PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN DINAS PERDAGANGAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN NUNUKAN KALIMANTAN UTARA)

Theresyah Marshella
Ati Zaidiah
Sarika afrizal


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2829

Abstract


Dinas Perdagangan adalah salah satu instansi pemerintahan yang berlokasikan di kabupaten nunukan Kalimantan Utara yang masih belum memiliki Sistem informasi layanan dinas berbasis website sehingga sulit di ketahui oleh dinas lain dan masyarakat. Sistem Informasi dinas dapat digunakan sebagai media informasi agar informasi yang dimiliki cepat diakses sehingga diketahui oleh pihal dalam maupun luar instansi. Oleh karena itu, dibutuhkan Sistem Informasi Layanan Dinas Perdagangan berbasis website. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membantu masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai Dinas Perdagangan, mempermudah pegawai Dinas Perdagangan dalam memperkenalkan kegiatan yang akan dilaksanakan, membantu Dinas Perdagangan dalam mengetahui tingkat kepuasan layanan yang ada, meningkatkan performance dinas perdagangan dengan adanya sistem informasi baru ini, mengetahui harga bahan pokok, dan memberikan pengetahuan tentang perancangan sistem berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP Framework Codeigniter. Dalam melakukan penelitian penulis melakukan analisis kebutuhan menggunakan metode PIECES dan dalam melakukan perancangan sistem penulis menggunakan metode yang ada pada alur penelitian. Hasil dalam penelitian ini yaitu mengimplemtasikan sistem informasi layanan Dinas Perdagangan berbasis website.


Keywords


Dinas Perdagangan, Sistem Informasi, Website

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.24.

Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi Dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 3(2), 4548.

Fitri Ayu and Nia Permatasari. (2018). perancangan sistem informasi pengolahan data PKL pada divisi humas PT pegadaian. Jurnal Infra Tech, 2(2), 1226. http://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/download/33/25

Sulianta, 2017. Teknik Perancangan Arsitekstur Sistem Informasi. Yogya

Julianto, Simatupang, and Sianturi Setiawan. 2019. Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online. Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan 3(2): 1125. https://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/56/48.

Widiati, W. (2016). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahasiswa dalam Penggunaan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Pieces Framework (Studi Kasus: STMIK Nusa Mandiri Kampus Depok). Paradigma, XVIII(2), 8188.

Informasi, F. T. (2017). Perancangan Aplikasi Sistem Pengolahan Data BBM dan KEPOKMAS Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter ( Studi Kasus : Dinas Perdagangan Kota Salatiga ) Artikel Ilmiah.

Hasanah, R. L. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Berbasis Web pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Purbalingga. Matics, 11(2), 32. https://doi.org/10.18860/mat.v11i2.7833

Purwandari, N., & Ramadhan, F. (2018). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada PT. Mustika Jati. Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 4357. http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/ET722JFJEKQYRF2PKZC1UBQOU.pdf

Akhir, L. T., & Pengantar, K. (2018). Usaha Kecil Menengah Berbasis Website Pada Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Medan.