Analisa Kualitas Website Info Covid-19 Provinsi Maluku Menggunakan Metode E-Govqual Dan Importance Performance Analysis

Trientje Marlein Tamtelahitu


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2262

Abstract


Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sudah menerapkan electronic government berbasis website dalam layanan pelayanan publik salah satunya adalah layanan public Maluku Tanggap Covid-19 yang merupakan pusat informasi seputar Covid-19 di Provinsi Maluku. Perlu adanya Electronic Government Quality (E-GovQual) untuk mengukur kualitas website layanan public Maluku Tanggap Covid-19 agar dapat diketahui kualitas website tersebut berdasarkan tingkat kepuasan pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan pelayanan public website Info Covid-19 Provinsi Maluku sehingga kedepan dapat meningkatkan layanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode E-GovQual untuk menentukan atribut kuesioner penelitian, serta Importance Performance Analysis (IPA) untuk menghitung data dari kuesioner dan mengetahui atribut mana saja yang memerlukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat kesesuaian antara kondisi website saat ini dengan harapan pengguna memperoleh presentase sebesar 96,29%, dengan rata-rata tingkat kesenjangan (gap) sebesar -0,16%. Walaupun selisihnya kecil, namun angka ini tetap menunjukan bahwa terdapat bagian dari website yang belum memenuhi harapan dari pengguna.


Keywords


maluku, website, covid, Electronic Government Quality,importance performance analysis

Full Text:

PDF

Article Metrics :