SISTEM INFORMASI PEMASANGAN IKLAN KORAN PADA PT. HARIAN TOPSKOR DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (XP)

Noer Azni Septiani
Lita Devy Yanti


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2443

Abstract


Sistem Informasi Pemasangan Iklan merupakan suatu sistem yang memberikan layanan informasi berupa data pemasangan iklan, pembuatan invoice serta laporan iklan. Keberadaan sistem informasi ini penting. Dalam hal ini, PT. Harian Topskor membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi yang menunjang proses pengelolaan data terkait pemasangan iklan. Pengelolaan data terkait pemasangan iklan pada PT. Harian Topskor belum terkelola dengan baik sehingga sering kali terjadi kesalahan, untuk itulah Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah aplikasi berbasis web dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang bermanfaat bagi PT. Harian Topskor untuk memudahkan dalam proses pengolahan data pemasangan iklan dan alat perancangan database berupa ERD (Entity Relationship Diagram). Dalam pengembangan perangkat lunak terdapat beberapa pendekatan atau metode yang digunakan, dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Extreme Programming (XP) untuk membangun sistem informasi pemasangan iklan. Extreme Programming (XP) merupakan sebuah proses rekayasa perangkat lunak yang cenderung menggunakan pendekatan berorientasi objek dan sasaran dari metode ini adalah tim yang dibentuk dalam skala kecil sampai medium serta metode ini juga sesuai jika tim dihadapkan dengan requirement yang tidak jelas maupun terjadi perubahan-perubahan requirement yang sangat cepat, sedangkan pembuatan perangkat lunak dalam penelitiaaan ini, penulis menggunakan perangkat lunak Java NetBeans dan untuk database menggunakan PhpMyAdmin. Perancangan sistem informasi ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada PT. Harian Topskor

Keywords


Sistem, Informasi, Pemasangan, Iklan, Extreme Programming

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. P. Putra and I. Irwansyah, Programmatic: strategi efektif pemasangan iklan di era digital, Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), vol. 5, no. 3, pp. 812838, Nov. 2021, doi: 10.25139/jsk.v5i3.3077.

I. Syafitri and K. Yulianto, Pengaruh Iklan Instagram Terhadap Respons Konsumen, Inter Community: Journal of Communication Empowerment |, vol. 2, no. 1, pp. 3144, 2020, [Online]. Available: https://www.slideshare.net/syiami/teori

R. Budi D, M. Nur A, and R. Haruna, PERSONAL SELLING TABLOID BISNIS SULAWESI DALAM MENARIK MINAT PEMASANG IKLAN, 2020.

V. Yazia, PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang), economica, vol. 2, no. 2, pp. 165173, Jul. 2015, doi: 10.22202/economica.2014.v2.i2.229.

M. Asyidiq and S. Santoso, PERANCANGAN SISTEM PEMASANGAN IKLAN ONLINE PADA APLIKASI E-COMMERCE (E-GEMANUSA) MENGGUNAKAN METODE RESTFUL API DAN FRAMEWORK LARAVEL, 2018. [Online]. Available: https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/saintek/article/view/99

E. D. Santoso and N. Larasati, BENARKAH IKLAN ONLINE EFEKTIF UNTUK DIGUNAKAN DALAM PROMOSI PERUSAHAAN, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, vol. 13, no. 1, pp. 2836, May 2019, doi: 10.32812/jibeka.v13i1.99.

S. Ananda Pratiwi and D. Hidayat, IKLAN LAYANAN MASYARAKAT COVID-19 DI MEDIA SOSIAL DAN PERILAKU MASYARAKAT DI JAWA BARAT, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, vol. Vol. 17, no. Nomor 2, pp. 7182, 2020.

J. Atika, R. Minawati, and A. EkoBudi, IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PEDULI SAMPAH, 2018.

I. Carolina and A. Supriyatna, PENERAPAN METODE EXTREME PROGRAMMING DALAM PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN KUOTA SKS MENGAJAR DOSEN, 2019. Accessed: Nov. 21, 2021. [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/306/198

Dwiky Andika, Apa itu Extreme Programming , IT-JURNALCOM, 2018. https://www.it-jurnal.com/apa-itu-extreme-programming/ (accessed Nov. 22, 2021).

F. Fatoni and D. Irawan, Implementasi Metode Extreme Programming dalam Pengembangan Sistem Informasi Izin Produk Makanan, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), vol. 8, no. 2, pp. 159164, Aug. 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i2.679.

A. Supriyatna, METODE EXTREME PROGRAMMING PADA PEMBANGUNAN WEB APLIKASI SELEKSI PESERTA PELATIHAN KERJA, JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 11, no. 1, pp. 118, May 2018, doi: 10.15408/jti.v11i1.6628.

T. Gumelar, R. Astuti, and A. Trio Sunarni, SISTEM PENJUALAN ONLINE DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING, 2017.

A. Trisnadoli, Implementasi Extreme Programming (XP) Agile Software Development pada Pengembangan Sistem Informasi KELUARGAKU, vol. 6, no. 2, pp. 305311, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i2.10088.

A. Fatoni and D. Dwi, RANCANG BANGUN SISTEM EXTREME PROGRAMMING SEBAGAI METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM, vol. 3, no. 1, 2016, [Online]. Available: http://developdottxt.

A. Pratama and R. Febryansyah, PENERAPAN METODE WATERFALL BERBASIS WEB PADA APLIKASI PEMASANGAN IKLAN KORAN.

A. Rokhim et al., IMPLEMENTASI METODE EXTREME PROGRAMMING (XP) PADA APLIKASI BANK SAMPAH BINA USAHA KALIREJO (BUK), Jurnal Insand Comtech, vol. 5, no. 1, 2020.

I. Bagus Gede Sarasvananda and I. Komang Arya Ganda Wiguna, Pendekatan Metode Extreme Programming untuk Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Surat Menyurat pada LPIK STIKI, vol. 6, no. 2, pp. 258267, 2021, doi: 10.32493/informatika.v6i2.9482.