EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CLUSTERING BERBANTUAN GAMBAR FOTOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PELAJAR SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
P. Teknik, J. Dalam, L. Informasi, and U. Meningkatkan, Kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah menyebabkan siswa sulit untuk beradaptasi dengan lingkungannya , misalnya tidak bertegur sapa dengan temannya , tidak menegur guru terlebih dahulu , sulit mengungkapkan pendapat saat diskusi , sulit mengawali, J. BK UNESA, vol. 4, no. 3, pp. 718727.
D. Yulia, S. R., and E. Ratna, Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMK N 1 Batusangkar Dengan Pendekatan Kontekstual, Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 1, pp. 339345, 2012.
Sriyanto, Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dengan Metode Complete Sentence, Edunomika, vol. 02, no. 01, pp. 7079, 2018.
N. Martha and Y. Situmorang, Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions, J. Educ. Action Res., vol. 2, no. 2, pp. 165171, 2018.
W. S. Albrecht and R. J. Sack, Accounting education: Charting the course through a perilous future, vol. 16. American Accounting Association Sarasota, FL, 2000.
B. Hurt, Teaching What Matters: A New Conception of Accounting Education, J. Educ. Bus., vol. 82, no. 5, pp. 295299, Jan. 2007, doi: 10.3200/JOEB.82.5.295-299.
AICPA, Tips for improving communication at work, 2022. .
C. G. Jones, Written and Computer-Mediated Accounting Communication Skills, Bus. Commun. Q., vol. 74, no. 3, pp. 247271, Sep. 2011, doi: 10.1177/1080569911413808.
R. A. Lawson et al., Focusing Accounting Curricula on Students Long-Run Careers: Recommendations for an Integrated Competency-Based Framework for Accounting Education, Issues Account. Educ., vol. 29, no. 2, pp. 295317, May 2014, doi: 10.2308/iace-50673.
E. J. Corman, A writing program for accounting courses, J. Account. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 8595, Sep. 1986, doi: 10.1016/0748-5751(86)90009-6.
Hasni, Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II Sekolah Dasar, J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 7482, 2018.
R. Oktapiyani, Pemanfaatan Gambar/Foto dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen, Dinamika, vol. 4, no. 1, p. 48, 2021, doi: 10.35194/jd.v4i1.1025.
R. S. Hidayatullah, S. R. Ariyanto, Muhaji, H. Mubarok, and A. Yohannes, Collaborative Problem-based Learning: An Analysis of Problem-Solving Skills in Vocational Schools, IJORER Int. J. Recent Educ. Res., vol. 1, no. 3, pp. 209217, Oct. 2020, doi: 10.46245/ijorer.v1i3.62.
R. Auly, Mudatsir, and Evendi, The implementation of problem-based learning module to improve the students learning outcomes and perceptions, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1460, p. 012066, Feb. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1460/1/012066.
Sugiyono, Statistika untuk penelitian, 17th ed. Bandung: Alfabeta, 2010.
S. Soeryanto, W. Warju, M. Nurtanto, S. R. Ariyanto, and N. Kholifah, The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools, Interciencia J., vol. 46, no. 2, pp. 221231, 2021.
J. L. Gastwirth, Y. R. Gel, and W. Miao, The Impact of Levenes Test of Equality of Variances on Statistical Theory and Practice, Stat. Sci., vol. 24, no. 3, pp. 343360, Aug. 2009, doi: 10.1214/09-STS301.
Y. Yuniastuti, M. Miftakhuddin, and M. Khoiron, Media Pembelajaran Untuk Generasi Milineal: Tinjauan Teoritis dan pedoman praktis, 1st ed. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.
M. Y. Pratama and W. Warju, Pengaruh Penggunaan Modul Chassis Dynamometer Terhadap Respon Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Performanisi Mesin Di Jurusan Teknik Mesin FT Unesa, J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 10, no. 03, pp. 6166, 2021.
I. A. Assibli and W. Warju, Pengembangan Modul Vibration Tester Sebagai Penunjang Mata Kuliah Pengetahuan Alat Ukur Mahasiswa Universitas Ngeri Surabaya, J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 11, no. 02, pp. 711, 2022.
M. F. Sardi and Y. Anistyasari, Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pendekatan Somatis , Auditori , Visual Dan Intelektual ( Savi ), J. IT-EDU, vol. 5, no. 1, pp. 389397, 2020.
S. R. Ariyanto and I. M. Arsana, Pengembangan Modul Radiator Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa D-III Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya, J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 05, no. 01, pp. 2833, 2016.
C. Pebriani, Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V, J. Prima Edukasia, vol. 5, no. 1, pp. 1121, 2017, doi: 10.21831/jpe.v5i1.8461.
M. Mustiadi, Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Min Mayoa Desa Pandajaya Kecamatan Pamona Selatan Mayoa Kabupaten Poso, 2014.