EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CLUSTERING BERBANTUAN GAMBAR FOTOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PELAJAR SMK

Sulyati Sulyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan metode clustering berbantuan gambar fotografi dalam meningkatkan keterampilan menulis pelajar SMKN 1 Kefamenanu. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dimana terdapat dua kelas dijadikan subjek penelitian yakni kelas X Tata Busana 1 dan 2 SMKN 1 Kefamenanu. Metode penentuan subjek menggunakan probability sampling dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Materi yang diajarkan adalah menulis karangan. Kelompok kontrol (n = 35 siswa) tidak diberikan perlakuan sedangkan kelompok eksperimen (n = 35 siswa) diberikan perlakuan berupa implementasi metode clustering berbantuan gambar fotografi. Keterampilan menulis siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol dinilai dan dibandingkan. Kemudian, uji-t sampel independen digunakan untuk menentukan efek dari implementasi metode pembelajaran terhadap keterampilan menulis siswa. Data penelitian diperoleh melalui pelaksanaan post-test, dimana sebelum diberikan perlakuan dua kelompok terlebih dahulu melakukan pre-test. Setelah data penelitian dikumpulkan, kemudian diproses dan dianalisis menggunakan software SPSS 16 untuk menguji hipotesis penelitian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata n-gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,24 lebih besar dibandingkan kelompok kontrol sebesar 0,10. Hal ini mengungkapkan bahwa siswa yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode clustering berbantuan fotografi memiliki keterampilan menulis lebih baik dibandingkan siswa yang diberi perlakuan belajar dengan menggunakan metode konvensional.

Keywords


Efektivitas, Metode Clustering, Ketrampilan Menulis, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Full Text:

PDF

References


P. Teknik, J. Dalam, L. Informasi, and U. Meningkatkan, “Kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah menyebabkan siswa sulit untuk beradaptasi dengan lingkungannya , misalnya tidak bertegur sapa dengan temannya , tidak menegur guru terlebih dahulu , sulit mengungkapkan pendapat saat diskusi , sulit mengawali,” J. BK UNESA, vol. 4, no. 3, pp. 718–727.

D. Yulia, S. R., and E. Ratna, “Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Kelas X SMK N 1 Batusangkar Dengan Pendekatan Kontekstual,” Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 1, no. 1, pp. 339–345, 2012.

Sriyanto, “Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun dengan Metode Complete Sentence,” Edunomika, vol. 02, no. 01, pp. 70–79, 2018.

N. Martha and Y. Situmorang, “Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions,” J. Educ. Action Res., vol. 2, no. 2, pp. 165–171, 2018.

W. S. Albrecht and R. J. Sack, Accounting education: Charting the course through a perilous future, vol. 16. American Accounting Association Sarasota, FL, 2000.

B. Hurt, “Teaching What Matters: A New Conception of Accounting Education,” J. Educ. Bus., vol. 82, no. 5, pp. 295–299, Jan. 2007, doi: 10.3200/JOEB.82.5.295-299.

AICPA, “Tips for improving communication at work,” 2022. .

C. G. Jones, “Written and Computer-Mediated Accounting Communication Skills,” Bus. Commun. Q., vol. 74, no. 3, pp. 247–271, Sep. 2011, doi: 10.1177/1080569911413808.

R. A. Lawson et al., “Focusing Accounting Curricula on Students’ Long-Run Careers: Recommendations for an Integrated Competency-Based Framework for Accounting Education,” Issues Account. Educ., vol. 29, no. 2, pp. 295–317, May 2014, doi: 10.2308/iace-50673.

E. J. Corman, “A writing program for accounting courses,” J. Account. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 85–95, Sep. 1986, doi: 10.1016/0748-5751(86)90009-6.

Hasni, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 74–82, 2018.

R. Oktapiyani, “Pemanfaatan Gambar/Foto dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen,” Dinamika, vol. 4, no. 1, p. 48, 2021, doi: 10.35194/jd.v4i1.1025.

R. S. Hidayatullah, S. R. Ariyanto, Muhaji, H. Mubarok, and A. Yohannes, “Collaborative Problem-based Learning: An Analysis of Problem-Solving Skills in Vocational Schools,” IJORER Int. J. Recent Educ. Res., vol. 1, no. 3, pp. 209–217, Oct. 2020, doi: 10.46245/ijorer.v1i3.62.

R. Auly, Mudatsir, and Evendi, “The implementation of problem-based learning module to improve the students’ learning outcomes and perceptions,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1460, p. 012066, Feb. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1460/1/012066.

Sugiyono, Statistika untuk penelitian, 17th ed. Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Soeryanto, W. Warju, M. Nurtanto, S. R. Ariyanto, and N. Kholifah, “The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools,” Interciencia J., vol. 46, no. 2, pp. 221–231, 2021.

J. L. Gastwirth, Y. R. Gel, and W. Miao, “The Impact of Levene’s Test of Equality of Variances on Statistical Theory and Practice,” Stat. Sci., vol. 24, no. 3, pp. 343–360, Aug. 2009, doi: 10.1214/09-STS301.

Y. Yuniastuti, M. Miftakhuddin, and M. Khoiron, Media Pembelajaran Untuk Generasi Milineal: Tinjauan Teoritis dan pedoman praktis, 1st ed. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.

M. Y. Pratama and W. Warju, “Pengaruh Penggunaan Modul Chassis Dynamometer Terhadap Respon Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Performanisi Mesin Di Jurusan Teknik Mesin FT Unesa,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 10, no. 03, pp. 61–66, 2021.

I. A. Assibli and W. Warju, “Pengembangan Modul Vibration Tester Sebagai Penunjang Mata Kuliah Pengetahuan Alat Ukur Mahasiswa Universitas Ngeri Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 11, no. 02, pp. 7–11, 2022.

M. F. Sardi and Y. Anistyasari, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Pendekatan Somatis , Auditori , Visual Dan Intelektual ( Savi ),” J. IT-EDU, vol. 5, no. 1, pp. 389–397, 2020.

S. R. Ariyanto and I. M. Arsana, “Pengembangan Modul Radiator Trainer Sebagai Penunjang Mata Kuliah Perpindahan Panas Mahasiswa D-III Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 05, no. 01, pp. 28–33, 2016.

C. Pebriani, “Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V,” J. Prima Edukasia, vol. 5, no. 1, pp. 11–21, 2017, doi: 10.21831/jpe.v5i1.8461.

M. Mustiadi, “Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Min Mayoa Desa Pandajaya Kecamatan Pamona Selatan Mayoa Kabupaten Poso,” 2014.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2871

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2871.g1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.