DETEKSI KERUSAKAN HANDPHONE SAMSUNG MELALUI SISTEM PAKAR MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DENGAN CASE BASED REASONING

tri ginanjar laksana


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v4i1.1031

Abstract


Berdasaarkan hasil observasi yang dilakukan dilapangan, diperoleh bahwa kurangnya tenaga ahli yang dapat memperbaiki kerusakan pada handphone terutama handphone samsung dan banyaknya masyarakat awam yang kurang mengetahui gejala-gejala kerusakan handphone samsung, maka perlu adanya suatu teknologi informasi yang dapat membantu masyarakat awam dalam mengatasi kerusakan handphone tersebut.dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sistem pakar dengan metode Kombinasi Algoritma K-Nearest Neighbor  Dengan Case Based Reasoning, menggunakan bahasa pemrograman Visual Studio. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : membuat sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan dan solusi perbaikan handphone Samsung dengan kombinasi metode Case Based Reasoning dan algoritma K Nearest Neighbo, mnunjukkan tingkat akurasi dari penerapan metode Case Based Reasoning dengan kombinasi algoritma K Nearest Neighbor pada sistem pakar deteksi kerusakan handphone Samsung. Hasil dari penelitian ini masyarakat awam dapat mengetahui jenis kerusakan handphone Samsung tanpa harus berkunjung ke service cente, mengetahui seberapa besar tingkat akurasi yang dihasilkan dari kombinasi metode Case Based Reasoning dan K-Nearest Neighbor.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. T. O. Santoso, “Perkembangan Teknologi Handphone,” ILMUTI, vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2014.

I. Rahmayani, “Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia,” https://www.kominfo.go.id, 2015. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media. [Accessed: 22-Nov-2018].

Samsung, “Sejarah Samsung,” https://www.samsung.com, 2009. [Online]. Available: https://www.samsung.com/id/aboutsamsung/company/history/. [Accessed: 22-Nov-2018].

R. Febrian, “IDC Indonesia: 2Q18 Smartphone Shipments Post New Record High with Xiaomi Disrupting the Market into a New Phase,” https://www.idc.com. [Online]. Available: https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP44263418. [Accessed: 22-Nov-2018].

Udin, “Beberapa Penyebab Yang Membuat Handphone Cepat Rusak,” http://koranhandphone.com, 2016. [Online]. Available: http://koranhandphone.com/beberapa-penyebab-yang-membuat-handphone-cepat-rusak/. [Accessed: 22-Nov-2018].

A. Bsi, “Sistem Pakar Identifikasi Kerusakan Handphone Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining,” vol. I, no. 2, pp. 219–225, 2015.

M. Pangkey, V. Poekoel, and O. Lantang, “Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Handphone Berbasis Android,” J. Tek. Inform. Univ. Sam Ratulangi, vol. 8, no. 1, p. 102, 2016.

Samsung, “Pusat Service Center,” https://www.samsung.com/, 2009. [Online]. Available: https://www.samsung.com/id/support/service-center/. [Accessed: 22-Nov-2018].

C. I. RBC, “Ada di Posisi Dua, Xiaomi Optimis Rebut Posisi Samsung,” https://www.cnnindonesia.com/. [Online]. Available: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180711192031-185-313369/ada-di-posisi-dua-xiaomi-optimis-rebut-posisi-samsung. [Accessed: 22-Nov-2018].

S. Muzid, “Teknologi Penalaran berbasis Kasus (Case Based Reasoning) untuk Mendiagnosa Penyakit Kehamilan,” vol. 2008, no. Snati, pp. E61–E66, 2008.

R. Adawiyah, S. Informasi, U. Sembilanbelas, and N. Kolaka, “Case Based Reasoning Untuk Diagnosis Penyakit Demam Berdarah,” INTENSIF, vol. 1, no. 1, pp. 63–73, 2017.

A. Putri, Terrena, B. Santoso, Setiawan, M. Rabbani, Huda, and L. Wulandari, “Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Pada Smartphone,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2014, vol. 2014, no. Sentika, pp. 419–428, 2014.

S. Fidyaningsih, F. Agus, and S. Maharani, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Case-Based Reasoning,” vol. 1, no. 1, pp. 113–119, 2016.

I. Warman, “Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Case-Based Reasoning,” SNATi, pp. 28–32, 2017.

S. Tahmasebian, “Designing and Implementation of Fuzzy Case-based Reasoning System on Android Platform Using Electronic Discharge Summary of Patients with Chronic Kidney Diseases,” ACTA Inf. MED, vol. 24, no. 2, pp. 266–270, 2016.

S. Pakar, D. Penyakit, D. Oleh, R. Dengan, and M. F. Chaining, “Jurnal teknik informatika,” vol. 5, no. 2, 2017.

E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata,” Time, vol. II, no. 2, pp. 10–17, 2013.

S. Ahyar Supani, Hartati Deviana, “Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Rahim Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web,” Semin. Nas. Inov. dan Tren, vol. 1, no. 1, p. A-82, 2014.

A. Aamodt, “Case-Based Reasoning : Foundational Issues , Methodological Variations , and System Approaches,” IOS Press, vol. 7, no. 1, pp. 39–59, 1994.

W. H. Minarni, Indra Warman, “Case Based Reasoning(CBR) Pada Sistem Pakar Identifikasi Hama dan Penyakit Tanaman Singkong Dalam Usaha Meningkatkan Produktivitas Tanaman Pangan,” TEKNOIF, vol. 5, no. 1, pp. 41–47, 2017.

F. Hermawan and H. Agung, “Implementasi Metode K-Nearest Neighbor Pada Aplikasi Data Penjualan PT.Multitek Mitra Sejati,” Sains dan Teknol., pp. 103–109, 2017.

J. H. and M. Kamber, Data Mining Concepts and Techniques. San Francisco: elsevier, 2006.

C. Diki Andita Kusuma, “Rancang Bangun Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Case Rancang Bangun Sistem Pakar Pendiagnosa Penyakit Paru-Paru Menggunakan Metode Case Based Reasoning,” Infotel, vol. 6, no. May, pp. 57–62, 2016.

M. F. Rahman, M. I. Darmawidjadja, and D. Alamsah, “Klasifikasi Untuk Diagnosa Diabetes Menggunakan MetodeBayesian Regularization Neural Network(RBNN),” Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 36–45, 2017.

D. W. Widarti and E. Setyowati, “Telepon Selular Berbasis Web,” vol. 3, no. 249, 2011.

R. Yesputra and S. Utara, Belajar Visual Basic . Net dengan Visual Studio 2010, no. December. 2017.

A. W. Agus Kurniawan, Risman Adnan, Panji Aryaputra, Norman Sasono, Ali Ahmad Heryana, M.Fatrhur Rahman, I Wayan Saryada, Pengenalan Bahasa C#. 2004.

T. S. Citra Indah Kurnia,Haryanto Tanuwijaya, “Rancang Bangun Sistem Informasi Food Court Pada Pusat Perbelanjaan Smart Surabaya,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2013.

H. Bisry, I. Alfaris, and C. Anam, “Pendaftaran Santri Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” Sains dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 23–38, 2013.