PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP AL-AMIN PAMIJAHAN BOGOR MATERI TATA SURYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dari pengembangan media scrapbook pada pembelajaran IPA materi tata surya kelas VII SMP Al-Amin Pamijahan Kab. Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil rata-rata validasi media scrapbook memperoleh skor sebesar 4 dengan menggunakan skala likert dan hasil rata-rata respon peserta didik sebesar 92%. Dapat disimpulkan bahwa media scrapbook pada pembelajaran IPA materi tata surya valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Arif, S., & Sadiman. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya
_______________________________________________________
Raja Grafindo Persada.
E.N, P., & W, S. (2014). Pengaruh Media Musik Instrumental Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Jurnal PGSD, 2(2).
_______________________________________________________
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4(1), 104117.
_______________________________________________________
Noelaka, A., & Noelaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Kharisma Putra Utama.
_______________________________________________________
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(02).
_______________________________________________________
Rahmawati, N., Mashuri, Mohan, T., & Nurjanah. (2019). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(2).
_______________________________________________________
Susliana, D., & Wahyuni, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sruktur Bumi dan Dinamikanya. JOURNAL Unnes, 8(3), 07.
_______________________________________________________
Veronica, I., Pusari, R. W., & Setiawardana, M. Y. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPA. JIPP, 2(3), 258266.
_______________________________________________________
Wardhani, S. W. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Sekolah, 2(3), 124130.
_______________________________________________________
Winarni, & Widi, E. (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research and Development. Bumi Aksara.
_______________________________________________________