AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI MENGENAI LAPISAN ATMOSFER MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER

Danang Aji Pangestu
Fauziah Fauziah
Nur Hayati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i2.1759

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, salah satunya pada media pembelajaran. Media pembelajaran dapat memanfaatkan media digital sebagai media pembelajaran atau edukasi, salah satunya pada media pembelajaran atau edukasi mengenai lapisan atmosfer. Salah Satu media digital 3D yang dapat digunakan sebagai media edukasi yaitu memanfaatkan teknologi augmented reality. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman khususnya pada anak-anak mengenai lapisan atmosfer dengan memanfaatkan augmented reality. Penelitian ini memanfaatkan metode natural feature tracking-Multi Marker Target, serta model pengembangan sistem yaitu model ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implementasi (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Serta menggunakan algoritma Fast Corner. Penelitain menghasilkan aplikasi berupa menampilakan objek 3D lapisan atmosfer, informasi ketinggian lapisan atmosfer, dan juga penjelasan singkat mengenai atmosfer, dan desain UI yang dirancang semenarik mungkin untuk digunakan pada anak. Aplikasi dapat berjalan dengan baik pada sistem operasi android. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dilakukan pada tiga perangkat dengan versi android yang berbeda untuk menunjukan jarak maksimal device dapat membaca marker, menunjukan pada android versi 8.1 (Oreo) jarak maksimal yaitu 50 cm, pada android 9.0 (Pie) jarak maksimal yaitu 70 cm, dan pada android versi 10.0 (Q) jarak maksimal untuk membaca objek terhadap marker yaitu 80 cm. Hasil pengujian tersebut dipengaruhi oleh algoritma fast corner dengan memanfaatkan nilai pixel pada objek, semakin jauh jarak kamera atau pixel pada kamera, maka nilai pixel tersebut tidak terdeteksi dan objek tidak dapat terdeteksi.


Keywords


Augmented Reality; Edukasi; Lapisan Atmosfer; Natural Feature Tracking; Fast Corner

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


J. Irfansyah, Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android, J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, p. 9, 2017, doi: 10.26740/jieet.v1n1.p9-17.

M. Z. Devita, S. Andryana, and D. Hidayatullah, Augmented Reality Pengenalan Huruf dan Angka Arab Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android, J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 14, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1850.

A. A. Wahid and H. F. Mulany, Penerapan Augmented Reality Pada Aplikasi Pembelajaran pancasila, no. July, pp. 06, 2019.

R. A. Ahmadi, J. Adler, and S. L. Ginting, Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Gerakan Shalat, Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform., vol. 2017, pp. 179186, 2017.

C. A. Sugianto, Aplikasi Edukasi Tata Surya Menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile, no. June 2018, 2018, doi: 10.31227/osf.io/swun9.

A. Winatra, S. Sunardi, R. Khair, I. Idris, and A. Santosa, Aplikasi Augmented Reality (Ar) Sebagai Media Edukasi Pengenalan Bentuk Dan Bagian Pesawat Berbasis Android, J. Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 212, 2019, doi: 10.36294/jurti.v3i2.1217.

A. Wulandari, S. Andryana, and A. Gunaryati, Pengenalan Ikan Hias Laut Pada Anak Usia 3 Tahun Dengan Metode Marker Based Tracking Berbasis Augmented Reality, J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 5, no. 2, 2019, doi: 10.26905/jtmi.v5i2.3711.

Y. Chen, Q. Wang, H. Chen, X. Song, H. Tang, and M. Tian, An overview of augmented reality technology, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1237, no. 2, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1237/2/022082.

C. Thim-Mabrey, Sprachwandel in bersetzungsbearbeitungen zwischen 1846 und 1999, Neuphilol. Mitt., vol. 107, no. 3, pp. 361373, 2006.

A. Willis and Y. Sui, An algebraic model for fast corner detection, Proc. IEEE Int. Conf. Comput. Vis., no. Iccv, pp. 22962302, 2009, doi: 10.1109/ICCV.2009.5459443.

Nurhadi, Saparudin, N. Adam, D. Purnamasari, Fachruddin, and A. Ibrahim, Implementation of Object Tracking Augmented Reality Markerless using FAST Corner Detection on User Defined-Extended Target Tracking in Multivarious Intensities, J. Phys. Conf. Ser., vol. 1201, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1201/1/012041.

A. P. Andriyandi, W. Darmalaksana, D. S. adillah Maylawati, F. S. Irwansyah, T. Mantoro, and M. A. Ramdhani, Augmented reality using features accelerated segment test for learning tajweed, Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron. Control., vol. 18, no. 1, pp. 208216, 2020, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.V18I1.14750.

X. Xiong and B.-J. Choi, Comparative Analysis of Detection Algorithms for Corner and Blob Features in Image Processing, Int. J. Fuzzy Log. Intell. Syst., vol. 13, no. 4, pp. 284290, 2013, doi: 10.5391/ijfis.2013.13.4.284.

U. Neumann and S. You, Natural feature tracking for augmented reality, IEEE Trans. Multimed., vol. 1, no. 1, pp. 5364, 1999, doi: 10.1109/6046.748171.

S. Ulfah, D. R. Ramdania, U. Fatoni, K. Mukhtar, H. Tajiri, and A. Sarbini, Augmented reality using Natural Feature Tracking (NFT) method for learning media of makharijul huruf, IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 874, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/874/1/012019.

C. Kaewrat and P. Boonbrahm, Identify the objects shape using augmented reality marker-based technique, Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., vol. 9, no. 6, pp. 21932200, 2019, doi: 10.18517/ijaseit.9.6.9952.