PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK MATERI GLOBAL WARMING UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Eka Yuliana Sari


DOI: https://doi.org/10.29100/.v4i2.5217

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memaparkan data tingkat kelayakan media dan mendeskripsikan keterterapan media Pop Up Book pada materi global warming untuk siswa kelas III SDN Wajak Kidul. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D Tiagarajan. Subjek penelitian sebanyak 23 siswa, teknik pengumpulan data adalah pra observasi, validasi ahli, dan angket. Hasil validasi ahli media adalah 88,7%, ahli materi adalah 98,6%, dan ahli bahasa 90%. Berdasarkan nilai tersebut media Pop Up Book kriteria kelayakan sangat tinggi. Sedangkan uji coba kepada siswa dilakukan skala kecil dan skala besar. Skala kecil sebanyak 5 siswa di kelas III SDN Wajak Lor mendapat respon sangat baik. Skala besar kelas III sebanyak 23 siswa dengan perolehan skor rata-rata memperoleh respon dengan nilai 35,5 dengan presentase 89%, dengan demikian tingkat kelayakan juga sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media pop up book materi global warming sangat layak dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.


Keywords


pop up book; global warming

Article Metrics :

References


Abidah, K., Azmi Laksmiwati, A., Sasfiranti, Y., Supradewi, R., & Islam Sultan Agung, U. (2019). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory (Vol. 1).

Aisyah, A. M. (2018). Pengembangan Media Pop Up Box Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.

Arjuna, D., & Ardiansyah, B. F. (2019). Analisis Teknik Dan Perkembangan Buku Pop-Up. In Jurnal Desain & Seni (Vol. 6, Issue 1).

Dewanti, H., E Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas Iv Sdn 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo.

Endah, S. (2020). Pengembangan Model Addie.

Hernawan, A. H. (2009). Development of thematic Learning Model in Early Elementary School Classes. Paper. Hosnan. (2014). Scientific and Conceptual Approaches in 21st Century Learning. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Jabri, U., Sukaryadi, A., Yustika Amin, S., Sukri Pairi, M., Faika, N., & IhzaIftitah, N. M. (n.d.). Media Pembelajaran Pop Up Book Kelas V Sdn 181 Curio Yang Kreatif Dan Inovatif. Maspol Journal Of Community Empowerment. Vol 01 No 02.

Kobayashi, K. (2019). Interactivity: A potential determinant of learning by preparing to teach and teaching. Frontiers in Psychology, 9(JAN). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02755.

Kung, F.-W. (2019). Teaching second language reading comprehension: the effects of classroom materials and reading strategy use. Innovation in Language Learning and Teaching, 13(1), 93–104. https://doi.org/10.1080/ 17501229.2017.1364252.

Kurniasih, I and Sani, B. (2014). Implementation of Curriculum 2013 Concepts and Implementations. Surabaya: Said Pena. Lenk, T., Glinka, P., & Hesse, M. (2019). Educational Federalism in Germany– Financial Evaluation of the Constitutional Law Amendment. Wirtschaftsdienst, 99(3), 196–202. https://doi.org/10.1007/ s10273-019-2418-8.

Kilbane, Clare R & Milman, Natalie B. (2014). Teaching models designing instruction for 21st century learners. Boston: Pearson.

Machali, I. (2014). Curriculum change policy 2013 in welcoming Indonesia gold in 2045. Journal of Islamic Education, 3(1), 71–94.

Miles, Mattew B. and A. Michael Huberman. 1992. Qualitative DataAnalysis: A Sourcebook of New Method. Translation of Tjetjep.

Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan Dan Alam Sekitar Untuk Siswa Kelas Iv Sd Di Kabupaten Blitar Nourma Oktaviarini. Jurnal Pena SD. Vol 03 No 01.

Muklis, Moh. (2012). Pembelajaran Tematik. Jurnal Fenomena, 4(1).

Rahayu, D. (2020). Pengembangan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di Sma Inshafuddin Banda Aceh.

Rahman, A. (N.D.). Teori Belajar Aliran Psikologi Gestalt Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1).

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 4(1), 138–150.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Umam, N. K., Masub Bakhtiar, A., & Iskandar, H. (2019). Pop Up Book. In Desember (Vol. 1, Issue 2).

Yuliana Sari, E. (N.D.). Jurnal Pendidikan Dasar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Buku Pop-Up Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 2 Bendungan Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. 2019.