PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ANIMASI BERBASIS ENABLE MACRO POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII SMPN 1 PASIRIAN

Wahyu Widianto
I Nyoman Sudana Degeng
Nurmida Catherine Sitompul


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2768

Abstract


Media pembelajaran interaktif didesain dengan sedemikian rupa sesuai dengan karakteristik pebelajar. Subjek pengujian pada pengembangan ini ialah siswa kelas VII semester II di SMPN 1 Pasirian Lumajang . Validasi media pembelajaran interaktif kemudian dilaksanakan oleh pakar materi sejumlah 1 orang, pakar media sejumlah 1 orang, audiens individual sejumlah 3 peserta didik, audiens kelompok kecil sejumlah 10 peserta didik dan pengujian lapangan sejumlah 15 peserta didik. Hasil riset ini memperlihatkan kalkulasi pakar media 100%, pakar materi 100% dan peserta didik perorangan sebesar 88,3%, peserta didik kelompok kecil sebesar 90% dan pengujian lapangan sebesar 92,1%. Seberapa efektif penggunaan media dapat ditinjau dengan memperbandingkan hasil kegiatan belajar mengajar peserta didik secara individual, kelompok kecil, dan pengujian lapangan didapatkan kenaikan 100% perihal ini memperlihatkan media pembelajaran interaktif dapat memberi efektifitasan positif kepada hasil belajar peserta didik secara keseluruhan. Menurut hasil temuan yang telah dilaksanakan, menjelaskan bahwa siswa sesudah mempergunakan media interaktif hasilnya lebih baik dibandingkan sebelum mempergunakan media tersebut.

Keywords


Media Pembelajaran; Animasi Game; Enable Macro Powerpoint;

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


D. Susilowati, I. N. S. Degeng, P. Setyosari, and S. Ulfa, Effect of collaborative problem solving assisted by advance organisers and cognitive style on learning outcomes in computer programming, World Trans. Eng. Technol. Educ., vol. 17, no. 1, pp. 3541, 2019.

A. H. Indrakusuma, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Pada Materi Perangkat Lunak Aplikasi Lectora Inspire, no. 1. p. 2, 2013, [Online]. Available: http://library.um.ac.id/free-contents/printjournal.php/62913.html.

N. I. Yuniarti, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Vektor Berbasis Pembelajaran Elektronik, Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 5.2, no. Edcomtech J. Kaji. Teknol. Pendidik., pp. 162169, 2020.

R. Himawan and E. N. Fathonah, PPengembangan modul bahasa indonesia berbasis keterampilan abad 21 sebagai alternatif bahan ajar bahasa indonesia di SMP, J. Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), vol. 2, no. 1, pp. 1721, 2020, doi: 10.26555/jg.v2i1.1952.

A. Sumarno, Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Kuliah Produksi Media Video Pembelajaran Program Studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA, Universitas Negeri Malang, 2011.

I. G. W. Sudatha, I. N. S. Degeng, and W. Kamdi, The effect of visualization type and student spatial abilities on learning achievement, J. Balt. Sci. Educ., vol. 17, no. 4, pp. 551563, 2018, doi: 10.33225/jbse/18.17.551.

N. C. Supriyantoro, D., Sumbawati, M. S., & Sitompul, No Title, Pengemb. Perangkat Pembelajaran IPA dengan Model Probl. Based Learn. Berbas. Outdoor Learn., vol. 14(2), no. Jurnal Pijar Mipa, pp. 4248, 2019.

A. S. (dkk) Sadiman, Media Pendidikan, Cetakan ke. jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Y. Admaja, A. M., Kuswandi, D., & Soepriyanto, Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL UNTUK GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOFTWARE TES, Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 6368, 2019.

A. S. (dkk) Sadiman, Media Pendidikan. jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.