PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA KELAS XI DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

Fahrur Rozi
Ayunda Kristari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1561

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMAN 1 Tulungagung yang bertujuan untuk : Mengetahui langkah-langkah pengembangan aplikasi game edukasi berbasis android, dan Mengetahui tingkat kelayakan game edukasi berbsis android yang dibuat. Penelitian pengembangan ini dibuat dengan menggunakan model Prototype, yakni Mendengarkan pelanggan, Merancang dan membuat Prototype, Uji Coba Prototype. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket. Instrumen pada pengujian produk ini didasari pada empat tahap pengujian berdasarkan aspek functional suitability, portability, usability dan performance efficiency yang sesuai dengan ISO 25010.Hasil dari dengan menggunkaan ISO 25010 yaitu pengujian suitability yang diuji oleh ahli media mendapatkan presentase 94% yang termasuk dalam kategori sangat layak dan ahli materi 90% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Pengujian portability dilakukan dengan melakukan uji coba terhadap aplikasi untuk dilakukan installing dan uninstall pada berbagai jenis OS android. Pada pengujian usability mendapat 90% yang termasuk dalam kategori sangat layak.


Keywords


Media Pembelajaran, fisika, game edukasi, android

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Arief Sadiman. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Iva Riva. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar sekolah. Yogyakarta: FlashBooks.

Handriyanti, E.(2009). Permainan Edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia.

Nazruddin Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.

Gata, Windu dan Gata, Grace. (2013). Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Pressman Roger.S.Ph.D, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1, Yogyakarta : ANDI dan McGraw-Hill Book Co.

Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering : A Practicioners Approach, 7th Edition. New York : McGraw-Hill Inc.

Jogiyanto. Sistem Teknologi Informasi. Andi Offset. Yogyakarta. 2003.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.