ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK PARABOLA DI SMAN 2 MAJALENGKA

Novia Silvianti
Muhammad Minan Chusni
Ahmad Ibrohim


DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v4i2.2461

Abstract


Keterampilan pemecahan masalah menjadi bagian dari tuntutan pendidikan saat ini khususnya dalam pmbelajaran fisika yang harus dikuasai peserta didik, karena dalam pembelajaran fisika banyak masalah yang berkaitan dengan fenomena alam yang harus dipecahkan. Tujuan dai penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X di SMAN 2 Majalengka pada materi gerak parabola. Sampel dipilih secara acak yakni peserta didik kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 dengan total sampel sebanyak 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian materi gerak parabola. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasilnya dapat disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika berada pada kategori sedang.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Gerak Parabola; Deskriptif Kuantitatif

Article Metrics :

References


Annam, S., Susilawati, & Ayub, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. In Seminar Nasional Fisika 2020 Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (pp. 8385).

https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3060

Arimurti, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459470. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa%0AI.

Astuti, N. H., Rusilowati, A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa Smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 18. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274

Danim, S. (2017). Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarno, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141148.

Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141152. Retrieved from http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1283

Hudha, M. N., Aji, S., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 3651. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Indrawati, A., & Wayan, darmadi I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Materi Usaha dan Energi Berdasarkan Langkah-Langkah Heller. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(2), 812.

Jumini, S., Retyanto, B. D., & Noviyanti, V. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3(2), 196206.

Mustofa, M. H., & Rusdiana, D. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Gerak Lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 1522. https://doi.org/10.21009/1.02203

Noviatika, R., Gunawan, & Rokhmat, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mobile Pocket Book Fisika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 240246.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/b25efab8-en.

Rahman, A. A., & Narsyah, C. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 335346.

Rizqa, A., Harjono, A., & Wahyuudi. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Post Organizer. ORBITA. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 243247.

Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kuasalitik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal GeoScienceEdu, 1(1), 1116. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.3060

Suhendi, H. Y., Ramdhani, M. A., & Irwansyah, F. S. (2018). Verification Concept of Assesment for Physics Education Student Learning Outcome. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.21), 321325.

Sumartini, T. S., Sundayana, R., Sukandar, S., Afriansyah, E. A., Puspitasasri, N., Nuraeni, R., Indonesia, I. P. (2020). Pedagogical Content Knowledge. Jurnal PEKEMAS, 3(1), 1012.

Utama, K. H., & Kristin, F. (2020). Meta-Analysis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 889898. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.482

Woolfolk, A. (2008). Educational Psychology Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, S., & Nana. (2021). Studi Literatur Penggunaan Pbl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818