diuji secara dua tahap menggunakan tools Maze Design dengan skor akhir MAUS 96 dan parameter System Usability Score (SUS) dengan skor 88 dengan acceptability range ACCEPATBLE, dan adjective range EXCELENT. Berdasarkan proses tersebut, dapat disimpulkan bahwa HelpMeong dapat diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai platform baru yang dapat menjawab masalah yang terjadi di masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Y. Susanty, Memilih dan Merawat Kucing Kesayangan, vol. 1. AgroMedia Pustaka, 2014.
C. Chaniscara, Over Populasi, 1.200 Kucing Dibuang di Soloraya pada 2021, Nov. 15, 2021. https://www.solopos.com/over-populasi-1-200-kucing-dibuang-di-soloraya-pada-2021-1195366 (accessed Dec. 21, 2021).
O. Dewangga Yohanes, A. Ambarwati, and C. Darujati, Pengembangan Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Ujian Online Menggunakan Metode Goal-Directed Design, 2021.
B. Albert and T. Tullis, Measuring the User Experience , 2nd Edition. Elsevier Inc., 2013.
D. Fore, L. Goldenhar, P. Margolis, and M. Seid, Using Goal-Directed Design to Create a Novel System for Improving Chronic Illness Care, JMIR Res Protoc, vol. 2, p. e43, Jul. 2013, doi: 10.2196/resprot.2749.
A. Cooper, R. Reimann, D. Cronin, C. Noessel, J. Csizmadi, and D. Lemoine, About Face The Essentials of Interaction Design Fourth Edition. 2014.
ISO 9241-11:2018(en), Ergonomics of human-system interaction Part 11: Usability: Definitions and concepts, 2018. https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-11:ed-2:v1:en (accessed Dec. 31, 2021).
J. Nielsen, Usability 101: Introduction to Usability, Alertbox, 2003.
M. I. Farouqi, I. Aknuranda, and A. D. Herlambang, Evaluasi Usability pada Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode Pengujian Usability, 2018. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. Kinney, How your Usability Score is calculated Maze Help, 2022. https://help.maze.co/hc/en-us/articles/360052723353-How-your-Usability-Score-is-calculated (accessed Jul. 12, 2022).
System Usability Scale (SUS) | Usability.gov. https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html (accessed Dec. 31, 2021).
5 Ways to Interpret a SUS Score MeasuringU. https://measuringu.com/interpret-sus-score/ (accessed Jul. 20, 2022).
J. J. Garrett, The elements of user experience: user-centered design for the Web and beyond. 2011.
E. Ramadhan, Low fidelity dan high fidelity Mockup | by Evan Gilang Ramadhan | UNIKOM Codelabs | Medium. https://medium.com/codelabs-unikom/low-fidelity-dan-high-fidelity-mockup-a40f04b4af69 (accessed Mar. 18, 2022).
Z. Sharfina and H. B. Santoso, An Indonesian Adaptation of the System Usability Scale (SUS), 2016.