PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI PAKAIAN DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO STUDI KASUS KONVEKSI NISA

Ariya Shoniya
Ahmad Jazuli


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.1068

Abstract


Dalam setiap perusahaan terutama perusaan yang berjalan di bidang perdagangan yang melakukan kegiatan memproduksi barangnya sendiri (produsen), maka mereka akan sangat  memperhatikan tentang banyaknya barang yang diproduksi. Setiap perusahaan tentunya tidak ingin mengalami kerugian yang disebabkan oleh banyaknya persedian barang yang diproduksi. Untuk itu dibangunlah sebuah Penentuan Jumlah Produksi Pakaian dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Studi Kasus Konveksi Nisa. Penggunaan metode fuzzy pada sistem ini dikarenakan logika fuzzy sangat fleksibel, yaitu memiliki toleransi terhadap data-data yang tidak tepat. Selain itu, logika fuzzy sangat cocok untuk digunakan dalam peramalan/memprediksi sesuatu


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Azmiana, Z. Bu’ulolo, F. dan Siagian, P, “Penggunaan Sistem Inferensi Fuzzy untuk Penentuan Jurusan di SMA Negeri 1 Bireuen“,”, vol 01, no 03, 2013, pp. 233-247.

Herdianto, “Prediksi Kerusakan Motor Induksi Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation”, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2013.

Fahmi, I, “Manajemen Produksi Dan Operasi. Alfabeta: Bandung”, 2014.

Kusumadewi, S, dan Purnomo, H, “Aplikasi Logika Fuzzy Sistem Pendukung Keputusan”, Graha Ilmu. Yogyakarta, 2010.

Mulyono, M, Implementasi Logika Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Harga Mobil Toyota Avanza 1.3 G M/T Bekas. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2014.

Noviansyah, E, “Aplikasi Website Museum Nasional Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX”, 2008.

Rijal, Y, dan Amalia, Y, “Sistem Pendukung Keputusan Penetapan Tunjangan Prestasi dengan Menggunkan Metode Fuzzy-Tsukamoto”, vol 01, no 02, 2016.

Sihotang, M, dan Sagala, M, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Produksi Alat Tulis Kantor Menggunkan Metode Fuzzy Tsukamoto”, vol 02, no 01, 2017, pp. 2548-1916.

Sari, N. R, dan Mahmudy, W. R, “Fuzzy Inference System Tsukamoto untuk Menentukan Kelayakan Calon Pegawai”, 2015.

Sivanandam, S.N., Deepa, S.N., dan Sumathi, S, “Introduction to Fuzzy Logic using MATLAB”, Springer, Verlag Berlin Heidelberg New York, 2007.

Wibowo, R. G.A, Sistem Pakar Untuk Diagnosa Tingkat Resiko Penyakit Rabies Pada Anjing Menggunakan Metode Fuzzy Inference System (Fis) Tsukamoto. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro, 2014.