FLIPPED CLASSROOM: MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH KEJURUAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Sudirman Rizki Ariyanto - [ http://orcid.org/0000-0002-9099-5982 ]
Susi Tri Umaroh


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2830

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa signifikan pengaruh penggunaan metode Flipped Classroom yang dikombinasikan dengan tiga jenis media pembelajaran yakni YouTube, Google Meet, dan WhatsApp Group (WAG). Penelitian berjenis kuasi eksperimen dengan sampel penelitian yang terdiri dari siswa kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) 1, 2, dan 5 di SMK Dharma Bahari Surabaya. Kompetensi yang dibelajarkan adalah diagnosis balans roda. Cara yang digunakan dalam penentuan sampel yakni probability sampel dengan teknik cluster random sampling, dimana masing-masing kelas yang terpilih memiliki jumlah sampel yang sama yakni sebanyak 34 siswa. Istrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang diberikans setelah serangkaian treatment pada masing-masing kelas selesai dilakukan. Setelah didapatkan data penelitian, kemudian dilanjukan dengan proses analisis data menggunakan bantuan software SPSS 16. Analisis dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama adalah uji prasyarat analisis (uji kolmogorov smirnov dan levenes test) dan bagian kedua adalah uji hipotesis (Anava Satu Jalur) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode Flipped Classroom yang dikombinasikan antara media WAG dan YouTube memiliki rata-rata prestasi belajar yang berbeda signifikan. Hal tersebut juga terjadi pada penggunaan metode Flipped Classroom yang dikombinasikan antara media WAG dan Google Meet. Namun, berbeda dengan sebelumnya siswa yang belajar menggunakan metode Flipped Classroom yang dikombinasikan dengan media Google Meet dan YouTube menghasilkan rata-rata prestasi belajar yang tidak terlalu signifikan.

Keywords


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), metode Flipped Classroom, YouTube, Google Meet, WhatsApp Group (WAG)

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. Dhawan, Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis, J. Educ. Technol. Syst., vol. 49, no. 1, pp. 522, Sep. 2020, doi: 10.1177/0047239520934018.

M. F. Al Hakim, Peran guru dan orang tua: Tantangan dan solusi dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19, Riwayat Educ. J. Hist. Humanit., vol. 1, no. 1, pp. 2332, 2021.

A. M. Basar, Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19, Edunesia J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.112.

S. R. Ariyanto, A. S. Ardiyanta, S. Soeryanto, W. Warju, R. S. Hidayatullah, and Y. Dianastiti, Pelatihan Pembelajaran Daring Sebagai Langkah Persiapan Guru SMK dalam Melaksanakan Learning From Home di Masa Pandemi Covid-19, J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, p. 311, Dec. 2020, doi: 10.12928/jp.v4i3.2263.

L. R. Amir et al., Student perspective of classroom and distance learning during COVID-19 pandemic in the undergraduate dental study program Universitas Indonesia, BMC Med. Educ., vol. 20, no. 1, p. 392, Dec. 2020, doi: 10.1186/s12909-020-02312-0.

F. Moazami, E. Bahrampour, M. R. Azar, F. Jahedi, and M. Moattari, Comparing two methods of education (virtual versus traditional) on learning of Iranian dental students: a post-test only design study, BMC Med. Educ., vol. 14, no. 1, p. 45, Dec. 2014, doi: 10.1186/1472-6920-14-45.

E. Soltanimehr, E. Bahrampour, M. M. Imani, F. Rahimi, B. Almasi, and M. Moattari, Effect of virtual versus traditional education on theoretical knowledge and reporting skills of dental students in radiographic interpretation of bony lesions of the jaw, BMC Med. Educ., vol. 19, no. 1, p. 233, Dec. 2019, doi: 10.1186/s12909-019-1649-0.

M. C. Siz-Manzanares, M.-C. Escolar-Llamazares, and . Arnaiz Gonzlez, Effectiveness of Blended Learning in Nursing Education, Int. J. Environ. Res. Public Health, vol. 17, no. 5, p. 1589, Mar. 2020, doi: 10.3390/ijerph17051589.

H. Tu, Application of Mobile App in English Teaching in an Intelligent Environment, Mob. Inf. Syst., vol. 2021, pp. 19, May 2021, doi: 10.1155/2021/9973931.

S. Soeryanto, W. Warju, M. Nurtanto, S. R. Ariyanto, and N. Kholifah, The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools, Interciencia J., vol. 46, no. 2, pp. 221231, 2021.

N. Hidayati, A. A. Pangestuti, and T. A. Prayitno, Edmodo mobile: developing e-module biology cell for online learning community, Biosfer, vol. 12, no. 1, pp. 94108, Apr. 2019, doi: 10.21009/biosferjpb.v12n1.94-108.

N. K. Astini, Sari, Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19, J. Lemb. Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, vol. 11, no. 2, pp. 1325, 2020.

Sabran and E. Sabara, Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran, in Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 2019, pp. 122125.

P. Istiqomah, I. K. Werdhiana, and U. Wahyono, Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas X Man 1 Palu, JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 5, no. 3, p. 28, Sep. 2017, doi: 10.22487/j25805924.2017.v5.i3.8868.

S. Major, L. Sawan, J. Vognsen, and M. Jabre, COVID-19 pandemic prompts the development of a Web-OSCE using Zoom teleconferencing to resume medical students clinical skills training at Weill Cornell Medicine-Qatar, BMJ Simul. Technol. Enhanc. Learn., vol. 6, no. 6, pp. 376377, Nov. 2020, doi: 10.1136/bmjstel-2020-000629.

J. W. Kusuma and H. Hamidah, Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19, JIPMat, vol. 5, no. 1, Apr. 2020, doi: 10.26877/jipmat.v5i1.5942.

Kemdikbud, SMK di Semua Zona Boleh Pembelajaran Tatap Muka untuk Praktikum, 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/smk-di-semua-zona-boleh-pembelajaran-tatap-muka-untuk-praktikum (accessed Feb. 27, 2018).

H. Uzunboylu and D. Karagozlu, Flipped classroom: A review of recent literature, World J. Educ. Technol. Curr. Issues, pp. 142147, Aug. 2015, doi: 10.18844/wjet.v7i2.46.

I. T. Awidi and M. Paynter, The impact of a flipped classroom approach on student learning experience, Comput. Educ., vol. 128, pp. 269283, 2018, doi: 10.1016/j.compedu.2018.09.013.

U. Hatanti, I. Holisin, and E. Suprapti, Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Matematika, J. Educ. Teach., vol. 3, no. 1, pp. 1223, Nov. 2021, doi: 10.51454/jet.v3i1.121.

Z. Du and J. Su, Analysis of the Practice Path of the Flipped Classroom Model Assisted by Big Data in English Teaching, Sci. Program., vol. 2021, pp. 112, Nov. 2021, doi: 10.1155/2021/1831892.

A. Kaharuddin, Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City, Int. J. Trends Math. Educ. Res., vol. 1, no. 2, Jan. 2019, doi: 10.33122/ijtmer.v1i2.14.

B. B. Frey, KolmogorovSmirnov Test, in The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, 2455 Teller Road, Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc., 2018.

R. S. Hidayatullah, S. R. Ariyanto, Muhaji, H. Mubarok, and A. Yohannes, Collaborative Problem-based Learning: An Analysis of Problem-Solving Skills in Vocational Schools, IJORER Int. J. Recent Educ. Res., vol. 1, no. 3, pp. 209217, Oct. 2020, doi: 10.46245/ijorer.v1i3.62.

P. Mishra, C. Pandey, U. Singh, A. Gupta, C. Sahu, and A. Keshri, Descriptive statistics and normality tests for statistical data, Ann. Card. Anaesth., vol. 22, no. 1, p. 67, 2019, doi: 10.4103/aca.ACA_157_18.

B. B. Frey, Levenes Homogeneity of Variance Test, in The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, 2455 Teller Road, Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc., 2018.

Sugiyono, Statistika untuk penelitian, 17th ed. Bandung: Alfabeta, 2010.

M. J. Blanca, R. Alarcn, J. Arnau, R. Bono, and R. Bendayan, Effect of variance ratio on ANOVA robustness: Might 1.5 be the limit?, Behav. Res. Methods, vol. 50, no. 3, pp. 937962, Jun. 2018, doi: 10.3758/s13428-017-0918-2.

M. Kozak, Analyzing one-way experiments: a piece of cake of a pain in the neck?, Sci. Agric., vol. 66, no. 4, pp. 556562, Aug. 2009, doi: 10.1590/S0103-90162009000400020.