APLIKASI BERBASIS WEB BROWSER UNTUK MENDIAGNOSA KERUSAKAN LAPTOP DENGAN METODE NAIVE BAYE

Abdullah Muhajir
Umi Chotijah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1790

Abstract


Kerusakan laptop secara umum dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu kerusakan hardware (perangkat keras) dan kerusakan software (perangkat lunak) diaman kerusakan hardware lebih suka diatasi dan memakan biaya yang mahal seta pengerjaan yang lama. Permasalahan kerusakan laptop sendiri dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan pengguna mengenai perangkat laptop dan sikap pengguna yang hanya peduli terhadap tugas pemakaiannya saja, sehingga masalah teknis akan diserahkan pada seorang teknisi. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi berbasis web browser untuk mendiagnosa kerusakan laptop yang mampu mendiagnosa dan memberikan solusi pada masalah masalah yang terjadi pada laptop. Aplikasi web menerapkan browser untuk mendiagnosa kerusakan laptop ini menggunakan metode Naive Bayes. Metode ini memiliki keuntungan yaitu hanya membutuhkan jumlah data pelatihan (training data) yang kecil untuk menentukan estimasi parameter yang diperlukan dalam proses pengklasifikasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berbasis web browser unruk mendiagnosa keruskan laptop dengan metode Nae Bayes. Hasil dari penerapan metode nae bayes menghasilkan perhitungan yang sesuai berdasarkan gejala kerusakan dan daftar kerusakan yang telah ditentukan oleh penulis.sehingga dapat memudahkan pekerjaan seorang teknisi terlebih dalam hal efesiensi waktu pada saat menganalisa kerusakan dan dapat membantu pengguna untuk menganalisa kerusakan awal dengan menggunakan gejala yang ada.


Keywords



Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Prayatna, Nyoman Utama dan Jawas, Abdullah. 2013. Faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian laptop merek acer di kota Denpasar. Bali. OJS UNUD.

Annisa, Tursina, dkk. 2017. Diagnosa kerusakan computer menggunakan metode similarity jaccard coefficient. Pontianak. Jurnal sys-tem dan teknologi informasi (JUSTIN).

Hendra dan Oktaviani D,F. 2007. Keluhan Kesehatan Akibat Penggunaan Laptop pada Mahasiswa FKM UI. Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. FKM UI.

Meydawati, Vera. 2019. Sistem Pakar Mendiagnosa Keruskaan Komputer pada Hardware Berbasis Android Mobile dengan Metode nave Bayes Classifier (NBC). Medan. Urnal Pelita Informatika

Astawan, I Made. 2015. Aplikasi Sistem Pakar untuk mendeteksi kerusakan pada mesin pendingin dengan Metode nave bayes Ber-basis Android. 2015. UPT Perpustakan Universitas Udayana.

Suleman, dkk. 2018. Sistem Pakar diagnose Keruskaan Printer Menggunakan Metode Nave Bayes. Purwokerto. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Tehnology).

Saleh, A. (2015). Implementasi Metode Klasifikasi Nave Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Citec Journal , pp. 207 - 217.

Depdiknas . Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2008.