Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Padang

Heri Mulyono - [ http://orcid.org/0000-0001-5886-1725 ]
Evi Erdi Agustin


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1518

Abstract


Salah satu permasalahan yang ada pada SMK Muhammadiyah 1 Padang adalah pimpinan sekolah belum mengetahui model pembelajaran apa yang sesuai sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berbagai strategi pembelajaran telah dilakukan, namun belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini diindikasikan dengan rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran pemrograman dasar. Peneliitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memperoleh model pembelajaran project based learning (pbl) dengan yang tidak menggunakan pembelajaran pbl pada mata pelajaran pemrograman dasar kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan disain penelitian intact-group-comparison. Penelitian ini melibatkan 22 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok (10 orang kelas eksperimen dan 12 orang kelas control). Analisis data yang digunakan adalah independent sample test dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh nilai t hitung (3,533) > t table (2,086). Dengan hasil ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan model pembelajaran pbl dan tanpa model pembelajaran pbl.

Keywords


pembelajaran, eksperimen, signifikan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Edisi 3.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2017.

Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. 2013

Purwanto. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. 2017:112

Majid, Strategi Pembelajaran. Edisi 5. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2015:6

Ismail. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018

Darmansyah. Strategi Pembelajaran. Padang: Tumah Kayu Pustaka Utama. 2017:23

Sugiono. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2014

Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali. 2016

Sudjana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2014

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. 2013

Al-Tabany.Mendisain Model Pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual. Edisi 2. Jakarta: Prenadamedia Group. 2015:42

Wirawan. Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Multimedia.