PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK

Zainul Abidin, Hari Karyono, Endang Mastuti Rahayu

Abstract


Permasalahan peneliti di SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan dan SMK YMP 7 Tarik Sidoarjo, kebanyakan peserta didik kurang antusian dalam pembelajaran hal itu di karenakan guru sering menggunakan model konvensional serta tidak sesuai dengan perencanaan. Hasil belajar rata-rata peserta didik kelas XI dalam materi produktif kejuran belum memenuhi nilai KKM ? 70, berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan rata-rata nilai peserta didik 36. Belum tercapainya ketuntasan belajar produktif kejuran ini disebabkan oleh lemahnya pemahaman peserta didik terh adap konsep produktif kejuran, pada kenyataannya guru sudah mencoba dengan berbagai macam motede pembelajaran agar peserta didik dapat memahami suatu materi dengan baik tetapi hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Peneliti bertujuan untuk mengetahui interaksi antara penerapan model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif teknik komputer & jaringan SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan dan SMK YPM 7 Tarik Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dan populasi penelitian pada SMK Informatika Sumber Ilmu 260 siswa dengan sampel 80 siswa sedangkan pada SMK YPM 7 Tarik Sidoarjo 240 siswa dengan sampel 80 siswa. Berdasarkan analisis hasil diperoleh nilai F hitung untuk pembelajaran dengan motivasi belajar adalah 78,56. F tabel dF1 = 1 dan dF2= 5.01 adalah 6,126, sedangkan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, hal ini berarti Ha diterima Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif teknik komputer & jaringan SMK Informatika Sumber Ilmu Tulangan dan SMK YPM 7 Tarik Sidoarjo

Keywords


Model pembelajaran project based learning; Motivasi belajar; Hasil belajar; Produktif teknik komputer & jaringan;

Full Text:

PDF

References


Ramadhanti, D. (2019). the Joli-Joli’S Game in the Learning Writing Poetry: a Culturally Responsive Meaningful Learning Model. ISLLAC : Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.17977/um006v3i12019p026

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 164–180. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543

Kadiyono, A. L. (2014). Efektivitas Pengembangan Potensi Diri Dan Orientasi Wirausaha Dalam Meningkatkan Sikap Wirausaha. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 6(1), 25–38. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art2

Sumadji, S. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 653. https://doi.org/10.21067/jip.v5i2.799

Rohman, M. (2015). Model Pembelajaran Project Based Learning dan Kurikulum 2007.

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 193. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8544

Minati, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman (Experiental Learning) Terhadap Pengetahuan Prosedural Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas X MA DDI Takkalasi Barru. Jurnal Pendidikan Fisika Unismuh, 5(1), 120836.

Mulyani, A., Kamid, K., & Muhamad, D. (2013). Proses Konstruksi Pengetahuan Siswa Bertipe Belajar Visual pada Pelajaran Biologi. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i1.1348

Hanafiah, N., & Cucu, S. (2015). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.

Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1518

Rangga, M., & Naomi, P. (2017). PENGARUH MOTIVASI DIRI TERHADAP KINERJA BELAJAR MAHASIWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Paramadina). Jurnal Psikologi Paramadina, II, 1–8.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Winkel. (2004). Psikologi pengajaran. Gramedia.

Sudjana, N. (1999). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Agustia, Made, Wardani, P., Rufii, & Harwanto. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Ict. 7(2), 99–106.

Suharsimi, A. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Degeng, N. S. (1998). Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Dikti P2LPTK.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1619

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1619.g920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.