PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Mutholi'ah Mutholi'ah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2742

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kemandirian belajar dalam masa pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak (TK) Muslimat NU Hasanuddin Dilem Kepanjen Malang. Penelitian berjenis tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan McTaggart, dimana pada model tersebut terdapat empat langkah pembelajaran yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama tiga siklus, dimana sebanyak 18 siswa menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen observasi. Data hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa motivasi berprestasi siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklus. Nilai siklus pertama sebesar 3,01 dan siklus kedua sebesar 3,13 meningkat sebesar 4%. Kemudian nilai siklus ketiga sebesar 3,25 meningkat sebesar 4% jika dibandingkan dengan nilai siklus kedua. Kemandirian belajar juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Nilai siklus pertama sebesar 2,94 dan siklus kedua sebesar 3,09 meningkat sebesar 5%. Kemudian nilai siklus ketiga sebesar 3,49 meningkat sebesar 11% jika dibandingkan dengan nilai siklus kedua.

Keywords


Pandemi Covid-19, motivasi berprestasi, kemandirian belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. Wibowo, Kasus Sembuh COVID-19 Menjadi 222, Positif 2.956, 2020. https://www.covid19.go.id/2020/04/08/kasus-sembuh-covid-19-menjadi-222-positif-2-956/ (accessed Apr. 09, 2020).

Minister of Education and Culture, Circular Number: 36962 /MPK.A/HK/2020 concerning Online Learning and Working from Home in Order to Prevent Corona Virus Disease (COVID-19). Indonesia: Minister of Education and Culture, 2020.

S. R. Ariyanto, A. S. Ardiyanta, S. Soeryanto, W. Warju, R. S. Hidayatullah, and Y. Dianastiti, Pelatihan Pembelajaran Daring Sebagai Langkah Persiapan Guru SMK dalam Melaksanakan Learning From Home di Masa Pandemi Covid-19, J. Pemberdaya. Publ. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, p. 311, Dec. 2020, doi: 10.12928/jp.v4i3.2263.

S. Soeryanto, W. Warju, M. Nurtanto, S. R. Ariyanto, and N. Kholifah, The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools, Interciencia J., vol. 46, no. 2, pp. 221231, 2021.

A. Alqahtani, Usability testing of Google cloud applications: students perspective, J. Technol. Sci. Educ., vol. 9, no. 3, p. 326, May 2019, doi: 10.3926/jotse.585.

S. R. Ariyanto, M. Munoto, and M. Muhaji, Development of affective authentic assessment instruments for automotive engineering expertise in vocational school, J. Taman Vokasi, vol. 7, no. 1, p. 42, Jul. 2019, doi: 10.30738/jtv.v7i1.4777.

L. Rahmah, S. R. Ariyanto, Z. Iskandar, and I. C. Dewi, Development of Authentic Psychomotor Instruments for Vocational School in the Covid-19 Pandemic, J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, p. 349, Nov. 2020, doi: 10.33394/jk.v6i3.2859.

Warju, S. R. Ariyanto, Soeryanto, R. S. Hidayatullah, and M. Nurtanto, Practical Learning Innovation : Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education, J. Educ. Sci. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 7991, 2020.

G. S. C. Hine, The importance of action research in teacher education programs, Issues Educ. Res., vol. 23, no. 2, 2013.

I. M. Arsana, S. R. Ariyanto, and H. G. Wibisono, Implementation of Problem-Based Learning Models Supported by Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning, J. Taman Vokasi, vol. 7, no. 2, pp. 226231, 2019.

R. Ananda, The Effectiveness of the Implementation of the Case Methods in the Learning Evaluation Course at State Islamic University of North Sumatera, J. Ilm. Peuradeun, vol. 6, no. 1, p. 103, Jan. 2018, doi: 10.26811/peuradeun.v6i1.171.

N. L. P. S. Adnyani, R. A. Sari, P. E. D. Suputra, I. W. Pastika, and I. N. Suparwa, Implementing ICT-Based Phonology Learning Material Using Blendspace Through Classroom Action Research, Aksara, vol. 30, no. 2, p. 319, Dec. 2018, doi: 10.29255/aksara.v30i2.76.319-330.

Soeryanto, I. M. Arsana, Warju, and S. R. Ariyanto, Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Higher Education, in The 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020) Implementation, 2020, vol. 473, no. Icss, pp. 632636, doi: 10.2991/assehr.k.201014.139.

M. Miskovic, E. S. Efron, and R. Ravid, Action Research in Action : From University to School Classrooms, Educ. Res. Int., vol. 2012, 2012, doi: 10.1155/2012/389736.

B. Septian and S. Soeryanto, Penerapan Model Pembelajaran STAD Pada Mata Pelajaran KDTM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPm 4 SMK Negeri 7 Surabaya, J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 2, no. 02, pp. 97103, 2013.

Suprihatien et al., Blog Implications as Learning Media in Improving Learning Achievement of Students, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1175, p. 012260, Mar. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1175/1/012260.

M. Awaluddin and Soeryanto, Pengaruh Model Pembelajaran Learning by Doing Tipe Dora (Doing, Observation, Reflection, Aplication) Pada Materi Alat Ukur Mekanik Presisi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan di SMK Negeri 1 Sarirejo, J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 09, no. 01, pp. 2936, 2019.

Geta septiadi, Firmansyah Dliss, and Abdul Sukur, The Effect of Online Learning and Student Motivation During The Covid-19 Pandemic, Gladi J. Ilmu Keolahragaan, vol. 12, no. 01, pp. 6272, Apr. 2021, doi: 10.21009/GJIK.121.09.

R. Alfarimba, S. D. Ardianti, and K. Khamdun, The Impact of Online Learning on The Learning Motivation of Primary School Students, Prog. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 9499, May 2021, doi: 10.29303/prospek.v2i2.146.