PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ

Regina Ade Darman
Ade Pratama
Reka Ananda Putri


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1855

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak menggunakan bahan ajar yang bervariasi dan tidak menarik perhatian siswa, guru masih menggunakan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat validitas dan kepraktisan bahan ajar yang dibuat di kelas X TKJ SMK N 1 Kinali. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan plomp, subjek tes validasi lembar kerja siswa, tiga ahli materi untuk tes validasi materi, tiga guru dan 35 siswa untuk tes kepraktisan pada lembar kerja siswa . Hasil pengembangan penelitian lembar kerja siswa oleh validator adalah sebesar 0,680 sehingga dinyatakan valid, validator ahli materi adalah 0,8750 sehingga dinyatakan valid. Penilaian kepraktisan satu guru mata pelajaran adalah 80,19% sehingga dinyatakan praktis, sedangkan hasil kepraktisan siswa adalah 84,73% sehingga dinyatakan sangat praktis. Kesimpulannya didasarkan pada penilaian bersama dengan masukan dari para ahli dan hasil uji lapangan dari lembar kerja siswa yang telah diuji layak, unggul dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dalam mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK N 1 Kinali.


Keywords


Pengembangan,LKS,Valid,Praktis

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Azwar, S. Validitas dalam Buku Realibilitas Validitas, edisi keempat, Yogyakarta, Indonesia, 2016, p. 25-26.

Fannie, R. D.Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Vol.8, no.1, p. 96109, 2014.

Hafizh, M. A. Pengembangan Video Pembelajaran Berbantu Camtasia Studio Pada Materi Perkembangan Teknologi Kelas Iv Sd, Ele-mentary School Journal Pgsd Fip Unimed, Vol.7, no.1, p. 141-154, 2017.

Haryati, S. Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, Majalah Ilmiah Dina-mika. 2012

Mudlofir, A. Desain Pembelajaran, dalam buku Desain Pembelajaran Inovatif ( Dari Teori ke Praktek). Jakarta, Indonesia, 2016.

Prastowo, A. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press Indonesia, 2013.

Qonita Silmi, M. U. N. I. D. A., & Rachmadyanti, P. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan Ri Sd Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.6, no.4, 2018.

Roliza, E., Ramadhona, R., Maritim, U., Ali, R., Siswa, L. K., & Statistika, M. Matematika Materi Statistika, Vol. III. No.1, p. 4146. 2018.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Indonesia, 2018.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Indonesia, 2019.

Tanaleppy, L. N., & Nurfitriyanti, M. Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Nilai-Nilai Moral Untuk Pembelajaran. Vol.3, no.1, p.7790. 2018.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstektual. Jakarta, Indonesia, 2017.

Wahyana, R. Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Proshow Pada Materi Satuan Ukur Dan Berat (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung. 2018.