Media Pembelajaran Smart Quiz Berbasis Android menggunakan Metode Congruential Generator

Royani Royani
Ucuk Darusalam


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2767

Abstract


Game merupakan salah satu perkembangan yang sangat pesat dalam bidang ilmu komputer. Game tersebut merupakan salah satu bentuk aplikasi edukatif yang artinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dalam prosesnya dapat diselesaikan melalui konsep pembelajaran dan game. Game edukasi Quiz ini diberinama SmartQuiz ini adalah salah satunya. Dalam permainan tersebut, orang tua dapat mengajari anaknya bermain sambil belajar memahami pegetahuan anak dalam game ini. Game edukatif adalah alat pembelajaran dengan tujuan tertentu. Pada aplikasi ini pengguna akan diberi pertanyaan tentang ilmu pengetahuan umum, sehingga pengguna dipaksa untuk berfikir dalam menjawab pertanyaan tersebut.Kebanyakan game edukasi mirip dengan menjawab pertanyaan. Dalam game ini, pengguna harus menjawab pertanyan-pertanyaan yang tersedia, dan hasil akhirnya adalah skor yang didapat pengguna. Pada penelitian ini metode Linear Congruential Generator dipilih karena merupakan metode pengacakan yang lebih baik, atau dapat dikatakan cocok untuk pengacakan soal, dengan waktu eksekusi yang cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk pengacakan


Full Text:

PDF

Article Metrics :